iklan

Pengertian Cerpen Dan Ciri-Ciri Cerpen

Pengertian cerpen dan ciri-ciri cerpen – Dalam pelajaran bahasa Indonesia di sekolah pernahkah kau mendapati pertanyaan menyerupai ini “apa yang dimaksud cerpen dan sebutkan ciri cirinya“? Tahukah kau apa yang dimaksud cerpen dan ciri cirinya? Mungkin kau ada yang tahu apa yang dimaksud dengan cerpen dan ciri cirinya namun ada juga yang belum tahu apa itu cerpen dan ciri-cirinya. Untuk itulah di sini kami akan memperlihatkan balasan atas pertanyaan ihwal apa yang dimaksud dengan cerpen dan sebutkan ciri ciri cerpen. Di sini kami akan memperlihatkan klarifikasi ihwal definisi cerpen dan ciri cirinya. Langsung saja silahkan anda simak, berikut ini klarifikasi tnetang arti cerpen dan cirinya.
 Dalam pelajaran bahasa Indonesia di sekolah pernahkah kau mendapati pertanyaan menyerupai i Pengertian Cerpen dan Ciri-Ciri Cerpen

Pengertian Cerpen

Cerpen merupakan abreviasi dari dongeng pendek. Cerpen adalah dongeng yang wujud fisiknya berbentuk pendek. Karena dalam pengertian cerpen tersebut serasa masih belum jelas, maka dari itulah kita perlu mengetahui klarifikasi cerpen secara lebih jelas. Seberapa pendekkah cerpen itu? Berapa jumlah kata dongeng yang disebut cerpen? Untuk mengetahuinya berikut ini penjelasannya.

Ukuran panjang atau pendeknya sebuah dongeng itu memang relatif, namun pada umumnya, sebuah dongeng pendek ialah dongeng yang sanggup habis dibaca kurang lebih sepuluh menitan atau setengah jam. Mengenai jumlah katanya kurang lebih 500 hingga 5000 kata. Karena itulah, cerpen sering diungkapkan sebagai sebuah dongeng yang sanggup dibaca dalam sekali duduk. Umumnya ceita pendek itu bertema sederhana. Jumlah tokoh dalam dongeng pendek juga terbatas. Selain itu jalan dongeng yang dipakai sederhana dan latar yang dipakai mencakup ruang lingkup yang terbatas.

Ciri ciri Cerpen

Dengan memahami pengertian cerpen dan penjelasannya di atas, maka didapatkan ciri-ciri cerpen ialah sebagai berikut ini.
  • Alur lebih sederhana.
  • Hanya terdiri dari satu alur atau plot.
  • Latar digambarkan sesaat dan dalam lingkup yang terbatas.
  • Tokoh hanya sedikit.
  • Watak dan tokoh diterangkan atau diceritakan secara singkat.
  • Banyaknya tokoh terbatas.
  • Habis dibaca dalam sekali duduk.
  • Terdiri dari 3 halaman hingga 10 halaman.

Demikian penjelasa yang kami berikan ihwal artikel ihwal pengertian cerpen dan ciri-ciri cerpen. Semoga apa yan telah kami jelaskan dalam blog temukan pengertian di atas sanggup memperlihatkan manfaat.

Sumber http://temukanpengertian.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Cerpen Dan Ciri-Ciri Cerpen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel