iklan

Hati : Merupakan Salah Satu Alat Ekskresi Pada Manusia

Hati terletak didalam rongga perut sebelah kanan Hati : Merupakan Salah Satu Alat Ekskresi Pada ManusiaHati terletak didalam rongga perut sebelah kanan, dibawah diafragma. Hati merupakan kelenjar terbesar yang terdapat didalam tubuh, terbagi menjadi dua bab utama, yaitu kiri dan kanan. Permukaan atas hati berbentuk cembung, sedangkan permukaan bawahnya tidak rata dan banyak terdapat lekukan.

Sebagai kelenjar pengeluaran, hati menghasilkan empedu (berupa cairan kuning kehijauan yang berasa pahit dan akan dikeluarkannya kedalam usus halus untuk membantu proses pencernaan) yang disimpan didalam kantung empedu. 

Hati berperan didalam perombakan sel darah merah yang telah renta dan rusak. Dari hasil perombakan sel darah merah, zat yang masih mempunyai kegunaan menyerupai besi, akan dimanfaatkan kembali untuk pembuatan sel darah merah yang baru. Sedangkan materi yang tidak mempunyai kegunaan akan diubah menjadi zat warna empedu (berperan dalam pertolongan warna pada feses dan urine). 

Selain itu juga hati berperan dalam pembentukan urea. bagaimanakah prosesnya? Asam amino yang diserap oleh darah dan diterima oleh hati akan dipecahkan. Dari proses pemecahan ini dihasilkan amonia yang bersifat racun bagi tubuh. Didalam hati, amonia tersebut akan diubah menjadi urea untuk dikeluarkan melalui urine. 

Fungsi lainnya dari hati yaitu :
  1. Mengurangi sifat racun (detoksifikasi) materi yang masuk dalam badan menyerupai obat - obatan.
  2. Menyimpan materi makanan, contohnya glukosa yang kana disimpan dalam  bentuk glikogen.

Sumber http://baityjanaty.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Hati : Merupakan Salah Satu Alat Ekskresi Pada Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel