iklan

Pengertian Paragraf Deskripsi Dan Contohnya

Pengertian paragraf deskripsi dan contohnya - Pernah menjumpai soal ini di sekolah “apa itu paragraf deskripsi dan contohnya?" Atau pernah mendengar pertanyaan apa yang dimaksud paragraf deskripsi dan contohnya? Dalam pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah tentunya kita pernah mendapat bahan perihal apa yang dimaksud dengan paragraf deskripsi dan contohnya. Masih ingatkah kau perihal bahan arti paragraf deskripsi dan contohnya? Atau kau malah belum pernah sanggup bahan perihal definisi paragraf deskripsi dan contohnya. Bagi kau yang kini lupa atau yang belum sanggup bahan perihal pengertian paragraf deskripsi dan teladan paragrafnya, sanggup menyimak klarifikasi yang kami berikan ini yaitu perihal pengertian paragraf deskripsi ciri-ciri dan contohnya. Selain itu juga kami berikan klarifikasi tantang macam macam pola pengembangan paragraf deskripsi. Berikut ini penjelasannya silahkan diperhatikan dan di baca hingga selesai.
Pengertian paragraf deskripsi dan misalnya Pengertian Paragraf Deskripsi dan Contohnya

Pengertian Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi adalah sebuah paragraf yang menggambarkan suatu keadaan secara terperinci. Maksudnya yaitu menggambarkan secara terperinci dan cukup detail keadaan-keadaannya, biar seseorang sanggup dengan cepat mengetahui serta memahami paragraf tersebut, bahwa dari paragraf tersebut inilah keadaannya. Untuk lebih memahami perihal paragraf deskripsi sanggup memahami apakah saja ciri ciri paragraf deskripsi dan misalnya sebagai berikut ini.

Ciri ciri Paragraf Deskripsi

Ciri-ciri paragraf deskripsi adalah:
  • Menyajikan suatu keadaan tempat, peristiwa, orang atau benda. Misalnya, teladan satu menggambarkan keadaan daerah dan teladan 2 menggambarkan keadaan peristiwa.
  • Dapat Menimbulkan sebuah kesan-kesan tertentu untuk pembaca menyerupai kekaguman.
  • Banyaknya memakai frase atau kata-kata yang bermakna keadaan maupun sifat.

Contoh Paragraf Deskripsi

Di halaman kampus Universitas Padjajaran, Jalan Dipati Ukur, Bandung, senin (27/8) siang, terdengar alunan nada yang membentuk harminsasi lagu menggema. Lebih dari lima ribu pasang tangan memainkan alat musik tradisional angklung yang memanjakan ribuan pasang pendengaran yang mendengar alunannya. Mereka terlihat sangat kompak. Permainan musik mereka sangat memukau penonton. Dengan alunan musik tersebut dalam program Dies Natalis yang ke-120 Unpad tersebut menciptakan Mentri Kebudayaan dan Pariwisata, Ahmad Hidayat, tampak terpukau.

Macam macam Pola Pengembangan Paragraf Deskripsi

Dalam membuatkan paragraf deskripsi terdapat 2 pola yang dipakai yaitu pola tematis dan pola keraungan, setiap pola pola tersebut memiliki pengertian dan klarifikasi yang berbeda. Berikut ini ialah klarifikasi perihal pola pengembangan paragraf deskripsi.

1. Pengertian Pola Tematis
Pola Tematis ialah paragraf disusun menurut tema-tema kecil. Di mana setiap tema diwakili oleh satu atau dua buah kalimat.

Contoh Paragraf Pola Tematis
Terdengar bunyi seruling yang merdu sekali. Suaranya terasa menyayat-nyata hati. Suara gamelan bertalu-talu berselang dengan bunyi gong. “Gong…gong…” menyerupai itu bunyi itu menggema. Sesekali tepuk tangan penonton menyelinginya. Tiada kesedihan lagi di sana, walaupun demikian, semua itu tidaklah lebih dari sebuah insiden yang memilukan.

Tema-tema yang terdapat dalam paragraf tersebut yaitu:
  • Suara Seruling,
  • Suara gamelan,
  • Tepuk tangan penonton,
  • Kesedihan,
  • Sebuah Peristiwa yang memilukan.

2. Pengertian Pola Keruangan
Pola keruangan ialah paragraf yang disusun menurut urutan ruang, misalnya dari penggir ke tengah, dari atas ke bawah, dari barat ke timur dan lain-lain.

Contoh Pola Keruangan:
Remang-remang yang berada di belakang panggung tersebut, hampir tidak terlihat apa saja yang ada di sana. Namun, tidak demikian dengan apa yang berada di depan panggung. Keadaan di sana terang benderang. Apalagi yang berada di atas panggungnya. Sepertinya, jarum pun jikalau terjatuh di sana akan terlihat.

Dalam paragraf tersebut urutan keruangan ialah sebagai berikut ini:
  • Di belakang panggung tersebut,
  • Di depan panggung,
  • Di atas panggung.

Itulah klarifikasi yang sanggup kami berikan perihal pengertian paragraf deskripsi dan contohnya. Semogga apa yang telah kami jelaskan pada blog temukan pengertian ini sanggup menambah pengetahuan kita.

Sumber http://temukanpengertian.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Paragraf Deskripsi Dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel