Contoh Rpp Kurikulum 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP 3.1 dan 4.1
Satuan Pendidikan : Mts Yapimu
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/1
Materi Pokok : Teks Cerita Fabel
Alokasi Waktu : 2 x 60 menit ( 1 x Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI 1 Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya.
KI 2 Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami gosip ekspresi dan tulis.
2.1 Memiliki prilaku jujur dan percaya diri mengungkapkan kembali tujuan dan metode serta hasil kegiatan.
3.1 Memahami teks dongeng moral/fabel, ulasan, diskusi, dongeng prosedur, dongeng biografi baik melalui ekspresi maupun tulisan.
Indikator :
3.1.1 Menjelaskan teks dongeng moral/fabel
3.1.2 Menjelaskan struktur teks dongeng moral/fabel
4.1 Menangkap makna teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, dongeng prosedur, dan dongeng biografi baik melalui ekspresi maupun tulisan.
Indikator :
4.1.2 Menentukan struktur teks cerita moral/fabel
4.1.2 Menentukan ciri bahasa teks cerita moral/fabel
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Selama proses pembelajaran penerima didik membiasakan berbahasa Indonesia baik ekspresi maupun tulis dalam pembelajaran memahami teks dongeng moral/fabel.
2. Selama proses pembelajaran penerima didik menunjukkan sikap jujur dalam menanggapi suatu kejadian atau kejadian yang dihadapi dalam pembelajaran memahami teks teks dongeng moral/fabel.
3. Selama proses pembelajaran penerima didik menunjukkan sikap percaya diri dalam menanggapi suatu kejadian atau kejadian yang dihadapi dalam pembelajaran memahami teks teks dongeng moral/fabel.
4. Setelah membaca teks cerita moral/fabel, penerima didik sanggup menjelaskan teks cerita moral/fabel.
5. Setelah membaca teks cerita moral/fabel, penerima didik sanggup menjelaskan struktur teks cerita moral/fabel.
D. Materi Pembelajaran
1. Pengertian Teks Cerita Moral/Fabel
• Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI (2004) diungkapkan bahwa fabel berarti: cerita yang menggambarkan tabiat dan kebijaksanaan insan yang pelakunya diperankan oleh binatang (berisi pendidikan moral dan kebijaksanaan pekerti).
• Cerita fabel merupakan dongeng perihal kehidupan binatang yang berperilaku ibarat manusia. Fabel termasuk jenis dongeng fiksi, bukan kisah perihal kehidupan nyata. Cerita fabel sering juga disebut dongeng moral alasannya yaitu pesan yang ada di dalam dongeng fabel berkaitan erat dengan moral
2. Struktur teks dongeng moral/fabel
a. Orientasi (memperkenalkan siapa para pelaku,apa yang dialami pelaku, dan dimana terjadinya ).
b. Komplikasi (konflik muncul dan para pelaku mulai beraksi terhadap konflik, kemudian konflik meningkat, dan titik puncak konflik mencapai puncak).
c. Resolusi (konflik terpecahkan dan menemukan penyelesaiannya).
d. Koda (Koda merupakan bagian terakhir dari struktur teks cerita fabel. Koda berisi perubahan yang terjadi pada tokoh dan pelajaran yang dapat dipetik dari cerita tersebut)
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Pendekatan ilmiah (saintifik)
2. Metode : Partisipatori, diskusi, dan pemodelan
3. Model Pembelajaran : Diskusi
F. Media, Alat, Sumber Pembelajaran
1. Media : power point, teks cerita fabel
2. Alat : LCD projecktor dan laptop
3. Sumber belajar : 1.Buku Guru Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
2. Buku siswa Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
3. Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI
G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1. Guru memperlihatkan salam dan menyuruh ketua untuk memimpin doa
2. Guru mengabsen siswa dan menanyakan kabarnya
3. Guru mengkondisikan kelas dengan meminta siwa utuk mengeluarkan buku yang berkaitan dengan mata pelajaran bahasa indonesa saja
4. Kegiatan apersepsi. Guru menanyakan bahan yang kemudian yang ada kaitannya dengan bahan yang akan dipelajari acara apersepsi. guru menyakan perihal bahan cerpen.
5. Guru memberikan tema pelajaan, sub tema, tujuan pembelajaran, dan bahan yang akan dipelajari.
6. Guru memberikan rencana kagiatan pembelajaran yang berkaitan dengan maetode yang akan dilaksanaan
7. Melaksanakan acara motivasi: Guru mengeluarkan sebuah kertas yang dilipat yang berisi nama sesekor binatang atau binatang. Lalu guru meneceritakan sifat yang bisa diteladani dari nama binatang tersebut. Setelah itu guru menyuruh siswa untuk menebak nama binatang yang ada dikertas tersebut. Siapa yang bisa menebak maka akan diberi sebuah hadiah. Setelah nama tertebak, maka guu juga meminta siwa menceritakan sebuah dongeng yang berkaitan dngan nama heawan itu.
Kegiatan Inti (90 menit)
No. | Kegiatan | Uraian |
1. | Mengamati | 1.1 Untuk membangun konteks pembelajaran, dengan sikap peduli dan santun, peserta didik mengamati dongeng teks fabel kupu-kupu berhati mulia |
2. | Menanya | 2.1 Dengan memakai bahasa Indonesia yang baik dan santun, peserta didik bertanya jawab mengenai teks dongeng fabel yang ditampilkan 2.2 siswa membuat pertanyaan-pertanyaan perihal tujuan pembelajaran 2.3 Pendidik mengarahkan siswa perihal tujuan pembelajaran |
3. | Mengumpulkan informasi | 3.1 Pendidik meminta siswa membentuk kelompok yang terdiri atas 7-8 orang 3.2 Pendidik membeikan sebuah teks dongeng moral/fabel kepada penerima didik. 3.3 Dengan sikap jujur dan percaya diri penerima didik membaca, memahami, dan mediskusikan apa itu teks cerita fablel dan apa saja struktur teks dongeng fabel |
4. | Mengasosiasikan/ mengolah informasi | 4.1 Dengan sikap jujur dan percaya diri peserta didik menjelaskan perihal teks dongeng moral/fabel. 4.2 Dengan sikap jujur dan percaya diri penerima didik menjelaskan struktur teks dongeng moral/fabel. |
5. | Mengkomunikasikan | 5.1 Dengan sikap jujur dan percaya diri secara bergantian kelompok mempresentasikan hasil diskusinya. 5.2 Kelompok lain secara responsif dan santun menanggapi hasil kerja temannya. 5.3 Pendidik memperlihatkan penguatan/kesimpulan terhadap tanggapan penerima didik 5.4 Siswa mengumpulkan hasil diskusinya. |
Kegiatan Penutup (15 menit)
1. Siswa mengumpulkan kiprah mereka dan guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang tepat penyajiannya .
2. Dengan sikap jujur dan percaya diri penerima didik bersama pendidik menyimpulkan pembelajaran.
3. Guru dan siswa Menemukan manfaat eksklusif maupun tidak lagsung dari hasil pembelajaran yang telah beralangsung
4. Bersama pendidik, penerima didik mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami ketika mempelajari memahami teks cerita moral/fabel.
5. Melakukan kegitan tindak lanjut dalam bentuk pinjaman kiprah individu
6. Menginformasikan rencana acara pembelajaran untuk pertemuan brikutnya
7. Pendidik dan penerima didik mengucapkan hamdalah bersama-sama
8. Guru mengucapkan salam
H. Penilaian
1. Sikap spiritual dan sosial
Penilaian Sikap Spiritual Dan Sosial
Lembar Pengamatan
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP SPRITUAL DAN SOSIAL
Mata Pelajaran :..................................................................................................
Kelas/Semester :....................................................................................................
Tahun Ajaran :....................................................................................................
Waktu Pengamatan : ............................................................................................
Sikap yang diintegrasikan dan dikembangkan yaitu perilaku religious dan jujur
Instrumen evaluasi sikap spiritual dan sosial
NO | NAMA SISWA | PENILAIAN SIKAP SPRITUAL DAN SOSIAL | ||||||||
Religius (Menghargai Bahasa Indonesia Sebagai Anugrah Tuhan) KI 1.1 | Jujur KI 1.2 | Percaya diri K 2.4 | ||||||||
1 | 2 | 3 | 1 | 2 | 3 | 1 | 2 | 3 | ||
1 | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | |
Deskriptor /Keterangan:
a. Religius
1 = Apabila penerima didik tidak memakai bahasa Indonesia sama sekali selama proses mencar ilmu mengajar.
2 = Apabila penerima didik memakai bahasa asing atau kawasan kurang dari tiga kali selama proses mencar ilmu mengajar.
3 = Apabila penerima didik selalu menggunakan bahasa Indonesia selama proses mencar ilmu mengajar.
b. Jujur
1 = Apabila penerima didik tidak jujur selama proses mencar ilmu mengajar
2 = Apabila penerima didik pernah tidak jujur selama proses mencar ilmu mengajar
3 = Apabila penerima didik selalu jujur selama proses mencar ilmu mengajar
c. Percaya diri
1 = Apabila penerima selalu tidak percaya diri dalam proses mencar ilmu mengajar
2 = Apabila penerima didik pernah tidak percaya diri dalam proses
belajar mengajar
3 = Apabila pesereta didik percaya diri dalam proses mencar ilmu mengajar
9
2. Pengetahuan
Penilaian Kognitif/Pengetahuan
Aspek kognitif/pengetahuan
1. Jelaskanlah yang dimaksud teks cerita fabel!
2. Jelaskanlah apa saja yang termasuk struktur teks dongeng moral/fabel!
Kunci:
1. Pengertian Teks Cerita Moral/Fabel
Teks dongeng moral/fabel yaitu teks dongeng yang menggambarkan tabiat dan kebijaksanaan insan yang pelakunya diperankan oleh binatang (berisi pendidikan moral dan kebijaksanaan pekerti).
2. Struktur teks dongeng moral/fabel
a. Orientasi (memperkenalkan siapa para pelaku,apa yang dialami pelaku, dan dimana terjadinya ).
b. Komplikasi (konflik muncul dan para pelaku mulai beraksi terhadap konflik, kemudian konflik meningkat, dan titik puncak konflik mencapai puncak).
c. Resolusi (konflik terpecahkan dan menemukan penyelesaiannya).
3. Koda (Koda merupakan bagian terakhir dari struktur teks cerita fabel. Koda berisi perubahan yang terjadi pada tokoh dan pelajaran yang dapat dipetik dari cerita tersebut)
Pedoman Penskoran
No.Soal | Aspek dan Kriteria | Skor |
1. | Menjelaskan pengertian/definisi teks dongeng moral/fabel a. Apabila penerima didik sanggup menjelaskan pengertian teks dongeng moral/fabel dengan benar. b. Apabila penerima didik sanggup menjelaskan pengertian teks dongeng moral/fabel tetapi kurang benar. c. Apabila penerima didik sanggup menjelaskan pengertian teks dongeng moral/fabel tetapi tidak benar. d. Apabila pesewrta didik tidak sanggup menjelaskan pengertian teks dongeng moral/fabel sama sekali | 4 3 2 1 |
2. | Menjelaskan struktur teks dongeng moral/fabel a. Apabila penerima didik menjelaskan struktur teks dongeng moral/fabel dengan tepat. b. Apabila penerima didik menjelaskan struktur teks dongeng moral/fabel tetapi kurang tepat tepat. c. Apabila penerima didik menjelaskan struktur teks dongeng moral/fabel tetapi tidak tepat. d. Apabila penerima didik tidak sanggup menjawab struktur teks dongeng moral/fabel | 4 3 2 1 |
|
8
3. Keterampilan
Penilaian pisikomotor/keterampilan
Pedoman Penskoran
No.Soal | Aspek dan Kriteria | Skor |
1. | Menentukan isi teks dongeng moral/fabel a. Apabila peserta didik sanggup memilih isi teks dongeng moral/fabel dengan benar. b. Apabila peserta didik sanggup memilih isi teks dongeng moral/fabel tetapi kurang benar. c. Apabila peserta didik sanggup memilih isi teks dongeng moral/fabel tetapi tidak benar. d. Apabila penerima didik tidak bisa memilih isi teks dongeng moral atau fabel. | 4 3 2 1 |
2. | Menentukan struktur teks dongeng moral/fabel a. Apabila peserta didik memilih struktur teks dongeng moral/fabel dengan tepat. b. Apabila peserta didik memilih struktur teks dongeng moral/fabel tetapi kurang tepat tepat. c. Apabila peserta didik memilih struktur teks dongeng moral/fabel tetapi tidak tepat. d. Apabila penerima didik tidak bisa sama sekali dalam memilih struktur teks dongeng moral/fabel | 4 3 2 1 |
|
8
Pekanbaru, Februari 2016
Mengetahui,
Guru Pamong Guru PPL
Drs. Nursal Hakim, M. Pd. Muliono, S. Pd.
Sumber http://villaandila.blogspot.com
0 Response to "Contoh Rpp Kurikulum 2013"
Posting Komentar