iklan

√ Internet Marketing : Pengertian, Tujuan, Manfaat Dan Jenis Terlengkap

√ Internet Marketing : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Jenis Terlengkap Hallo para pencari ilmu,jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Internet Marketing. Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai Internet Marketing? Oke, mari simak klarifikasi secara lengkapnya dibawah ini ya.


 


 Kali ini akan membahas mengenai Internet Marketing √ Internet Marketing : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Jenis Terlengkap
√ Internet Marketing : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Jenis Terlengkap

 


Pengertian Internet Marketing


 


Internet Marketing ialah salah satu teknik dari pemasaran menggunakan media online.


Internet marketing ini juga sanggup diartikan sebagai salah satu bentuk dari teknik pemasaran online yang mengacu pada suatu iklan dan upaya pemasaran dengan menggunakan situs web dan email untuk sanggup mendorong penjualan melalui perdagangan elektronik (e-commerce).


Bentuk internet marketing itu juga sanggup kita bagi menjadi 2 bagian, yaitu sebagai Sumber Penghasilan, dan Cara Promosi. Pada dasarnya yang dilakukan dalam suatu pemasaran online ini bahwasanya hanya dua itu, namun type bisnisnya sangat banyak.


Istilah dari Internet marketing sanggup juga disebut dengan e-marketing, atau online-marketing. Serta banyak juga istilah-istilah lain yang kita sering kita dengar yang berafiliasi dengan internet marketing.


 


 


Pengertian Internet Marketing Menurut Para Ahli


 


1. Chaffey


Internet Marketing ini cenderung mengacu pada perspektif wacana bagaimana suatu internet sanggup dipakai secara bahu-membahu dengan media tradisional untuk mendapat dan juga mengatakan layanan kepada pelanggan dengan dua cara, yaitu :



  • Meningkatkan suatu efisiensi dalam fungsi pemasaran tradisional.

  • Teknologi e-marketing yang banyak mengubah seni administrasi pemasaran.


 


2. Mohammed, et al


Internet Marketing ialah sebuah proses untuk sanggup membangun dan memelihara korelasi dengan pelanggan melalui kegiatan secara online sebagai suatu sarana untuk pertukaran pendapat, produk, dan jasa sehinga sanggup mencapai tujuan bersama kedua kelompok.


 


3. Chen-Ling, & Lie


E-Marketing ialah suatu proses memasarkan produk dan layanan kepada pelanggan dengan menggunakan banyak sekali media web, Promosi, Iklan, Transaksi dan pembayaran sanggup dilakukan melalui halaman web.


Pengguna internet marketing ini sanggup dengan gampang mengakses suatu info dimana saja dengan komputer yang terhubung ke internet.


 


4. El-Gohary


E-Marketing yakni sanggup juga dipandang sebagai sebuah filosofi gres dan praktek bisnis moderen yang terlibat dengan pemasaran barang, jasa, info dan inspirasi melalui internet dan elektronik lainnya.


 


5. Kotler dan Amstrong


Internet Marketing yaitu suatu bentuk perjuangan dari suatu perusahaan atau organisasi dalam memasarkan produk atau jasanya dan juga membangun korelasi dengan pelanggan dengan mediator media internet.


 


6. Mulia


Pemasaran Internet ialah banyak sekali sarana atau wadah dalam pemasaran produk dan jasa melalui internet. Aplikasi ini ialah Internet marketing dan penerapan suatu teknologi internet dan teknologi digital yang berafiliasi dengan tujuan meningkatkan pemasaran.


 


7. Muhammad, Fisher, & Jaworski


Internet Marketing ialah salah satu proses untuk membangun dan mempertahankan korelasi yang baik dengan pelanggan melalui nernagai kegiatan-kegiatan interaksi online untuk memfasilitasi pertukaran informasi, dan menjembatani ide-ide, suatu produk dan layanan yang sanggup meningkatkan pelanggan kepuasan pelanggan atau juga penyedia produk dan layanan (memuaskan tujuan dari kedua belah pihak).


 


8. Concord dan Laudon


Internet Marketing yaitu suatu pemasaran menggunakan web, sama menyerupai saluran tradisional untuk membangun korelasi dalam jangka panjang yang positif dengan pelanggan (baik online dan offline) dan dengan demikian membuat sebuah persaingan yang superior kepada perusahaan dengan memungkinkan perusahaan untuk menetapkan harga yang lebih tinggi untuk suatu produk atau layanan dibandingkan ditentukan pesaing.


 


9. Shukla


Internet Marketing yakni sesuatu hal dalam pemasaran web, pemasaran online, atau pemasaran produk atau layanan melalui internet. Yang mana Internet marketing juga menunjukkan info dan transaksi lebih efisien tetapi tidak selalu menghasilkan suatu keuntungan yang lebih kompetitif secara lestari.


Hal ini juga sangat penting untuk menekankan bahwa ini bukan hanya wacana pengguna internet tapi wacana pelanggan.


 


10. Keller & Produk Promosi


E-Pemasaran ialah sebuah upaya untuk sanggup menginformasikan, berkomunikasi, mempromosikan dan menjual produk dan jasa melalui media internet.


 


11. Strauss et. Al


E-pemasaran yakni salah satu proses perencanaan dan menjalankan konsep, distribusi, harga, dan promosi dari ide-ide, barang dan jasa untuk sanggup membuat pertukaran yang memuaskan individu dan saling organisasi.


Pemasaran planning untuk sanggup memenuhi kebutuhan pelanggan dan organisasi pemasaran dan kemudian jalankan rencana.


 


 


Tujuan Internet Marketing


 



  1. Mampu menjangkau para calon konsumen dengan biaya yang lebih murah.

  2. Mampu melacak dan juga mengukur data respon konsumen terhadap acara marketing yang dilakukan perusahaan.

  3. Mampu menjangkau suatu pasar global sebagai pangsa pasar baru.

  4. Menyajikan suatu promosi yang lebih menarik.

  5. Mempermudah sebuah proses pembelian dibandingkan dnegan sistem offline.

  6. Persinalisasi suatu pemasaran untuk tiap calon konsumen.

  7. One-on-one marketing juga.

  8. Twenty-four-hour marketing pula.


 


 


Manfaat Internet Marketing


 



  1. Waktu yang tidak terbatas atau 24 jam nonstop.

  2. Jangkauan pasar sangat luas. (Bukan cuma kabupaten, kota, provinsi, negara bahkan sanggup menjangkau dunia)

  3. Hemat biaya juga. (Bisa menghemat sampai 80% biaya suatu pemasaran)

  4. Jalin korelasi pribadi dengan ppara konsumen. (Bisa live chat, messenger atau juga email)

  5. Minim terhadap suatu resiko.

  6. Banyak saingan,dsb.


 


 


Keuntungan Internet Marketing


 



  1. Pemasaran online juga merupakan suatu alat yang anggun untuk membangun korelasi dengan konsumen.

  2. Perusahaan sanggup berinterkasi dengan para konsumen untuk sanggup mempelajari wacana kebutuhan dan impian konsumen yang lebih spesifik dan untuk membangun database konsumen.

  3. Pemasaran online juga sanggup mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi. Online marketer sanggup menghindari biaya-biaya untuk sanggup mempertahankan tokonya dan biaya dari penyewaan, asuransi, dan peralatan lainnya.

  4. Pemasaran online juga menunjukkan suatu fleksibilitas yang besar yang memungkinkan marketer untuk membuat pembiasaan terhadap penawaran dan program-programnya.

  5. Internet merupakan suatu medium global yang sangat memungkinkan pembeli dan penjual untuk mengklik dari satu daerah ke daerah lainnya dalam hitungan detik.


 


 


Lingkungan Pemasaran Internet


 



  1. Sosial media (facebook, twitter, google plus, dll)

  2. Mesin pencari (Google, Bing, Yahoo, Yandex, dll)

  3. Marketplace (bukalapak, tokopedia, lazada, olx, dll)

  4. email marketing

  5. video marketing. (youtube, vidio.com, dll)

  6. Forum jual beli,dsb.


 


 


Jenis – Jenis Internet Marketing


 



  • Iklan (Advertising)

    Iklan ditampilkan di suatu situs oleh pihak ketiga atau blog untuk agar kemudian lintas mengarah pada situs web perusahaan. Dengan menjalankan pemasangan iklan ini secara pribadi akan sanggup membuat produksi perusahaan menjadi meningkat.


 



  • Search Engine Marketing (SEM)

    Jenis pemasaran ini merupakan suatu upaya mempromosikan website dengan meningkatkan visibilitas dalam halaman hasil mesin pencarian atau SERPs layaknya Google, Bing, Yahoo dan lain sebagainya.


 



  • Search Engine Optimization (SEO)

    SEO ialah sebuah proses menaikan visibilitas situs web atau halaman web pada mesin pencari.


 



  • Social Media Marketing

    Pemasaran jenis ini dijalankan dengan menggunakan sebuah sosial media dengan memanfatkan kemudian lintasnya menyerupai menggunakan Facebook ataupun twitter dan juga media umum lainnya.


 



  • Email Marketing

    Pemasaran dengan cara ini juga dijalankan dengan email dan melibatkan langsu pemasaran pesan dengan mengirimkan pesan melalui surat elektronik.


 



  • Blog Marketing

    Situs blog pada perusahaan yang dipakai untuk promosi.


 



  • Refferal Marketing

    Cara ini ialah untuk sanggup mempromosikan produk atau layanan kepada konsumen gres melalui referensi, metode ini biasa terjadi dari verbal ke mulut.


 



  • Inbound Marketing

    Pemasaran inbound ini juga dengan memanfatkan pelanggan untuk membuat dan berbagi.


 



  • Viral Marketing

    Cara pemasaran yang prinsipnya sama saja dengan word of mouth dalam bentuk pesan elektronik yang disebarkan dari seseorang kepada orang-orang yang dikenalnya dengan berkelanjutan.


 



  • Dropship atau Reseller

    Pengertiannya ialah orang yang memperjualkan lagi sebuah produk ataupun jasa dari orang lain hanya dengan katalog atau gambar saja, tidak mempunyai barang yang dijual tersebut.


 



  • Afiliasi

    Sebuah acara pada sebuah perusahaan penyedia suatu jasa atau produk, dimana pembelian yang dilakukan para konsumen tidak pribadi menuju di pihak utama, tetapi pada para pihak yang terdaftar sebagai afiliansi marketing.


 


 


Komponen Internet Marketing


 



  • Proses


Seperti halnya acara suatu pemasaran tradisional, acara pemasaran melalui Internet melibatkan sebuah proses. Pada tahap dari proses acara pemasaran melalui internet ialah untuk sanggup membentuk peluang pasar, menyusun seni administrasi pemasaran, dan merancang pengalaman pelanggan.


 



  • Membangun Dan Mempertahankan Hubungan Dengan Pelanggan


Membangun dan mempertahankan suatu korelasi dengan pelanggan merupakan tujuan dari pemasaran. Tiga tahapan korelasi dengan pelanggan yaitu menyerupai awareness, exploration dan commitment.


 



  • Online


Sesuai dengan definisinya, Internet marketing ini ialah sebuah pemasaran yang dilakukan dalam dunia Internet, namun tetap terkait dengan suatu acara pemasaran secara tradisional.


 



  • Pertukaran


Dampak dari acara pemasaran online ini ialah pertukaran yang tidak hanya terjadi di dalam dunia Internet saha atau online, namun juga harus berdampak pada pertukaran di penjualan secara nyata.


 



  • Pemenuhan Kepuasan Kebutuhan Kedua Belah Pihak


Dengan adanya Internet marketing ini pemenuhan kepuasan akan kedua belah pihak sanggup lebih cepat terpenuhi yaitu dari segi perusahaan yang menggunakan Internet marketing juga sanggup mencapai tujuan perusahaan menyerupai meningkatnya suatu keuntungan perusahaan, pangsa pasar yang semakin meluas dna lain-lain.


 


 


Cara Menjadi Internet Marketing


 


1. Bangun Relasi yang Baik


Tidak hanya di dunia kasatmata saja tetapi di dunia maya pun untuk sanggup menjadi seorang internet marketer yang sukses, perlu dibangun kekerabatan bisnis yang baik dengan banyak orang.


Cukup banyak media yang sanggup dimanfaatkan untuk sanggup membangun kekerabatan yang baik, menyerupai media umum (Facebook, Twitter, Instagram), Google Plus, LinkedIn, dan sebagainya.


 


2. Pahami Produk yang Akan Dipromosikan


Konsumen ialah raja, mereka juga berhak untuk mengetahui detail produk yang dipromosikan sebelum jadinya menetapkan untuk membelinya.


 


3. Buat Target yang Tinggi


Jangan gampang merasa puas atas suatu pencapaian yang telah didapatkan dari internet marketing. Jika pada suatu sasaran terasa sudah tidak lagi menantang, maka ada baiknya untuk sanggup membuat sasaran gres yang lebih tinggi untuk pengembangan diri sendiri.


 


4. Hargai Orang-Orang yang Pernah Bekerjasama


Membangun suatu kekerabatan dengan orang-orang yang juga pernah bekerjasama juga merupakan sebuah poin yang penting untuk menjadi internet marketer sukses. Jika perlu, tampilkan semua testimoni para pelanggan yang sudah merasa puas bekerjasama dengan Anda atau perusahaan.


Tak hanya pelanggan saja yang akan merasa dihargai, orang lain yang berniat melaksanakan kerjasama di masa depan pun akan lebih yakin membuat keputusan.


 


 


Internet Marketing Untuk Sumber Penghasilan (Source of Income)


 


Pemasaran online sebagai sumber penghasilan sanggup dilakukan dengan beberapa type bisnis, diantaranya ialah sebagai berikut :


 


1. PPC (Pay Per Click)


Program PPC (Pay Per Click) banyak diikuti oleh pemiliki website atau blog untuk mendapat suatu penghasilan dari properti online mereka, contohnya saja Artikel Blog, channel YouTube, Forum Online, Portal Berita, dan lain-lain.


Penghasilan yang akan didapatkan dari sebuah acara PPC ini ialah berasal dari kunjungan dan juga klik yang dilakukan oleh pengunjung pada sebuah iklan yang ada di sebuah situs.


Beberapa perusahaan yang menunjukkan acara PPC diantaranya sebagai berikut :



  • Google Adsense

  • Bidvertiser

  • Chitika

  • Infolinks

  • Kumpul Blogger

  • Sitti

  • ID Blog Network

  • AdsenseCamp

  • KlikSaya,dll.


 


2. PPS (Pay Per Sale)


Dari namanya saja kita sudah mungkin sanggup mengerti wacana acara ini. Kita akan dibayar setiap kali terjadi pembelian suatu produk yang berasal dari link affiliasi milik kita.


Besarnya penghasilan ini sangat tergantung pada banyaknya barang yang dijual, dan juga rate persentase komisi dari pemilik barang tersebut.


Perusahaan yang menunjukkan acara PPS diantaranya yakni :



  • Amazon.com

  • Clickbank.com,dsb.


 


3. PPL (Pay Per Lead)


Ini ialah salah satu acara affiliasi dimana penjual atau vendor akan mengatakan komisi setiap kali kita berhasil mengirimkan leads pada penjual atau vendor.


Misalnya saja kita mengarahkan pengguna internet untuk sanggup mendaftar pada email newsletter, free trial, atau mengisi formulir, melalui link affiliasi milik kita. Salah satu perusahaan yang menunjukkan acara PPL yaitu perusahaan MaxBounty.com.


 


4. Menjual Produk Sendiri atau Produk Orang Lain


Sekarang ini, menjual sesuatu melalui internet bukanlah sesuatu yang luar biasa. Kita juga sanggup menjual apapun lewat internet baik itu barang maupun jasa. Selain itu, pada bisnis offline kita sanggup juga dipasarkan melalui internet.


Salah satu proses internet marketing dengan cara menjual suatu produk orang lain ialah dengan cara menjadi reseller atau dropshipper produk orang lain. Begitu juga dengan pada produk digital lainnya, kita sanggup menjadi affiliate marketer untuk sebuah produk yang dijual orang lain.


 


5. Pelelangan (Online Auction)


Di internet juga ada daerah untuk sanggup menjual sesuatu milik kita atau milik orang lain yang kita bantu jualkan, dengan cara lelang. Tentunya ini sanggup juga menguntungkan alasannya ialah kita sanggup menjual barang kita tersebut pada orang yang menawar dengan harga tertinggi.


Perusahaan terkenal yang menyediakan kemudahan pelelangan online diantaranya :



  • eBay.com

  • Flippa.com,dll.


 


 


Internet Marketing Untuk Promosi Online (Traffic Generation)


 


Ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis melalui media internet, diantaranya ialah sebagai berikut :


 


1. SEO (Search Engine Optimization)


SEO ialah salah satu bentuk promosi online yang sangat saya sukai alasannya ialah gratis. Namun, SEO ini membutuhkan keahlian khusus, membutuhkan proses dengan waktu yang tidak hanya sebentar. Bahkan seringkali SEO justru juga membutuhkan biaya untuk melaksanakan optimasi.


 


2. SEM (Search Engine Marketing)


Berbeda dengan SEO, search engine marketing ini ialah jenis iklan PPC (pay per click) yang tayang di halaman hasil pencarian situs mesin pencari. Di Indonesia, Google ialah salah satu search engine yang paling sering dipakai di internet.


Untuk sebuah kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna internet, kita akan melihat iklan di bab atas, samping kanan, dan bawah hasil pencarian sebuah kata kunci tersebut .


 


3. Email Marketing


Sesuai dengan namanya, email marketing ialah dimana suatu proses pemasaran produk atau jasa dengan menggunakan email sebagai alat bantu. Email marketing ini juga ada majemuk jenisnya, ada direct email, retention email, dan beriklan di email orang lain.


 


4. Mobile Advertising


Mobile advertising ialah sebuah layanan pengiklanan melalui aplikasi mobile. Beberapa model mobile ads atau iklan ialah melalui SMS, Banner Ads, Games, dan lain-lain.


 


5. Social Media Marketing


Sama halnya dengan SEO, promosi online dengan menggunakan social media ini sanggup dilakukan dengan gratis. Tapi ini juga tidak semudah yang dibayangkan dari kebanyakan orang alasannya ialah melibatkan banyak faktor, baik dari pengguna sosmed maupun dari sosmed nya sendiri.


Media sosial ini juga mempunyai fitur periklanan yang sangat banyak dipakai oleh internet marketer untuk sanggup mendulang trafik dan penjualan. Beberapa diantaranya yang terkenal ketika ini ialah sebagai berikut :



  • Facebook Ads

  • Twitter Ads

  • Instagram Ads

  • YouTube Ads,dsb.


 


Demikianlah klarifikasi mengenai √ Internet Marketing : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Jenis Terlengkap. Semoga bermanfaat dan sanggup menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


 


Baca Juga Artikel :


Baca Juga :  √ Manajemen Kinerja : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Syarat Terlengkap


Baca Juga :  √ Internet : Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Dampak Terlengkap


Baca Juga :  Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli di Dunia


Baca Juga :  Pengertian, Tujuan, dan Fungsi Manajemen Pemasaran



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Internet Marketing : Pengertian, Tujuan, Manfaat Dan Jenis Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel