iklan

Pengertian Energi Dan Bentuk Bentuk Energi

Pengertian energi dan bentuk bentuk energi - Tanpa adanya energi maka kalian tidak bisa melaksanakan sebuah usaha. Dari manakah energi diperoleh? Energi sanggup diperoleh dari makanan. Coba kalian pikir, dari manakah energi dalam masakan tersebut? Pada kehidupan ini kita tidak bisa lepas dari yang namanya energi untuk melaksanakan suatu usaha. Misalnya: Berolahraga, bermain, belajar, beerangkat sekolah semua itu membutuhkan yang namanya energi. Lalu apa Pengertian Energi dan Bentuk-bentuknya? Untuk kau yang belum tahu apa itu energi dan bentuk-bentuknya. Maka di sini kami akan menguraikan perihal apa yang dimaksud energi dan bentuk-bentuk energi. Langsung saja berikut ini pengertian energi dan bentuk-bentuknya.

Pengertian Energi

Kata energi berasal dari bahasa Yunani yaitu ”energia” yang artinya acara atau kegiatan. Kata tersebut terdiri dari En dan Ergon. En artinya dalam dan Ergon artinya kerja. Jadi, pengertian energi adalah suatu kemampuan untuk melaksanakan kerja/ usaha. Kemampuan tersebut diukur memakai variabel waktu dan besarnya perjuangan yang sedang dilakukan.

Energi dalam satuan SI dinyatakan dalam Joule (J). Untuk satuan energi yang lain yaitu kalori (kal). James Presecott Joule menunjukkan kekerabatan antar joule dengan kalori, yaitu 1 joule 0,24 kalori atau 1 kalori 4,18 joule.
Pengertian energi dan bentuk bentuk energi Pengertian Energi dan Bentuk bentuk Energi

Bentuk-Bentuk Energi

Dalam Energi itu terdapat aturan yang dikenal dengan aturan kekekalan energi. Hukum tersebut berarti bahwa energi tidak bisa musnah atau hilang, tetapi bisa berubah bentuk. Bentuk-bentuk energi ada majemuk diantaranya yaitu:

1. Energi Kimia

Energi kimia ialah sebuah energi yang paling diharapkan oleh makhluk hidup, lantaran dalam bentuk kimiawi, energi bisa disimpan lebih lama. Biasanya energi kimia tersimpan di dalam bahan-bahan makanan. Di dalam metabolisme sel, ATP merupakan salah satu bentuk energi kima yang sangat penting dan berkhasiat bagi manusia.

Energi kimia pun tersimpan di dalam materi bakar yang biasanya sering kita pakai, misalnya minyak tanah dan bensin. Energi ini sanggup muncul lantaran adanya proses pemecahan ikatan kimia dalam susunannya sehingga sanggup menghasilkan energi.

Coba nyalakan senter yang kalian punya kemudian perhatikanlah. Kenapa lampu senter tersebut sanggup menyala? Lampu senter sanggup menyala lantaran terdapat sumber energi dari watu baterai. Batu baterai memiliki energi kimia. Contoh energi kimia pada kehidupan sehari-hari yaitu makanan, kayu bakar, aki dan materi bakar minyak. Makara sanggup disimpulkan kalau energi kimia ialah energi yang tersimpan di dalam senyawa-senyawa kimia.

2. Energi Listrik

Timbulnya energi listrik yaitu dari perpindahan muatan-muatan listrik. Energi listrik dihasilkan oleh banyak sekali pembangkit tenaga listrik. Listrik ialah salah satu bentuk energi yang terbanyak digunakan. Sebagai contoh, Listrik untuk penerangan, listrik untuk peralatan elektronik, untuk peralatan rumah tangga menyerupai strika, kompor listrik, magic jar, dan lain-lain.

Energi listrik bisa diperoleh dari perubahan banyak sekali macam sumber energi menyerupai panas, air, cahaya, angin dan materi bakar kimiawi. Energi tersebut dikonversikan kedalam bentuk energi listrik lewat perputaran turbin yang merupakan dinamo yang bisa menghasilkan suatu medan listrik.

Untuk cahaya, energi listrik bisa diperoleh dari adanya reaksi fotovoltaik pada peermukaannya, sehingga sanggup menjadikan perbedaan muatan dan menghasilkan listrik.

3. Energi Kinetik

Pada ketika sebuah bola ditendang dan bola tersebut terkena kaca, maka beling tersebut akan pecah coba kalian perhatikan. Kenapa bisa menyerupai itu? Karna bola yang bergerak sehabis ditendang tersebut memiliki energi kinetik sehingga sanggup memcahkan pecah. Makara sanggup disimpulkan energi kinetik ialah energi yang dimiliki suatu benda yang bergerak. Contoh energi kinetik yaitu: baling-baling kipas angin yang bergerak dan kendaraan beroda empat yang bergerak.

4. Energi Cahaya

Pada ketika malam hari coba perhatikan kalau ruangan kalian tanpa cahaya lampu niscaya akan gelap. Tanpa adanya cahaya kita tidak sanggup melihat apapun. Sebab kita sanggup melihat lantaran adanya sumber cahaya maupun benda yang memantulkan cahaya ke mata kita. Sumber energi cahaya yaitu Matahari dan cahaya lampu.

5. Energi Kalor

Energi kalor/ panas bisa terjadi lantaran adanya perubahan bentuk energi. Misalnya dalam reaksi energi kimiawi matahari yang sanggup memunculkan panas dan api yang berpindah secara radiasi. Energi listrik bisa berkembang menjadi energi panas/ kalor. Sebagai pola ketika setrika listrik dicolokan maka menjadi panas/ kalor. Contoh lain: hair dryer (alat pengering rambut), solder listrik dan kompor listrik.

6. Energi Bunyi

Energi bunyi merupakan salah satu perubahan bentuk energi. Energi bunyi bisa dihasilkan dari adanya tabrakan, tumbukan, dan insiden yang lain asalkan ada penghantarnya menyerupai benda maupun udara. Satuan bunyi disebut dengan desibell.

Ata sanggup juga di definisikan Energi bunyi yaitu energi yang dihasilkan dari getaran benda. Sebagai contoh, bunyi orang berbicara, bunyi bel listrik dan bunyi dari alat musik.

Dengan adanya suatu bunyi maka sanggup dimungkinkan kita bisa menikmati bunyi musik yang merdu. Sebab dari energi musik tersebut sanggup menggetarkan gendang indera pendengaran sehingga bunyi sanggup terdengar. Bunyi memiliki energi, sebagai bukti bunyi halilintar sanggup membua beling jendela pecah.

7 Energi Otot

Energi otot yaitu suatu energi yang dihasilkan dari otot-otot tubuh. Sebagai pola Hewan dan Manusia sanggup melaksanakan acara menyerupai menggerakan organ tubuhnya lantaran memiliki energi otot.

8. Energi Potensial

Energi potensial yaitu energi yang dipunyai benda lantaran kedudukan atau letaknya. Semua benda yang ada di atas permukaan bumi memiliki energi potensial lantaran terdapat gaya gravitasi bumi. Sebagai contoh: buah mangga yagn jatuh dari pohonnya.

9. Energi Gerak

Energi gerak ialah salah satu bentuk dari energi dasar. Sesuai dengan namanya energi gerak sanggup timbul pada benda ataupun zat yang sanggup bergerak. Ketika sebuah benda maupun zat bergerak, gerakan yang ada yaitu energi. Hal tersebut searah dengan perubahan energi air untuk sanggup menciptakan baling-baling turbin memutar dan menghasilkan listrik.

10. Energi Nuklir

Energi nuklir ialah sebuah energi yang berada dalam setiap materi atau zat yang tersusun dari atom-atom dan material penyusun atom menyerupai elektron, neutron dan proton. Sebenarnya energi nuklir ialah energi kimia, tetapi sifatnya lebih spesifik dan memerlukan suatu perjuangan yang lebih dalam menggunakannya.

Energi Nuklir tersebut sanggup diperoleh melalui proses yang rumit. Terjadinya energi nulir kini ini dikarenakan ada suatu reaksi fusi atau fisi dalam atom dan unsur radioaktif menyerupai uranium. Unuk atom-atom yang lainnya masih terbilang lebih sulit. Manfaat dari Energi Nuklir yaitu sebagai sumber energi pada pembangkit listrik tenaga nuklir..

Sekian Artikel Tentang Pengertian Energi dan Bentuk-bentuk Energi, Semoga artikel dalam blog temukan pengertian ini sanggup bermanfaat.

Sumber http://temukanpengertian.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Energi Dan Bentuk Bentuk Energi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel