iklan

✔ Kiprah Final Part 3 Of 4

4.2 Struktur Menu
 Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4

Gambar  4.10  Struktur Menu Aplikasi Hotel De’qur



4.3 Rancangan Antar muka
4.4.1Form Login
 Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
 Gambar 4.11 - Form Login
4.4.2              Form Menu Utama
Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
Gambar 4.12 – Form Menu Utama
4.2.2              Form Petugas
 Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
Gambar 4.13 – Form Petugas

4.2.3              Form Data Kamar
 Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
 Gambar 4.14 – Form Kamar
4.2.4              Form Data Tamu
 Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
                            Gambar 4.15 – Form Tamu

4.2.5              Form Check-In

Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4 
Gambar 4.16 – Form Check-In

4.2.6              Form Check-Out
 Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
  Gambar 4.17 – Form Check-Out

4.2.7               Form Edit In

Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
 Gambar 4.18 – Form Edit In



4.5 Rancangan Database
4.5.1Tabel Petugas

Tabel 4.1 Tabel Petugas (Login)

No
Nama Kolom
Tipe
Panjang
Kunci
1.
Id_petugas
Varchar
30
PK
2.
User_Name
Varchar
30

4.
Password
Varchar
15

5.
Alamat
Varchar
50

6.
No_telepon
Varchar
15

7.
Foto
Image




4.5.2         Tabel Tamu

Tabel 4.2 Tabel Tamu
No
Nama Kolom
Tipe
Panjang
Kunci
1.
Id_tamu
Varchar
30
PK
2.
Nama_tamu
Varchar
30

4.
Alamat
Varchar
50

5.
Kota
Varchar
15

6.
No_telepon
Varchar
15



4.5.3         Tabel Kamar

Tabel 4.3 Tabel Kamar
No
Nama Kolom
Tipe
Panjang
Kunci
1.
Id_kamar
Varchar
30
PK
2.
Tipe
Varchar
15

4.
Harga
Int


5.
Status
Varchar
15



4.5.4         Tabel Check-In

Tabel 4.4 Tabel Check-In
No
Nama Kolom
Tipe
Panjang
Kunci
1.
Id_checkin
Varchar
30
PK
2.
Id_tamu
Varchar
30
FK
4.
Id_kamar
Varchar
30
FK
5.
Tgl_checkin
Varchar
30

6.
Tgl_checkout
Varchar
30

7.
Lama_menginap
Int


8.
Uang_muka
Int


9.
Cancel
Varchar
50


4.5.5         Tabel Check-Out

Tabel 4.5 Tabel Check-Out
No
Nama Kolom
Tipe
Panjang
Kunci
1.
Id_checkin
Varchar
30
FK
2.
Total
Int


4.
Bayar
Int


5.
Kembali
Int





4.6 Relasi Tabel
 Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4

Gambar 4.19 – Relasi Tabel





BAB V

IMPLEMENTASI

5.1      Implementasi

Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan, dan pengembangan perangkat lunak yang terdiri dari beberapa klarifikasi yang membahas wacana Lingkungan Implementasi, Batasan Implementasi, dan Imlementasi Program. Dalam implementasi sistem, penulis telah menyiapkan apa yang dibutuhkan oleh sistem warta hotel de’qur.

5.2      Lingkungan Implementasi

Untuk mendukung implementasi yang akan diterapkan pada lingkungan implementasi dengan tujuan agar tahapan implementasi sanggup berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan, maka dari itu penulis memakai perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software) yang sangat menunjang dalam hal penciptaan, pembangunan, dan pengembangan web ini.

5.3.1   Spesifikasi Perangkat Keras (Hardware)

Spesifikasi perankat keras (Hardware) yang dipakai dalam pengembangan aplikasi ini yakni sebagai berikut :
Tabel 5. 1 Spesifikasi Perangkat Keras
Perangkat Keras (Hardware)
Spesifikasi
Processor
Intel Core 2 Duo processor T5550 1,83 ghZ,667mhZ FSB, 2MB L2 cache
Memory
512 MB DDR2
Hardisk
160 GB
VGA
128 MB
Printer
Canon

Tabel 5. 2 Spesifikasi Perangkat Lunak
No.
Perangkat Lunak (Software)
Keterangan
1
Operating System
Windows XP / Windows 7
2
Bahasa Pemograman
VB.NET
3
Database
SQL Server
4
Report
Crystal Report

5.4      Batasan Implementasi

Yang dimaksudkan penulis di sini mengenai Batasan Implementasi yakni membuktikan ruang lingkup implementasi agar menjadi lebih jelas. Batasan Implementasi aplikasi ini yakni sebagai berikut :
1.         Perangkat lunak masih merupakan Waterfall.
2.        Proses yang ditangani lebih terfokus pada proses pengolahan data check-in, check-out dan laporan bulanan
3.        Perangkat Lunak yang dikembangkan, nantinya akan disimpan di komputer resepsionis dan juga sanggup diakses oleh komputer bab accounting.

5.5      Implementasi Program

Pada tahapan ini akan dijelaskan mengenai kelas (Class), database dan implementasi user interface

5.5.1   Implementasi Kelas (Class)

Berikut di bawah ini yakni merupakan daftar kelas pada masing-masing bab perangkat lunak.
a.  Admin
Tabel 5.3 Implementasi Admin
No
Kelas Perancangan
Kelas  Implementasi
1
Login Admin
Login
2
Kelola Data Pegawai
Insert Data Pegawai
Update Data Pegawai
Delete Data Pegawai
3
Kelola Data Kamar
Insert Data Kamar
Update Data Kamar
Delete Data Kamar
4
Kelola Data Tamu
Insert Data Tamu
Update Data Tamu
Delete Data Tamu
5
Laporan Data Check In
View Data Check In
Print Laporan
6
Laporan Data Check Out
View Data Check Out
Print Laporan
7
Laporan Data Tamu
View Data Tamu
Print Laporan
8
Laporan Data Kamar
View Data Kamar
Print Laporan
9
Laporan Data Petugas
View Data Petugas
Print Laporan


b.  Resepsionis ( Operator )
Tabel 5.4 Implementasi Operator
No
Kelas Perancangan
Kelas  Implementasi
1
Login Operator
Login Operator
2
Menu Check In
Check In Tamu
3
Menu Check Out
Check Out Tamu
4
Menu Edit In
Edit In Data Tamu
5
Log Off
Log Off Aplikasi
6
Hide
Hide/Minimize Aplikasi
7
View All Data Kamar
View Data Kamar
8
Map
View Denah Hotel
View Lokasi Hotel
Peta Wisata Kota Bandung
9
Menu Help
About Hotel
About Program
System Info
Contact Us


Tabel 5.6 Implementasi Database
No
Tabel Implementasi
Atribut
1
Ph_tamu
*ID
ID_TAMU
NAMA
ALAMAT
KOTA
NO_TELEPON
int (11)
Varchar (30)
Varchar (30)
varchar (50)
varchar (15)
varchar (50)
2
Ph_petugas
*ID
ID_PETUGAS
USER_NAME
PASSWORD
ALAMAT
NO_TELEPON
FOTO
int(11)
Varchar (30)
Varchar (30)
Varchar (15)
Varchar (50)
Varchar (15)
image
3
Ph_Kamar
*ID
ID_KAMAR
TIPE
HARGA
STATUS
int (11)
Varchar (30)
Varchar (15)
int
Varchar (15)


4
Ph_CheckIn
*ID
ID_CHECKIN
ID_TAMU
ID_KAMAR
TGL_CHECKIN
TGL_CHECKOUT
LAMA_MENGINAP
UANG_MUKA
CANCEL
int (11)
Varchar (30)
Varchar (30)
Varchar (30)
varchar (30)
varchar (30)
int
int
varchar(50)
5
Ph_CheckOUT
*ID
ID_CHECKIN
TOTAL
BAYAR
KEMBALI
int (11)

varchar(30)

int

int
int

5.6   Implementasi User Interface


Implementasi user interface yakni merupakan hasil dari perancangan user interface yang sebelumnya sudah dilakukan pada tahapan perancangan.

5.6.1  Login
     Login merupakan tampilan pertama kali yang muncul dari Aplikasi Hotel De’qur saat user menjalankan program. Dimenu ini user diharuskan meng-input username dan password. Apabila username dan password sesuai, maka akan muncul MessageBox sukses, kemudian user sanggup melanjutkan ke sajian utama. Kalau tidak, maka akan muncul MessageBox error dan apabila menekan tombol login tetapi tidak mengisi TextBox maka akan muncul MessageBox error juga. Disini juga terdapat tombol keluar yang berfungsi akan keluar dari aplikasi.
Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
Gambar 5.1. Form login Hotel De’Qur Bandung
     Apabila user name yang anda masukkan benar akan muncul foto pengguna dan jikalau password benar maka akan muncul pesan ibarat dibawah ini. Lalu tekan ok untuk mulai masuk ke form utama.
Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
Gambar 5.2 message box “Login Sukses”

       Jika anda memasukkan password yang salah maka message box yang akan muncul yakni :
Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
Gambar 5.3 message box “Login Failed”

Jika anda tidak menginput user namedi kolom user name atau password di kolom password maka message box yang akan muncul yakni :
Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
Gambar 5.4 message boxuser name and password empty”



5.6.2  Menu Utama
Menu Utama merupakan tampilan aplikasi sesudah user login. Disini disediakan dua pilihan sajian yaitu sajian yang ada pada sajian strip(on top) dan sajian yang eksklusif ada di tampilan form sajian utama. User sanggup memulai untuk menjalankan suatu pekerjaan dengan sajian yang ada di beberapa sajian strip atau eksklusif ke sajian yang ada di tampilan form utama.
Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
Gambar 5.5 Menu Utama
      Menu yang ada di tengah layar merupakan jalan pintah (shout cut) dari sajian strip(on top) yang ada di atas. Adapun yang sanggup diakses eksklusif dari layar tengah diantaranya yakni check-in, check-out, edit-in, report in-out, report kamar, report tamu, edit data petugas, edit data tamu, dan edit data kamar. Sedangkan sajian lain user dapat mengakses dari sajian strip (on top).



5.6.3  Menu Home
Di sajian home terdapat beberapa tombol utama aplikasi yaitu check-in, check-out, edit-in, log-off, hide, dan exit.
5.6.3.1 Check-in
Adapun tampilan sajian check-in ketika tamu hendak mendaftar kamar (check-in) yakni sebagai berikut :
Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
Gambar 5.6 Menu check-in

Di form ini user akan menginput data tamu terlebih dahulu diantaranya yaitu Nama, id tamu, alamat, kota/kecamatan, dan nomor telepon kemudian user menekan tombol save untuk menyimpan data tamu. Jika data salah satu kolom tidak terisi maka akan muncul pesan kepada user bahwa data dilarang kosong.

Dibawah ini yakni message box yang akan muncul jikalau ada kolom data tamu yang belum terisi :
Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
Gambar 5.7 Peringatan data kosong

Jika id tamu yang akan diisi sudah terisi sebelumnya maka akan muncul message box yang mengkonfirmasi bahwa id check-in yang sudah terisi sudah tersimpan lebih dulu, berikut tampilan formnya :
Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
Gambar 5.8 message box “Guest id Already saved!”

Jika data tamu diisi dengan lengkap dan tidak ada hambatan, maka user bisa menyimpan data tamu kedalam database sesudah muncul pesan ibarat berikut : 
Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
Gambar 5.9 message box “save changes”
Jika data yang diisi sudah lengkap dan akuran maka user akan menekan tombol “yes” untuk menyimpan data. akan berhasil disimpan jikalau saat menekan tombol “save”  muncul pesan “data has bee saved!!” berikut pola pesannya :
Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
Gambar 5.10 message box “data has been save”

Jika data tamu sudah tersimpan, maka langkah selanjutnya yang dilakukan user adalah menentukan nomor kamar yang akan ditempati, user akan melihat data kamar-kamar yang kosong saat menekan tombol panah (combo box). Status kamar yang dipilih nantinya akan  menjadi terisi dengan otomatis sehingga tidak merepotkan user untuk mengupdate data kamar. Kemudian user memilih tanggal check-out tamu di tombol data time picker, setelah dipilih maka usang menginap tamu akan terhitung secara otomatis. User menginputkan uang muka di kolom uang muka sesudah tamu menyetujui jumlah uang muka. Untuk id check-in user akan mendapat secara otomatis sesudah menekan tombol get id. Langkah terakhir yang dilakukan user di form ini yakni menekan tombol save untuk menyimpan data check-in. Jika data tersimpan maka kamar akan terupdate menjadi kosong, berikut pesannya :

Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
Gambar 5.11 message box “Room has been update”



5.6.3.2        Check-out
Menu check-out ketika tamu hendak membayar sewa kamar (check-out) yakni sebagai berikut :
Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
Gambar 5.12 Menu Check-out
Untuk melaksanakan check-out, user akan menekan tombol check-out pada sajian strip(on top) atau ditengah layar kemudian form seperti yang diatas akan mucul. Yang harus dilakukan user adalah menentukan kamar tamu yang hendak check-out kamudian menekan tombol search untuk mendapat datanya. Jika data yang dicari didapat maka akan muncul pesan ibarat gambar 5.13 Setelah mendapat data user akan menginput sisa bayar sewa kamar oleh tamu.
  User memasukkan nominalnya kemudian menekan tombol save untuk menyimpan transaksi.
Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
Gambar 5.13 message box “Check-in id Found!”



5.6.3.3   Edit-in
Menu edit-in akan dibuka jikalau ada penambahan usang menginap oleh tamu atau saat tamu hendak membatalkan sewa kamar akan tetapi uang muka sudah dibayar, maka user akan membuka form  berikut ini :

Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
Gambar 3.14 Menu edit-in
Yang harus dilakukan user adalah menginputkan id check-in tamu hotel dan menekan tombol search. setelah data didapatkan maka user bisa merubah tanggal check-out (menambah usang check-in). User juga sanggup menambah uang muka bila tamu diwajibkan untuk menambah nominal uang muka. Dan apabila tamu ingin melaksanakan abolisi check-in kamar, maka user dapat eksklusif saja menekan cancel yang ada di combo box, status kamar secara otomatis akan terupdate menjadi kosong.

5.6.3.4        Log-off
Apabila user menentukan sajian log off maka aplikasi akan kembali ke sajian login. Hanya saja di sajian ini hanya textbox password yang kosong sehingga user tinggal mengisi passwordnya saja.

5.6.3.5        Hide
            User juga boleh menghiden aplikasi jikalau user ingin menakses aplikasi selain aplikasi hotel ini, jikalau user ingin kembali mengakses aplikasi ini user tinggal menentukan tombol show form di sajian bar, berikut tampilannya :

Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
Gambar 5.15 Hide feature
5.6.3.6        Exit
Apabila user menentukan Exit maka aplikasi akan muncul MessageBox konfirmasi. Apabila menentukan yes maka aplikasi hotel ini akan menutup program. Apabila menentukan no maka tidak terjadi apa-apa. Berikut yakni message –box (konfimasi) yang akan muncul jikalau anda menekan tombol exit :
Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
Gambar 5.16 exit application




5.6.4  Menu Report
Menu Report memiliki sub sajian yaitu report dari Petugas Hotel De’qur, report data tamu, report kamar, report check-in dan check-out tamu.
5.6.4.1 Data Check-in
Adapun tampilan report check-in-out oleh tamu yakni sebagai berikut :
Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
Gambar 5.17 Report check-in-out
   Di report check-in-out dapat mereview data-data tamu yang telah melaksanakan check-in dan check-out. data tamu yang ada sanggup disortir secara tanggal check-out tamu.
5.6.4.2 Data Check-out
            User dapat mereview data transaksi tamu di Report check-out (transaksi. Data disortir sesuai dengan tanggal out tamu.
Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
Gambar 5.18 Report Check-out
5.6.4.3 Data Tamu
            User sanggup mereview data tamu yang pernah check-in atau pun check-out di hotel. Berikut pola tampilan report data tamu :
Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
Gambar 5.19 Report Tamu
5.6.4.4 Data Petugas
            User sanggup mereview data petugas hotel lengkap dengan alamat dan nomor telepon. Berikut tampilan report data petugas :
Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
Gambar 5.20 Report Petugas
5.6.4.5 Data Kamar
            User sanggup mereview data kamar hotel disortir lengkap dengan status terisi atau kosong. Berikut tampilan report data petugas :
Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
Gambar 5.21 Report Data Kamar



5.6.5   Menu Administrator
               Menu eksekutif atau juga sering disebut master data sanggup diakses melalui tombol admin. Tombol admin ini mempunyai sub sajian diantara yaitu edit data kamar, edit data tamu, dan edit data petugas. Selain mengakses lewat sajian strip (on top)sub sajian ini juga sanggup diakses eksklusif lewat sajian utama.
5.6.5.1 Edit Data Petugas   
Menu Edit Data Petugas Hotel merupakan sajian yang bekerjasama dengan login ke aplikasi dan pengeditan data – data petugas hotel. Untuk memulai meng-input data petugas, user diharuskan menekan tombol “New” sesudah itu gres meng-input-kan data. Apabila user telah selesai meng-input maka tekan tombol “Save” untuk menyimpan. Apabila akan menghapus atau meng-edit data, pilih data yang ada di list view. Setelah data dipilih kemudian tekan tombol “Delete” untuk menghapus atau tekan tombol “Edit” untuk meng-edit. Jika petugas yang bersangkutan mempunyai photo file, user dapat menambahkannya dengan menekan tombol browsing. Berikut tampilan sajian edit data petugas :
Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
Gambar 5.22 form Edit Data Petugas
5.6.5.2 Edit Data Tamu
Menu Edit Data Tamu Hotel merupakan sajian pengeditan data – data tamu hotel, contohnya pergantian id tamu, alamat ataupun nomor telepon. Jika user ingin  meng-input data tamu, user diharuskan menekan tombol “New” sesudah itu gres meng-input-kan data. Apabila user telah selesai meng-input maka tekan tombol “Save” untuk menyimpan. Apabila akan menghapus atau meng-edit data, search data id tamu yang ingin di-edit kemudian edit data di kolomnya masing-masing sesudah itu tekan tombol “update”. Jika data berhasil diupdate maka akan muncul pesan ibarat gambar 5.24.  Apabila ingin menghapus data tamu, search id tamu yang ingin dihapus sesudah data ditemukan kemudian tekan tombol “Delete”. Berikut form edit data tamu :
Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
Gambar 5.23 form edit Data Tamu

Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
Gambar 5.24 Message box “Guest id has been update”
5.6.5.3 Edit Data Kamar
Menu Edit Data Kamar Hotel merupakan sajian pengeditan data – data kamar hotel yang sudah diinputkan saat pertama kali kegiatan dijalankan, form ini berfungsi untuk mengapdate tipe kamar, nomor kamar, harga dan status kamar jikalau diperlukan. Jika user ingin  meng-input data kamar, user diharuskan menekan tombol “New” sesudah itu gres meng-input-kan data di kolom yang sudah tersedia. Apabila user telah selesai meng-input maka tekan tombol “Save” untuk menyimpan. Apabila akan menghapus atau meng-edit data, search data nomor kamar yang ingin di-edit kemudian edit data di kolomnya masing-masing sesudah itu tekan tombol “update”. Berikut form edit data kamar :
Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
Gambar 5.25 form Edit Data Kamar
    Apabila ingin menghapus data tamu, search nomor kamar yang ingin dihapus sesudah data ditemukan kemudian tekan tombol “Delete”. Dan bila muncul message box seperti gambar 5.26, maka data kamar sudah terhapus :
Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
Gambar 5.26 Message box “room has been delete”



5.6.6   Menu View
Menu view berfungsi untuk melihat dan menunjukkan kemudahan kamar kepada tamu jikalau diminta, petugas sanggup menunjukkan form ini, selain itu petugas juga sanggup menunjukkan lokasi lokasi pariwisata yang terdekat dari hotel jikalau diperlukan. Sub sajian yang ada di sajian ini antara lain yaitu Deluxe, Family, Suite, Standar, dan Meeting Room. Berikut preview Deluxe :
Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
Gambar 5.27 View Deluxe




5.6.7   Menu Map
Menu Map berfungsi untuk melihat dan menunjukkan sketsa hotel jikalau tamu tidak membutuhkan roomboy atau barang bawaan yang sedikit. Selain itu petugas juga sanggup menunjukkan susukan cepat menuju hotel dari tempat-tempat belanja disekitaran hotel. Sub sajian yang ada di sajian ini antara lain yaitu Denah Hotel, Lokasi Hotel dan Parawisata. Berikut preview Lokasi Hotel:
Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
Gambar 5.28 Lokasi hotel




5.6.8   Menu Help
Menu Help memiliki sub sajian yaitu About Hotel, About Program, System info, dan Contack Us. Berikut yakni preview About Program :
Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4
Gambar 5.29 About Program



Dapatkan Source Code Hanya $9.9
Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan ✔ TUGAS AKHIR PART 3 of 4 Tags : Aplikasi Hotel, Data Check-in, Laporan Hotel
Sumber http://promilladyfem.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Kiprah Final Part 3 Of 4"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel