iklan

Model Pembelajaran Ttw

Menurut W. Gulo (2002:3), taktik mencar ilmu mengajar merupakan rancangan dasar bagi seorang guru perihal cara ia membawakan pengajarannya di kelas secara bertanggung jawab. Hal ini merupakan salah satuu komponen dari sistem lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses mencar ilmu mengajar secara optimal.

Menurut W. Gulo (2002:23), tugas akseptor didik di dalam proses mencar ilmu mengajar yaitu berusaha secara aktif untuk membuatkan dirinya di bawah bimbingan guru. Kegiatan ini disebut acara belajar. Guru hanya membuat situasi yang memaksimalkan acara mencar ilmu akseptor didik. Kegiatan pendidikan mengalami kegagalan jikalau acara mengajar tidak menghasilkan acara belajar. Oleh alasannya itu, fungsi mencar ilmu pada akseptor didik sangat memilih keberhasilan pendidikan.

Think-Talk-Write (TTW) yang diperkenalkan oleh Huinker & Laughlin, intinya dibangun melalui berpikir, berbicara dan menulis. Alur kemajuan TTW dimulai dari keterlibatan siswa dalam berpikir/berdialog dengan dirinya sendiri sehabis proses membaca, selanjutnya berbicara den membagi inspirasi (sharing) dengan temannya sebelum menulis. Dalam hal ini siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran.

Model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) intinya memakai taktik pembelajaran kooperatif sehingga dalam pelaksanaanya, model ini membagi sejumlah siswa kedalam kelompok kecil secara heterogen semoga suasana pembelajaran lebih efektif.

Dalam pelaksanaan pembelajaran yang memakai kelompok, maka pembelajaran TTW juga mengacu kepada pembelajaran kooperatif yang sanggup mengkonstruksi penguasaan konsep siswa (Dipdip,2007:16). Tahapan-tahapan yang dilakukan dengan memakai model pembelajaran TTW dalam pembelajaran fisika akan diuraikan sebagai berikut:

1) Pikir (Think)

Aktivitas berpikir siswa sanggup dilihat pada ketika dalam pembelajaran terdapat acara pembelajaran yang memancing siswa untuk memikirkan sebuah permasalahan fisika baik itu acara demonstrasi yang dilakukan oleh guru atau siswa, pengamatan tanda-tanda fisis atau aneka macam insiden dalam kehidupan sehari-hari. proses membaca buku paket atau handout fisika serta aneka macam macam artikel yang bekerjasama dengan pokok bahasan. Setelah itu siswa mulai memikirkan solusi dari permasalahan tersebut dengan cara menuliskannya di buku catatan atau handout ataupun mengingat bab belahan yang difahami serta tidak difahaminya.

2) Bicara (Talk)

Siswa melaksanakan komunikasi dengan sobat sekelompok untuk mendapat solusi bersama dari solusi yang telah dipikirkan sebelumnya oleh setiap individu kemudian akan dibahas dalam diskusi kelas. Masing-masing kelompok mencar ilmu terdiri dari 5-6 orang.

3) Tulis (Write)

Siswa menuliskan hasil diskusi itu dalam catatannya (buku catatan, handout dan atau LKS) baik berupa definisi istilah maupun kejadian fisis yang terkait dengan persamaan-persamaan fisis.


sumber:
Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo
dll

Sumber http://fisikasma-online.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Model Pembelajaran Ttw"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel