iklan

Contoh Kiprah Rpp Mata Kuliah Pps (*Materi Asuh Diganti Dgn Seni Musik)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                   : Sekolah Menengan Atas N 1 Samatiga
Mata Pelajaran         : Seni Budaya (Seni Teater)
Kelas/Semester        : X/Satu       
Materi Pokok           : Penokohan
Alokasi Waktu          : 2 x 2 JP

A.   Kompetensi Inti
KI 1  : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  : Menghayati dan  mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif  dan proaktif,  dan memperlihatkan sikap sebagai bab dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
 KI 3 :Memahami,  menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa keingintahuannya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 KI 4 : Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator
1.  KD. 1.1 Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta besar hati terhadap karya seni teater sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.  KD.2.1 Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui kegiatan berkesenian
KD. 2.2 Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta tenang dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
KD. 2.3 Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama, serta menghargai karya seni dan pembuatnya
  1. KD. 3.1 Memahami  konsep, teknik dan mekanisme berkarya   teater

Indikator
·      Menjelaskan konsep penyajian drama/teater
·      Menjelaskan jenis, simbol dan nilai estetis dalam seni drama/teater.
·      Membedakan beberapa hasil karya seni teater.
·      Menyampaikan hasil pengumpulan dan final informasi yang diperoleh

  1. KD. 4.1 Menerapkan tabiat tokoh sesuai dengan naskah yang dibaca


Indikator
·         Melakukan sajian beberapa pola watak/tokoh yang dipelajari di depan kelas.
·         Bereksperimen dengan bermacam-macam media dan teknik dalam membuat  sajian karya drama/teater.
·         Menghubungkan data-data yang diperoleh dengan kegiatan berkarya
·         Membuat Penyajian tabiat tokoh


C.   Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi siswa dapat:
1.  Menjelaskan konsep penyajian drama/teater
2. Menjelaskan jenis, simbol dan nilai estetis dalam seni drama/teater.
3. Membedakan beberapa hasil karya seni teater.
4. Menyampaikan hasil pengumpulan dan final informasi yang diperoleh
5. Melakukan sajian beberapa pola watak/tokoh yang dipelajari di depan kelas.
6. Bereksperimen dengan bermacam-macam media dan teknik dalam membuat  sajian karya drama/teater.
7. Menghubungkan data-data yang diperoleh dengan kegiatan berkarya
8. Membuat Penyajian tabiat tokoh

D.   Materi Pembelajaran

Fakta:
·         Sajian karya seni teater di pergelaran drama/teater
·         Tayangan Teater dan sinematografi di Media Elektronik
·         Karya teater di internet

Konsep:
Penyajian karya seni teater dan sinematografi pada umumnya melalui tahap penciptaan, penulisan naskah, latihan dan penampilan teater.Tentunya banyak hal yang harus diperhatikan diantaranya : Jenis Teater, Media seni teater/drama dan Unsur Pementasan drama


Prinsip:
·         Jenis dan simbol penyajian karya teater
Seni Teater di Indonesia dikelompokkan menjadi dua macam berdasarkan keberasalannya. Teater tradisional merupakan teater yang berasal dari kebudayaan Indonesia.Teater non tradisional merupakan teater yang bukan berasal dari kebudayaan Indonesia.
Simbol penyajian karya teater:
Merupakan perlambang/makna dari penyajian karya musik

No.
Jenis Karya (nama)
Bentuk Penyajian
Makna/Simbul
1.
Teater Tradisional
Wayang orang, Ludruk, Lenong, Wayang kulit, wayang golek, dll
Kebaikan, keteladanan, patriotisme
2.
Teater non tradisional
Pementasan teater, operet, opera, sinetron, dll
Kebaikan, keteladanan, patriotisme


·         Nilai estetika pada penyajian karya teater
Kemampuan dalam mempersepsi, memahami, menanggapi, merefleksi, menganalisis, dan mengevaluasi penampilan karya teater.
Alat dan media mempunyai banyak variasi dan macamnya. Alat dan media sanggup berupa media dasar berupa : tubuh, suara, kata, gerak/acting, ilustrasi music, dll. Setiap alat dan media tersebut mempunyai huruf yang berbeda
·         Teknik dalam penyajian karya teater sanggup dimulai dengan cara yang sangat sederhana dan gampang dilakukan

Prosedur:
langkah-langkah membuat  penyajian karya teater.
Penampilan teater sederhana untuk ditampilkan di kelas.
Pencarian wangsit untuk naskah dilakukan diawal atau dengan cara mencari naskah drama yang sudah jadi.
Tentukan penokohan sesuai karakter/watak dari tokoh yang harus diperankan sesuai naskah.
Lakukan latihan masing-masing terlebih dahulu dengan naskah yang sudah dibuat
Selanjutnya latihan bersama untuk memadukan penampilan karya teater serta adanya saling koreksi terhadap kesalahan diantara para pemain yang akan tampil.


E.   Metode Pembelajaran
·         Eksperimen
·         Diskusi kelompok
·         Presentasi
·         Penugasan

F.   Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.   Media           : Projektor, Laptop dan speaker
2.   Alat              : Naskah drama/teater
3.   Bahan ajar     :
Buku Paket Seni Budaya Kelas X,  Buku-buku lain yang relevan, Informasi melalui internet, Hasil penampilan karya teater melalui media cetak dan internet, serta sumber lain yang relevan.


G.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Setelah mereviu hasil pencapaian kompetensi (KD) sebelumnya, siswa diperlihatkan contoh-contoh penampilan teater dan sinematografi melalui tayangan video dan dijelaskan perihal bagaimana tahapan dalam menciptakan sebuahpenampilan teater untuk kemudian dibentuk rumusan penampilan drama/teater yang akan dilakukan oleh siswa di depan kelas. Selanjutnya melalui diskusi, mendefinisikan konsep drama/teater yang akan ditampilkan,menemukan rumusan untuk jenis drama/teater yang akan dibawakan dan instrumen apa yang akan dipakai dan memecahkan problem pembuatan naskah. Melalui praktik siswa sanggup melaksanakan penampilan karya drama/teater.serta bekerjasama, berkomunikasi, dan bekerja dengan teliti, jujur, dan penuh tanggung jawab. Empat kelompok yang terbentuk di kelas menampilkan hasil latihan drama/teater di depan kelas. Selama proses pembelajaran dilakuan penilaian proses pada kegiatan di kelas dan hasil kiprah mandiri.
Pertemuan Kesatu
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan/Kegiatan Awal
·      Merefleksi pengalaman akseptor didik perihal penampilan karya teater dan sinematografiyang telah mereka lihat.
·      Menjelaskan kaitannya dengan pengalaman mereka terhadap KD yang akan dipelajari.
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
·      Bertanya secara verbal perihal macam-macam Penyajian  karya teateryang pernah mereka lihat.
·      Peserta didik mencari tahu dan saling menanyakan tentang Penyajian  karya teater dan sinematografi.
15 menit
Kegiatan Inti

Mengamati :
·         Siswa mengamati Penampilan teater dan sinematografi melalui media cetak atau internet.
·         Guru mengamati dan menilai aktifitas siswa.

Menanya :
  • Siwa saling bertanya perihal hasil pengamatan siswa perihal Penyajian  karya teater.
Mencoba :
·         Siswa dibagi dalam 4 (empat) kelompok.
·         Siswa dalam kelompok diminta untuk mengidentifikasi naskah drama dan video drama/teater yang telah diperolehnya kedalam Penyajian  karya teater.
·        Siswa diminta mengelompokkan Penyajian  karya teater berdasarkan jenis, media dan wangsit penciptaannya.
·         Masing-masing kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka secara bergantian.
·         Guru menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan presentasi serta membimbing  diskusi mereka.

Mengasosiasi :
·        Siswa menyimpulkan jenis Penyajian  karya teater
·        Masing-masing kelompok berdiskusi perihal jenis dan simbol Penyajian  karya teater.
·         Masing-masing kelompok berdiskusi perihal nilai estetis dalam Penyajian  karya teater.
·         Guru membimbing dan menilai aktifitas siswa dalam mengidentifikasi Penampilan drama/teater.

Mengomunikasikan :
·        Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka secara bergantian
·         Guru menilai kemampuan siswa dalam berkomunikasi secara lisan

60 menit
Penutup :
·         Guru bersama siswa menyimpulkan karakteristik penampilan drama/teater
·         Guru bersama siswa menyimpulkan jenis dan simbul Penyajian  karya teater.
·         Guru bersama siswa menyimpulkan nilai estetis Penyajian  karya teater.
·         Guru memperlihatkan kiprah kepada siswa untuk mempelajari Penyajian  karya teaterserta mengidentifikasi materi dan alat yang dibutuhkan
·         Guru menugaskan kepada siswa untuk membawa materi dan alat Penyajian  karya teateruntuk pertemuan berikutnya.

15 menit



Pertemuan Kedua
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan/Kegiatan Awal
·      Merefleksi hasil pretes dan postes pertemuan sebelumnya
·      Menagih dan mengingatkan kiprah baca dan browsing
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran
·      Melaksanakan pretes perihal Penyajian  karya teater dan sinematografi
15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati dan Menanya
Dua orang siswa dari kelompok berbeda diminta untuk memaparkan hasil kiprah baca dan browsing perihal Penyajian  karya teater dan sinematografi

