iklan

Pengertian Tulang Keras

Pengertian tulang keras - Tulang itu tergolong menjadi tulang rawan dan tulang keras. Jika dalam artikel sebelumnya kami sudah membahas wacana pengertian tulang rawan, maka dalam artikel ini kami akan menunjukkan klarifikasi wacana definisi tulang keras. Seperti apa itu tulang keras? Bagi kau yang belum tahu menyerupai apa yang dimaksud tulang keras, maka kau sanggup menyimak klarifikasi yang kami berikan ini wacana apa yang dimaksud dengan tulang keras itu. Di sini selain menjelaskan wacana apa arti tulang keras, juga kami jelaskan wacana ciri ciri tulang keras, macam macam tulang keras, dan fungsi tulang keras. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Tulang Keras

Tulang Keras (osteon) adalah tulang yang bersifat keras dan kaku yang susunannya terdiri dari fosfor dan zat kapur. Tulang keras sanggup juga disebut sebagai tulang sejati yang merupakan suatu alat gerak pasif maksudnya yaitu alat gerak yang sanggup berberak apabila digerakkan oleh otot.

Proses pembentukan tulang keras, sanggup terbentuk asal usulnya dari tulang rawan (Kartilago) yang memiliki rongga yang nantinya sanggup diisi oleh sel-sel pembentuk tulang atau osteoblas. Selanjutnya osteoblas akan membentuk sel-sel tulang atau osteosit, yang mana satuan osteosit akan melingkari pembuluh darah, kemudian sistem syaraf membentuk sistem havers matriks yang memiliki kandungan fosfor dan zat kapur sehingga menciptakan tulang menjadi keras dan terbentuklah tulang keras (osteon).

Ciri ciri Tulang Keras

Sebutkan ciri ciri tulang keras? ciri-ciri dari tulang keras ialah sebagai berikut ini:
  • Bersifat keras dan kaku.
  • Mudah patah.
  • Tersusun atas fosfor dan zat kapur.
  • Kurangnya zat perekat.
  • Susunan sel-sel tulang menyerupai bulat yang berlapis-lapis.

Macam macam Tulang Keras

Berdasarkan matriksnya tulang keras dibedakan menjadi 2 jelaskan? Berikut ini klarifikasi dari macam-macam tulang keras menurut matriknya.
  1. Tulang kompak ialah tulang yang matriksnya tersusun dengan rapat dan padat yang di dalamnya terkandung fosfor dan zat kapur. Tulang kompak pada osteosit (sel-sel tulangnya) tersusun membentuk sistem havers. Di bab tengah pada tulang kompak, sebagai teladan tulang pipa di bab tengahnya ada akses pembuluh darah, pembuluh saraf dan limfe, yang dikelilingi sel tulang.
  2. Tulang spons ialah tulang yang matriknya berongga serta tersusun oleh anyaman trabeculae (seperti cuilan genting) yang bentuknya pipih dan di dalamnya terkandung serat kalogen. Rongga yang ada pada tulang spons terisi oleh jaringan sumsum tulang.

Fungsi Tulang Keras

Fungsi tulang keras ialah sebagai berikut ini:
  • Untuk menjaga organ lunak yang berada di dalamnya
  • Sebagai kawasan melekatnya otot.
  • Untuk membantu acara insan dalam kerja berat.
  • Sebagai kawasan akses pembuluh darah dan juga lemak.

Itulah klarifikasi dari kami wacana apa itu pengertian tulang keras. Semoga dari klarifikasi di atas yang kami tulis dalam blog temukan pengertian ini sanggup menunjukkan mfaat bagi anda.

Sumber http://temukanpengertian.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Tulang Keras"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel