Buku Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 4 Sd/Mi Semester 1
Kurikulum 2013 senantiasa mengalami perkembangan dan perbaikan. Termasuk dengan buku yang digunakan sebagai pegangan siswa (Buku Siswa) maupun guru (Buku Guru). Ada perubahan edisi Tahun 2014, Revisi Tahun 2006 dan terakhir, telah diterbitkannya pula Buku Kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Perbaikan yang terakhir ini terkait dengan regulasi baru berkenaan dengan Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar proses, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013.
Buku kurikulum 2013 disusun berdasarkan KI dan KD pada setiap jenjang sekolah dan kelas serta karakteristik masing-masing mata pelajaran. Buku Kurikulum 2013 yang terdiri atas; Buku Siswa dan Buku Guru digunakan dalam pembelajaran. Dalam menyusun Buku Teks Pelajaran, penulis mencantumkan KI dan KD berdasarkan dokumen KI dan KD Kurikulum 2013.
Buku Siswa Kurikulum 2013
Buku Siswa Kurikulum 2013 yang ditetapkan oleh pemerintah memiliki ketentuan sebagai berikut.a. Buku Siswa berisi penjelasan mengenai konten dan aktivitas pembelajaran.
b. Baik uraian konten maupun kegiatan pembelajaran yang ada dalam buku siswa dapat dikembangkan lebih lanjut oleh guru. Guru dan peserta didik dapat mengembangkan dan atau menambah kegiatan sesuai dengan kondisi dan kemampuan sekolah, guru, dan peserta didik. Pengembangan dan atau penambahan kegiatan dimaksudkan
untuk memberikan pemahaman lebih kepada peserta didik terhadap pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatihkan, dan sikap yang dikembangkan.
c. Kegiatan-kegiatan dalam buku siswa sebisa mungkin memaksimalkan potensi semua sumber belajar yang ada di lingkungan sekitar. Setiap kegiatan dapat disesuaikan dengan kondisi peserta didik, guru, sekolah, dan lingkungan.
d. Pada beberapa bagian dalam Buku Siswa diberikan ruang bagi peserta didik untuk menuliskan laporan, kesimpulan, penyelesaian soal, atau tugas lainnya. Namun, sebaiknya dalam menuliskan tugas tersebut peserta didik tidak terpancang pada ruang yang diberikan. Bahkan, peserta didik dapat menuliskannya pada buku tugas.
Buku Siswa memuat hal-hal berikut, yaitu: judul bab, informasi kompetensi dasar yang sesuai dengan topik pada setiap bab. Pada setiap bab dilengkapi dengan peta konsep, pengantar, bagian kegiatan siswa baik eksperimen maupun non eksperimen atau diskusi, latihan soal, rangkuman, evaluasi, dan tugas bagi peserta didik.
Penggunaan Buku Siswa oleh peserta didik disarankan dimulai dengan memahami bagian pengantar bab atau sub-bab, melakukan kegiatan-kegiatan yang tersedia, mendiskusikan hasil kegiatan dan memverifikasi hasil diskusi dengan informasi konsep yang ada di buku. Uraian materi lainnya merupakan bagian untuk memperdalam pemahaman konsep dan diakhiri dengan soal-soal untuk menguji pemahaman konsep secara individual.
Baca juga :
Kisi-kisi soal Pretest PPG 2018
Cara Memilih Bahan Ajar
Menyusun Penelitian Tindakan Kelas
Model-Model Penelitian tindakan Kelas
Kesalahan kesalahan Guru dalam Mengajar
Buku Guru Kurikulum 2013
Buku Guru dalam Impelemntasi Kurikulum 2013 merupakan pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran yang meliputi persiapan, pelaksanaan, dan penilaian serta pedoman penggunaan buku siswa.Buku ini disusun agar guru mendapat gambaran yang jelas dan rinci dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Buku Guru berisi hal berikut:
a. Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi,kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreaktivitas, dan pribadi reflektif;
b. Berbagai teknik penilaian peserta didik;
c. Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan;
d. Kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memberikan kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar peserta didik di rumah;
e. Petunjuk penggunaan Buku Siswa
Buku Guru digunakan guru sebagai acuan dalam penyelenggaraan proses pembelajaran dan penilaian di kelas. Secara khusus Buku Guru berfungsi sebagai berikut.
a. Membantu guru mengembangkan kegiatan pembelajaran dan penilaian;
b. Memberikan gagasan dalam rangka mengembangkan pemahaman, keterampilan, dan sikap serta perilaku dalam berbagai kegiatan belajar mengajar;
c. Memberikan gagasan contoh pembelajaran yang mengaktifkan peserta didik melalui berbagai ragam metode dan pendekatan pembelajaran dan penilaian; dan
d. Mengembangkan metode yang dapat memotivasi peserta didik untuk selalu menerapkan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari peserta didik.
Buku Guru terdiri atas dua bagian, yaitu petunjuk umum pembelajaran dan petunjuk khusus pelaksanaan pembelajaran pada setiap bab sesuai dengan Buku Siswa. Petunjuk umum pembelajaran berisi informasi tentang cakupan dan lingkup materi pembelajaran, tujuan pembelajaran, strategi pembelajaran yang meliputi pendekatan, model dan metode, penjelasan tentang media dan sumber belajar serta prinsip-prinsip penilaian pada pembelajaran.
Petunjuk khusus pembelajaran terdiri dari beberapa bab sesuai dengan materi pada Buku Siswa, yakni berisi informasi bagi guru untuk persiapan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran pada bab tersebut. Pada umumnya bagian ini berisi: peta konsep untuk materi pada bab ini, cakupan materi untuk tatap muka, KI dan KD yang sesuai dengan materi, alokasi waktu, dan rincian materi setiap tatap muka.
Selanjutnya pada bagian ini terdapat uraian pembelajaran untuk setiap tatap muka, mulai dari IPK, alternatif kegiatan pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran.
Bagian penilaian berisi informasi tentang teknik dan bentuk penilaian oleh guru, penilaian diri, penilaian antar peserta didik dan informasi pembahasan soal pada buku siswa. Buku guru dan buku siswa merupakan standar minimal yang dapat dikembangkan jika guru merasa perlu mengembangkannya sesuai dengan kondisi sekolah, terutama yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran, guru dapat menyesuaikan sesuai dengan alat dan bahan praktikum atau media belajar
yang tersedia di sekolah atau model-model pembelajaran yang dipilih guru.
Buku Kurikulum 2013 Semester 1 Kelas 4 SD/MI edisi revisi tahun 2017 dapat diunduh gratis, baik untuk Guru Siswa maupun Buku Guru. Sebagaimana diketahui buku Kurtilas ini mengalami beberapa kali perbaikan (revisi) hingga yang terakhir, dan saat ini digunakan, adalah edisi revisi tahun 2017.
Link Buku Kurtilas Revisi 2017 untuk Kelas 4 SD/MI
Buku Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 untuk Kelas 4 SD/MI Semester 1, terdiri atas dua buku yaitu Buku Siswa dan Buku Guru. Masing-masing terdiri atas lima tema yang meliputi, Indahnya Kebersamaan, Berhemat Energi, Peduli Makhluk Hidup, Berbagai Pekerjaan, dan Pahlawanku.
Bagi rekan-rekan guru, utamanya Guru Kelas 4, silakan untuk mengunduh masing-masing Buku Kurikulum 2017 tersebut dengan mengklik tautan di bawah ini.
Buku Guru Kurikulum 2013 Revisi 2017
- Buku Guru Tema 1, Indahnya Kebersamaan; Disini
- Buku Guru Tema 2, Berhemat Energi; Disini
- Buku Guru Tema 3, Peduli Makhluk Hidup; Disini
- Buku Guru Tema 4, Berbagai Pekerjaan; Disini
- Buku Guru Tema 5, Pahlawanku; Disini
Buku Siswa Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku-buku Lainnya :
Buku Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI
Buku Kurikulum 2013 Rev 2017 kelas 2 SD/Mi
Buku Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 4 SD/MI
BukuKurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 5 SD/MI
Buku Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas VII SMP/MTs
Buku Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 8
Buku Kur 13 Rev 2017 Kelas X dan XI SMA
Semoga dengan link download ini semakin mempermudah rekan-rekan guru guna mempersiapkan diri melaksanakan Kurikulum 2013 di sekolah/madrasah masing-masing.
Sumber http://indrabayang.blogspot.com
0 Response to "Buku Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 4 Sd/Mi Semester 1"
Posting Komentar