Mencoba
·      Kelompok diminta untuk mencoba menciptakan perencanaan untuk penampilan musik di depan kelas.
·      Setiap kelompok diberikan problem sehari-hari yang berkaitan dengan Penyajian  karya teater dan sinematografi
Kelompok mendiskusikan pemecahan problem Penyajian  karya teater dan sinematografi
Guru menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan kemampuan menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan problem dan keterampilan mencoba isyarat kerja
Mengasosiasi
·      Kelompok mendiskusikan hasil kegiatan perihal korelasi antara Penyajian  karya teater dan sinematografi dan bagaimana menggabungkannya.
·      Dengan difasilitasi guru, siswa merumuskan Penampilan  karya teater dan sinematografi
Guru menilai keterampilan mengolah dan menalar
Mengomunikasikan
·    Perwakilan kelompok memaparkan hasil diskusi pemecahan masalah
·    Guru menilai keterampilan menyaji dan berkomunikasi
60 menit
Penutup
·         Bersama siswa menyimpulkan Penyajian  karya teater dan sinematografi
·         Memberikan kiprah baca lembar kerja praktik yang akan datang
·         Melaksanakan postes
15 menit


Pertemuan Ketiga
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan/Kegiatan Awal
·      Merefleksi hasil pretes dan postes pertemuan sebelumnya
·      Menagih dan mengingatkan kiprah baca
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran

15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·      Siswa membaca kembali lembar kerja praktik
Menanya
·      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya perihal prosedur/langkah kerja praktik yang perlu dikonfirmasi
Mencoba
·      Siswa dibagi dalam kelompok, masing-masing terdiri dari 5 – 7 orang siswa
·    Siswa bekerja dalam kelompok sesuai langkah kerja dalam lembar kerja untuk mendapat data
Guru menilai keterampilan memakai alat, mengolah, dan menyaji data, serta kejujuran dan ketelitian dlam memperoleh data, serta kerjasama dalam kelompok
Mengasosiasi
·      Kelompok mendiskusikan penyajian dan pengolahan data serta menyiapkan materi Penyajian  karya teater kelompok
·    Guru menilai kerjasama dan tanggungjawab siswa dalam kerja kelompok
Mengomunikasikan
·      Kelompok mempresentasikan/menampilkan hasil kerja kelompok (penampilan drama di kelas)
·      Guru menanggapi hasil penampilan untuk memberi penguatan pemahaman dan/atau mengklarifikasi miskonsepsi
Guru menilai ketrampilan menyaji dan menalar, serta kesantunan dan kemampuan berkomunikasi
60 menit
Penutup
·         Bersama siswa menyimpulkan kembali hasil praktik dan mengingatkan pentingnya kecermatan, ketelitian, keuletan, dan kejujuran dalam memperoleh, menyajikan, mengolah, dan menganalisis data, serta pentingnya kerjasama, kolaborasi, dan komunikasi dalam kerja kelompok
·         Memberikan kiprah presentasi penerapan Penyajian  karya teater dan sinematografi dalam kehidupan dan teknologi dan persiapan mengikuti tes tertulis (Ulangan harian) pada pertemuan yang akan datang

15 menit


Pertemuan Keempat
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan/Kegiatan Awal
·      Merefleksi hasil laporan praktik yang sudah terkumpul
·      Menagih dan mengingatkan kiprah baca
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui presentasi
15 menit
Kegiatan Inti
Mengomunikasikan
·      Dua orang siswa dari kelompok berbeda yang dipilih secara acak diminta untuk mempresentasikan tugasnya
·      Siswa lain dari kelompok berbeda bertanya dan menanggapi presentasi
Satu siswa diminta memberikan refleksi pengalaman berguru perihal Penyajian  karya teater dan sinematografi
Guru menilai kemampuan menyaji dan menalar, serta komunikasi
35 menit
Penutup
·         Siswa melaksanakan tes tertulis ulangan harian
·         Memberikan kiprah baca untuk pertemuan berikutnya perihal Teknik penulisan naskah teater
40 menit


Penilaian
1.    Jenis/teknik penilaian
Penilaian dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes tertulis dan praktek.
2.    Bentuk instrument dan instrumen
Instrumen observasi memakai lembar pengamatan dengan fokus utama pada kegiatan dalam kelompok, tanggungjawab, dan kerjasama.
Instrumen kinerja presentasi memakai lembar pengamatan dengan fokus utama pada kegiatan kiprah serta, kualitas visual presentasi, dan isi presentasi
Instrumen laporan praktik memakai rubrik penilaian dengan fokus utama pada kualitas visual, sistematika sajian data, kejujuran, dan balasan pertanyaan.
Instrumen tes memakai tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda
3.    Pedoman Penskoran (Terlampir)

Sumber/Referensi
Buku Pegangan Kurikulum 2013
Seni Budaya Jilid 1
Art & Culture 1  for grade X senior High School (Grafindo Media Pratama)
Buku Seni Budaya Penunjang Aktivitas siswa






Mengetahui                                                             Suak Timah,                     2015
Kepala Sekolah                                                        Guru MAPEL Seni Budaya                    



Drs. Baharuddin                                                       Maria Ulfa, S.Pd
NIP 19620419199303m1 004                                     NIP 198309102010032001


Catatan Kepala Sekolah
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Sumber http://suaraibs.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Kiprah Rpp Mata Kuliah Pps (*Materi Asuh Diganti Dgn Seni Musik)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel