iklan

Pengertian Diastropisme

Pengertian diastropisme – Tahukah kau apa itu diastropisme? Seperti apa yang dimaksud dengan diastropisme itu. Mungkin diantara kalian ketika sekolah dalam pelajaran geografi pernah menemui pertanyaan “jelaskan apa yang dimaksud diastropisme”. Diantara kau mungkin ada yang sanggup menjawab pertanyaan “jelaskan apa yang dimaksud dengan diastropisme” namun ada juga yang tidak sanggup menjawab pertanyaan wacana apa yang dimaksud wacana diastropisme. Atau ada juga yang belum pernah mendapakan bahan wacana apa yang dimaksud proses diastropisme dalam pelajaran geografi. Untuk itulah di sini kami akan membuktikan wacana definisi diastropisme. Seperti apakah arti dari diastropisme itu. Mari kita simak klarifikasi wacana apa arti diastropisme berikut ini. Baca hingga final apa arti dari diastropisme biar sanggup lebih memahaminya.
 Seperti apa yang dimaksud dengan diastropisme itu Pengertian Diastropisme

Pengertian Diastropisme

Diastropisme adalah sebuah proses pembentukan relief muka bumi oleh tenaga tanpa endogen tanpa disertai dengan adanya aktivvitas magma. Pada terjadinya diastropisme menjadikan aneka macam macam akibat-akibat dari diastropisme yang sanggup merugikan serta gejala-gejala dari diastropisme. Apabila proses ini mencakup tempat yang disebut dengan epirogenese serta karenanya berupa pengangkatan shield atau perisai benua. Jika proses ini mengenai tempat yang tidak begitu luas maka disebut dengan orogenese. Berdasarkan teori tektonik lempeng atau yang disebut plate tectonik, arus konveksi yang ada pada astenosfer yaitu sumber dari tenaga endogen. Arus tersebut akan menyeret lempeng-lempengen kerak bumi menurut dengan arahnya masing-masing. Karena jumlah arus konveksi banayk sekali, maka lempeng-lempengan kerak bumi akan mengalami pergeseran serta tumbukan sehingga akan terselip serta saling menjauh.

Tumbukan atau konvergensi akan menghasilkan pegunungan lipatan serta pegunungan patahan, sedangkan yang saling menyelipi akan menghasilkan patahan geser. Tumbukan yang saling menghasilkan celah memanjang sebagai tempat jalan keluarnya cairan panas disebut dengan lava. Dari proses diastropisme bentuk-bentuk yang dihasilkan yaitu berupa pegunungan lipatan serta pegunungan patahan.

Bentuk bentuk pegunungan lipatan
  • Lipatan kompleks
  • Lipatan Tajam
  • Dompe dan Basin
  • Jalur pegunungan lipatan

Bentuk bentuk pegunungan patahan
  • Horst
  • Sesar geser
  • Patahan rebah
  • Patahan normal

Demikianlah klarifikasi yang sanggup kami uraikan wacana pengertian diastropisme. Mudah-mudahan klarifikasi dalam blog temukan pengertian di atas sanggup menambah pengetahuan kita.

Sumber http://temukanpengertian.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Diastropisme"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel