iklan

Pengertian Dan Tujuan Surat Perjanjian Jual Beli

Pengertian dan tujuan surat perjanjian jual beli - Dalam melaksanakan transaksi jual beli itu ada baiknya jika disertai dokumen surat perjanjian jual beli. Apalagi jika transaksinya dalam jumlah yang besar maka tentunya surat perjanjian jual beli diharapkan untuk menciptakan menjamin sebuah kesepakatan. Surat perjanjian jaul beli biasanya dipakai untuk melaksanakan jual beli tanah, bangunan, kendaraan beroda empat dan lain-lain yang nilai transaksinya tinggi. Seperti apakah yang dimaksud dengan surat perjanjian jual beli? Sudah tahukah kau yang dimaksud dengan surat perjanjian jual beli? Jika anda belum tahu yang dimaksud surat perjanjian jual beli, maka di sini kami akan menguraikan perihal apa yang dimaksud surat perjanjian jual beli. Selain menjelaskan perihal definisi surat perjanjian jual beli atau arti surat perjanjian jual beli, juga kami jelaskan perihal tujuan surat perjanjian jual beli dan cara menyusun surat perjanjian jual beli.
Pengertian dan tujuan surat perjanjian jual beli Pengertian dan Tujuan Surat Perjanjian Jual Beli

Pengertian Surat Perjanjian Jual Beli

Surat perjanjian jual beli adalah surat perjanjian yang merupakan sebuah fakta dalam proses perjanjian jual beli sebagai sertifikat atau pembuktian perihal perbuatan, kondisi atau kenyataan dalam kesepakatan di antara kedua belah pihak yang berafiliasi dengan jual beli. Surat perjanjian jual beli memakai materai dan terdiri dari pasal-pasal atau rincian yang mengatur kedua belah pihak.

Tujuan Surat Perjanjian Jual Beli

Apa sajakah tujuan atau fungsi surat perjanjian jual beli? Fungsi atau Tujuan dibuatnya sebuah surat perjanjian jual beli yaitu untuk menjamin sebuah kepastian mengenai pembayaran dan penyerahan barang. Atau dengan kata lain, bahwa surat perjanjian jual beli dibentuk semoga dari masing-masing kedua belah pihak sanggup memenuhi hak dan kewajibannya. Kaprikornus kegunaan surat perjanjian jual beli itu sangat penting dalam sebuah transaksi jual beli.

Cara Menyusun Surat Perjanjian Jual Beli

Setelah kita tahu tujuan surat jual beli, maka kita juga harus tahu cara menciptakan surat perjanjian jual beli. Berikut ini yakni Langkah menyusun surat perjanjian jual beli:
  • Menentukan barang yang akan diperjualbelikan disertai dengan spesifikasinya menyerupai letak, luas harganya dan lain-lain.
  • Menentukan pihak-pihak mana saja yang terkait dalam surat perjanjian tersebut, menyerupai nama, alamat, usia, dan pekerjaan.
  • Menentukan hak serta kewajiban antara kedua belah pihak (menurut kesepakatan bersama).
  • Menuliskan kembali rancangan tersebut menjadi surat perjanjian jual beli.
  • Kedua belah pihak sanggup menandatangani surat perjanjian jual beli disertai dengan materai.

Baca juga artikel tentang: Pengertian Surat Niaga (Dagang).

Itulah uraian singkat dari kami perihal artikel Pengertian dan tujuan surat perjanjian jual beli. Semoga apa yang kami uraikan dalam blog temukan pengertian ini sanggup memperlihatkan manfaat.

Sumber http://temukanpengertian.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Dan Tujuan Surat Perjanjian Jual Beli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel