✔ Kiprah Final Part 3 Of 4
4.3 Rancangan Antar muka
4.4.1Form Login
Gambar 4.11 - Form Login
4.4.2 Form Menu Utama
Gambar 4.12 – Form Menu Utama
4.2.2 Form Petugas
Gambar 4.13 – Form Petugas
4.2.3 Form Data Kamar
Gambar 4.14 – Form Kamar
4.2.4 Form Data Tamu
Gambar 4.15 – Form Tamu
4.2.5 Form Check-In
Gambar 4.16 – Form Check-In
4.2.6 Form Check-Out
Gambar 4.17 – Form Check-Out
4.2.7 Form Edit In
Gambar 4.18 – Form Edit In
4.5 Rancangan Database
4.5.1Tabel Petugas
Tabel 4.1 Tabel Petugas (Login)
No | Nama Kolom | Tipe | Panjang | Kunci |
1. | Id_petugas | Varchar | 30 | PK |
2. | User_Name | Varchar | 30 | |
4. | Password | Varchar | 15 | |
5. | Alamat | Varchar | 50 | |
6. | No_telepon | Varchar | 15 | |
7. | Foto | Image |
4.5.2 Tabel Tamu
Tabel 4.2 Tabel Tamu
No | Nama Kolom | Tipe | Panjang | Kunci |
1. | Id_tamu | Varchar | 30 | PK |
2. | Nama_tamu | Varchar | 30 | |
4. | Alamat | Varchar | 50 | |
5. | Kota | Varchar | 15 | |
6. | No_telepon | Varchar | 15 |
4.5.3 Tabel Kamar
Tabel 4.3 Tabel Kamar
No | Nama Kolom | Tipe | Panjang | Kunci |
1. | Id_kamar | Varchar | 30 | PK |
2. | Tipe | Varchar | 15 | |
4. | Harga | Int | ||
5. | Status | Varchar | 15 |
4.5.4 Tabel Check-In
Tabel 4.4 Tabel Check-In
No | Nama Kolom | Tipe | Panjang | Kunci |
1. | Id_checkin | Varchar | 30 | PK |
2. | Id_tamu | Varchar | 30 | FK |
4. | Id_kamar | Varchar | 30 | FK |
5. | Tgl_checkin | Varchar | 30 | |
6. | Tgl_checkout | Varchar | 30 | |
7. | Lama_menginap | Int | ||
8. | Uang_muka | Int | ||
9. | Cancel | Varchar | 50 |
4.5.5 Tabel Check-Out
Tabel 4.5 Tabel Check-Out
No | Nama Kolom | Tipe | Panjang | Kunci |
1. | Id_checkin | Varchar | 30 | FK |
2. | Total | Int | ||
4. | Bayar | Int | ||
5. | Kembali | Int |
4.6 Relasi Tabel
Gambar 4.19 – Relasi Tabel
BAB V
IMPLEMENTASI
5.1 Implementasi
Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan, dan pengembangan perangkat lunak yang terdiri dari beberapa klarifikasi yang membahas wacana Lingkungan Implementasi, Batasan Implementasi, dan Imlementasi Program. Dalam implementasi sistem, penulis telah menyiapkan apa yang dibutuhkan oleh sistem warta hotel de’qur.
5.2 Lingkungan Implementasi
Untuk mendukung implementasi yang akan diterapkan pada lingkungan implementasi dengan tujuan agar tahapan implementasi sanggup berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan, maka dari itu penulis memakai perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software) yang sangat menunjang dalam hal penciptaan, pembangunan, dan pengembangan web ini.
5.3.1 Spesifikasi Perangkat Keras (Hardware)
Spesifikasi perankat keras (Hardware) yang dipakai dalam pengembangan aplikasi ini yakni sebagai berikut :
Perangkat Keras (Hardware) | Spesifikasi |
Processor | Intel Core 2 Duo processor T5550 1,83 ghZ,667mhZ FSB, 2MB L2 cache |
Memory | 512 MB DDR2 |
Hardisk | 160 GB |
VGA | 128 MB |
Printer | Canon |
No. | Perangkat Lunak (Software) | Keterangan |
1 | Operating System | Windows XP / Windows 7 |
2 | Bahasa Pemograman | VB.NET |
3 | Database | SQL Server |
4 | Report | Crystal Report |
5.4 Batasan Implementasi
Yang dimaksudkan penulis di sini mengenai Batasan Implementasi yakni membuktikan ruang lingkup implementasi agar menjadi lebih jelas. Batasan Implementasi aplikasi ini yakni sebagai berikut :
1. Perangkat lunak masih merupakan Waterfall.
2. Proses yang ditangani lebih terfokus pada proses pengolahan data check-in, check-out dan laporan bulanan
3. Perangkat Lunak yang dikembangkan, nantinya akan disimpan di komputer resepsionis dan juga sanggup diakses oleh komputer bab accounting.
5.5 Implementasi Program
Pada tahapan ini akan dijelaskan mengenai kelas (Class), database dan implementasi user interface
5.5.1 Implementasi Kelas (Class)
Berikut di bawah ini yakni merupakan daftar kelas pada masing-masing bab perangkat lunak.
a. Admin
No | Kelas Perancangan | Kelas Implementasi |
1 | Login Admin | Login |
2 | Kelola Data Pegawai | Insert Data Pegawai Update Data Pegawai Delete Data Pegawai |
3 | Kelola Data Kamar | Insert Data Kamar Update Data Kamar Delete Data Kamar |
4 | Kelola Data Tamu | Insert Data Tamu Update Data Tamu Delete Data Tamu |
5 | Laporan Data Check In | View Data Check In Print Laporan |
6 | Laporan Data Check Out | View Data Check Out Print Laporan |
7 | Laporan Data Tamu | View Data Tamu Print Laporan |
8 | Laporan Data Kamar | View Data Kamar Print Laporan |
9 | Laporan Data Petugas | View Data Petugas Print Laporan |
b. Resepsionis ( Operator )
No | Kelas Perancangan | Kelas Implementasi |
1 | Login Operator | Login Operator |
2 | Menu Check In | Check In Tamu |
3 | Menu Check Out | Check Out Tamu |
4 | Menu Edit In | Edit In Data Tamu |
5 | Log Off | Log Off Aplikasi |
6 | Hide | Hide/Minimize Aplikasi |
7 | View All Data Kamar | View Data Kamar |
8 | Map | View Denah Hotel View Lokasi Hotel Peta Wisata Kota Bandung |
9 | Menu Help | About Hotel About Program System Info Contact Us |
No | Tabel Implementasi | Atribut | ||
1 | Ph_tamu | *ID ID_TAMU NAMA ALAMAT KOTA NO_TELEPON | int (11) Varchar (30) Varchar (30) varchar (50) varchar (15) varchar (50) | |
2 | Ph_petugas | *ID ID_PETUGAS USER_NAME PASSWORD ALAMAT NO_TELEPON FOTO | int(11) Varchar (30) Varchar (30) Varchar (15) Varchar (50) Varchar (15) image | |
3 | Ph_Kamar | *ID ID_KAMAR TIPE HARGA STATUS | int (11) Varchar (30) Varchar (15) int Varchar (15) | |
4 | Ph_CheckIn | *ID ID_CHECKIN ID_TAMU ID_KAMAR TGL_CHECKIN TGL_CHECKOUT LAMA_MENGINAP UANG_MUKA CANCEL | int (11) Varchar (30) Varchar (30) Varchar (30) varchar (30) varchar (30) int int varchar(50) | |
5 | Ph_CheckOUT | *ID ID_CHECKIN TOTAL BAYAR KEMBALI | int (11) varchar(30) int int int | |
5.6 Implementasi User Interface
Implementasi user interface yakni merupakan hasil dari perancangan user interface yang sebelumnya sudah dilakukan pada tahapan perancangan.
5.6.1 Login
Login merupakan tampilan pertama kali yang muncul dari Aplikasi Hotel De’qur saat user menjalankan program. Dimenu ini user diharuskan meng-input username dan password. Apabila username dan password sesuai, maka akan muncul MessageBox sukses, kemudian user sanggup melanjutkan ke sajian utama. Kalau tidak, maka akan muncul MessageBox error dan apabila menekan tombol login tetapi tidak mengisi TextBox maka akan muncul MessageBox error juga. Disini juga terdapat tombol keluar yang berfungsi akan keluar dari aplikasi.
Gambar 5.1. Form login Hotel De’Qur Bandung
Apabila user name yang anda masukkan benar akan muncul foto pengguna dan jikalau password benar maka akan muncul pesan ibarat dibawah ini. Lalu tekan ok untuk mulai masuk ke form utama.
Gambar 5.2 message box “Login Sukses”
Jika anda memasukkan password yang salah maka message box yang akan muncul yakni :
Gambar 5.3 message box “Login Failed”
Jika anda tidak menginput user namedi kolom user name atau password di kolom password maka message box yang akan muncul yakni :
Gambar 5.4 message box “user name and password empty”
5.6.2 Menu Utama
Menu Utama merupakan tampilan aplikasi sesudah user login. Disini disediakan dua pilihan sajian yaitu sajian yang ada pada sajian strip(on top) dan sajian yang eksklusif ada di tampilan form sajian utama. User sanggup memulai untuk menjalankan suatu pekerjaan dengan sajian yang ada di beberapa sajian strip atau eksklusif ke sajian yang ada di tampilan form utama.
Gambar 5.5 Menu Utama
Menu yang ada di tengah layar merupakan jalan pintah (shout cut) dari sajian strip(on top) yang ada di atas. Adapun yang sanggup diakses eksklusif dari layar tengah diantaranya yakni check-in, check-out, edit-in, report in-out, report kamar, report tamu, edit data petugas, edit data tamu, dan edit data kamar. Sedangkan sajian lain user dapat mengakses dari sajian strip (on top).
5.6.3 Menu Home
Di sajian home terdapat beberapa tombol utama aplikasi yaitu check-in, check-out, edit-in, log-off, hide, dan exit.
5.6.3.1 Check-in
Adapun tampilan sajian check-in ketika tamu hendak mendaftar kamar (check-in) yakni sebagai berikut :
Gambar 5.6 Menu check-in
Di form ini user akan menginput data tamu terlebih dahulu diantaranya yaitu Nama, id tamu, alamat, kota/kecamatan, dan nomor telepon kemudian user menekan tombol save untuk menyimpan data tamu. Jika data salah satu kolom tidak terisi maka akan muncul pesan kepada user bahwa data dilarang kosong.
Dibawah ini yakni message box yang akan muncul jikalau ada kolom data tamu yang belum terisi :
Gambar 5.7 Peringatan data kosong
Jika id tamu yang akan diisi sudah terisi sebelumnya maka akan muncul message box yang mengkonfirmasi bahwa id check-in yang sudah terisi sudah tersimpan lebih dulu, berikut tampilan formnya :
Gambar 5.8 message box “Guest id Already saved!”
Jika data tamu diisi dengan lengkap dan tidak ada hambatan, maka user bisa menyimpan data tamu kedalam database sesudah muncul pesan ibarat berikut :
Gambar 5.9 message box “save changes”
Jika data yang diisi sudah lengkap dan akuran maka user akan menekan tombol “yes” untuk menyimpan data. akan berhasil disimpan jikalau saat menekan tombol “save” muncul pesan “data has bee saved!!” berikut pola pesannya :
Gambar 5.10 message box “data has been save”
Jika data tamu sudah tersimpan, maka langkah selanjutnya yang dilakukan user adalah menentukan nomor kamar yang akan ditempati, user akan melihat data kamar-kamar yang kosong saat menekan tombol panah (combo box). Status kamar yang dipilih nantinya akan menjadi terisi dengan otomatis sehingga tidak merepotkan user untuk mengupdate data kamar. Kemudian user memilih tanggal check-out tamu di tombol data time picker, setelah dipilih maka usang menginap tamu akan terhitung secara otomatis. User menginputkan uang muka di kolom uang muka sesudah tamu menyetujui jumlah uang muka. Untuk id check-in user akan mendapat secara otomatis sesudah menekan tombol get id. Langkah terakhir yang dilakukan user di form ini yakni menekan tombol save untuk menyimpan data check-in. Jika data tersimpan maka kamar akan terupdate menjadi kosong, berikut pesannya :
Gambar 5.11 message box “Room has been update”
5.6.3.2 Check-out
Menu check-out ketika tamu hendak membayar sewa kamar (check-out) yakni sebagai berikut :
Gambar 5.12 Menu Check-out
Untuk melaksanakan check-out, user akan menekan tombol check-out pada sajian strip(on top) atau ditengah layar kemudian form seperti yang diatas akan mucul. Yang harus dilakukan user adalah menentukan kamar tamu yang hendak check-out kamudian menekan tombol search untuk mendapat datanya. Jika data yang dicari didapat maka akan muncul pesan ibarat gambar 5.13 Setelah mendapat data user akan menginput sisa bayar sewa kamar oleh tamu.
User memasukkan nominalnya kemudian menekan tombol save untuk menyimpan transaksi.
Gambar 5.13 message box “Check-in id Found!”
5.6.3.3 Edit-in
Menu edit-in akan dibuka jikalau ada penambahan usang menginap oleh tamu atau saat tamu hendak membatalkan sewa kamar akan tetapi uang muka sudah dibayar, maka user akan membuka form berikut ini :
Gambar 3.14 Menu edit-in
Yang harus dilakukan user adalah menginputkan id check-in tamu hotel dan menekan tombol search. setelah data didapatkan maka user bisa merubah tanggal check-out (menambah usang check-in). User juga sanggup menambah uang muka bila tamu diwajibkan untuk menambah nominal uang muka. Dan apabila tamu ingin melaksanakan abolisi check-in kamar, maka user dapat eksklusif saja menekan cancel yang ada di combo box, status kamar secara otomatis akan terupdate menjadi kosong.
5.6.3.4 Log-off
Apabila user menentukan sajian log off maka aplikasi akan kembali ke sajian login. Hanya saja di sajian ini hanya textbox password yang kosong sehingga user tinggal mengisi passwordnya saja.
5.6.3.5 Hide
User juga boleh menghiden aplikasi jikalau user ingin menakses aplikasi selain aplikasi hotel ini, jikalau user ingin kembali mengakses aplikasi ini user tinggal menentukan tombol show form di sajian bar, berikut tampilannya :
Gambar 5.15 Hide feature
5.6.3.6 Exit
Apabila user menentukan Exit maka aplikasi akan muncul MessageBox konfirmasi. Apabila menentukan yes maka aplikasi hotel ini akan menutup program. Apabila menentukan no maka tidak terjadi apa-apa. Berikut yakni message –box (konfimasi) yang akan muncul jikalau anda menekan tombol exit :
Gambar 5.16 exit application
5.6.4 Menu Report
Menu Report memiliki sub sajian yaitu report dari Petugas Hotel De’qur, report data tamu, report kamar, report check-in dan check-out tamu.
5.6.4.1 Data Check-in
Adapun tampilan report check-in-out oleh tamu yakni sebagai berikut :
Gambar 5.17 Report check-in-out
Di report check-in-out dapat mereview data-data tamu yang telah melaksanakan check-in dan check-out. data tamu yang ada sanggup disortir secara tanggal check-out tamu.
5.6.4.2 Data Check-out
User dapat mereview data transaksi tamu di Report check-out (transaksi. Data disortir sesuai dengan tanggal out tamu.
Gambar 5.18 Report Check-out
5.6.4.3 Data Tamu
User sanggup mereview data tamu yang pernah check-in atau pun check-out di hotel. Berikut pola tampilan report data tamu :
Gambar 5.19 Report Tamu
5.6.4.4 Data Petugas
User sanggup mereview data petugas hotel lengkap dengan alamat dan nomor telepon. Berikut tampilan report data petugas :
Gambar 5.20 Report Petugas
5.6.4.5 Data Kamar
User sanggup mereview data kamar hotel disortir lengkap dengan status terisi atau kosong. Berikut tampilan report data petugas :
Gambar 5.21 Report Data Kamar
5.6.5 Menu Administrator
Menu eksekutif atau juga sering disebut master data sanggup diakses melalui tombol admin. Tombol admin ini mempunyai sub sajian diantara yaitu edit data kamar, edit data tamu, dan edit data petugas. Selain mengakses lewat sajian strip (on top)sub sajian ini juga sanggup diakses eksklusif lewat sajian utama.
5.6.5.1 Edit Data Petugas
Menu Edit Data Petugas Hotel merupakan sajian yang bekerjasama dengan login ke aplikasi dan pengeditan data – data petugas hotel. Untuk memulai meng-input data petugas, user diharuskan menekan tombol “New” sesudah itu gres meng-input-kan data. Apabila user telah selesai meng-input maka tekan tombol “Save” untuk menyimpan. Apabila akan menghapus atau meng-edit data, pilih data yang ada di list view. Setelah data dipilih kemudian tekan tombol “Delete” untuk menghapus atau tekan tombol “Edit” untuk meng-edit. Jika petugas yang bersangkutan mempunyai photo file, user dapat menambahkannya dengan menekan tombol browsing. Berikut tampilan sajian edit data petugas :
Gambar 5.22 form Edit Data Petugas
5.6.5.2 Edit Data Tamu
Menu Edit Data Tamu Hotel merupakan sajian pengeditan data – data tamu hotel, contohnya pergantian id tamu, alamat ataupun nomor telepon. Jika user ingin meng-input data tamu, user diharuskan menekan tombol “New” sesudah itu gres meng-input-kan data. Apabila user telah selesai meng-input maka tekan tombol “Save” untuk menyimpan. Apabila akan menghapus atau meng-edit data, search data id tamu yang ingin di-edit kemudian edit data di kolomnya masing-masing sesudah itu tekan tombol “update”. Jika data berhasil diupdate maka akan muncul pesan ibarat gambar 5.24. Apabila ingin menghapus data tamu, search id tamu yang ingin dihapus sesudah data ditemukan kemudian tekan tombol “Delete”. Berikut form edit data tamu :
Gambar 5.23 form edit Data Tamu
Gambar 5.24 Message box “Guest id has been update”
5.6.5.3 Edit Data Kamar
Menu Edit Data Kamar Hotel merupakan sajian pengeditan data – data kamar hotel yang sudah diinputkan saat pertama kali kegiatan dijalankan, form ini berfungsi untuk mengapdate tipe kamar, nomor kamar, harga dan status kamar jikalau diperlukan. Jika user ingin meng-input data kamar, user diharuskan menekan tombol “New” sesudah itu gres meng-input-kan data di kolom yang sudah tersedia. Apabila user telah selesai meng-input maka tekan tombol “Save” untuk menyimpan. Apabila akan menghapus atau meng-edit data, search data nomor kamar yang ingin di-edit kemudian edit data di kolomnya masing-masing sesudah itu tekan tombol “update”. Berikut form edit data kamar :
Gambar 5.25 form Edit Data Kamar
Apabila ingin menghapus data tamu, search nomor kamar yang ingin dihapus sesudah data ditemukan kemudian tekan tombol “Delete”. Dan bila muncul message box seperti gambar 5.26, maka data kamar sudah terhapus :
Gambar 5.26 Message box “room has been delete”
5.6.6 Menu View
Menu view berfungsi untuk melihat dan menunjukkan kemudahan kamar kepada tamu jikalau diminta, petugas sanggup menunjukkan form ini, selain itu petugas juga sanggup menunjukkan lokasi lokasi pariwisata yang terdekat dari hotel jikalau diperlukan. Sub sajian yang ada di sajian ini antara lain yaitu Deluxe, Family, Suite, Standar, dan Meeting Room. Berikut preview Deluxe :
Gambar 5.27 View Deluxe
5.6.7 Menu Map
Menu Map berfungsi untuk melihat dan menunjukkan sketsa hotel jikalau tamu tidak membutuhkan roomboy atau barang bawaan yang sedikit. Selain itu petugas juga sanggup menunjukkan susukan cepat menuju hotel dari tempat-tempat belanja disekitaran hotel. Sub sajian yang ada di sajian ini antara lain yaitu Denah Hotel, Lokasi Hotel dan Parawisata. Berikut preview Lokasi Hotel:
Gambar 5.28 Lokasi hotel
5.6.8 Menu Help
Menu Help memiliki sub sajian yaitu About Hotel, About Program, System info, dan Contack Us. Berikut yakni preview About Program :
Gambar 5.29 About Program
Dapatkan Source Code Hanya $9.9
Tags : Aplikasi Hotel, Data Check-in, Laporan Hotel
0 Response to "✔ Kiprah Final Part 3 Of 4"
Posting Komentar