iklan

√ Norma Sosial : Pengertian, Tingkatan, Ciri, Macam Dan Fungsi Terlengkap

√ Norma Sosial : Pengertian, Tingkatan, Ciri, Macam dan Fungsi Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Norma Sosial.


Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Norma Sosial? Simak klarifikasi terlengkapnnya di bawah ini.


 


 Kali ini akan membahas mengenai Norma Sosial √ Norma Sosial : Pengertian, Tingkatan, Ciri, Macam dan Fungsi Terlengkap
√ Norma Sosial : Pengertian, Tingkatan, Ciri, Macam dan Fungsi Terlengkap

 


Pengertian Norma Sosial


 


Norma sosial merupakan seperangkat aturan yang disertai banyak sekali sanksi-sanksi baik tertulis maupun tidak yang berfungsi untuk sanggup memandu kehidupan sosial semua anggota masyarakat. Secara sederhana ini juga sanggup menyampaikan bahwa norma ialah apa yang sanggup menciptakan suatu tindakan sosial disebut normal.


Norma akan berkembang seiring dengan kesepakatan-kesepakatan sosial masyarakat di sekitarnya, sering juga disebut dengan peraturan sosial. Norma juga menyangkut banyak sekali perilaku-perilaku yang pantas dilakukan dalam menjalani kekerabatan sosialnya.


 


 


Ciri – Ciri Norma Sosial


 


1. Norma Sosial Pada Dasarnya Tidak Tertulis


Dalam masyarakat, Norma sosial tidak tertulis maksunya hanya diingat dan diserap serta di implementasikan dalam interkasi antara anggota kelompok penduduk.


 


2. Hasil Kesepatakan Bersama


Norma sosial ialah peraturan sosial yang difungsikan untuk mengarahkan sikap semua anggota masyarakat. Norma sosial ini juga sanggup dibuat dan disepakati bersama seluruh warga masyarakat.


 


3. Mendapatkan Perubahan


Sebagai aturan yang lahir dari proses interkasi sosial di masyarakat, arquetipo mengalami perubahan sesuai arah impian dan kebutuhan yang anggota masyarakat itu sendiri.


 


4. Ditaati Bersama


Norma sosial juga di daulat sebagai seperangkat aturan sosial untuk mengarahkan dan menertipkan sikap anggota masyarakat utk dari impian bersama. Dengan alasannya itu, norma didukung dan ditaati bersama.


Pelanggar norma mendapat saksi yaitu Direttiva sosial bersifat memaksa individu biar berperilaku untuk pantas dengan kehendak bersama. Hingga pelanggaran juga sanggup diberikansanksi dengan suatu tindakan atau daya ikat arquetipo.


 


 


Fungsi Norma Sosial


 



  • Norma sosial berfungsi sebagai suatu penentu untuk menilai sikap atau contoh tingkah laris seseorang didalam hubungannya dengan lingkungan masyarakat yang bersangkutan.

  • Norma sosial mendorong individu, kelompok, maupun masyarakat untuk mencapai suatu nilai sosial bersama lantaran norma sosial sendiri merupakan suatu kumpulan aturan atau sanksi.

  • Norma sosial berfungsi sebagai suatu patokan dasar yang dipahami dan ditaati oleh para anggota masyarakat mengenai contoh tingkah laris atau sikap yang baik dan benar.

  • Norma sosial tumbuh dan berkembang dalam masyarakat sebagai suatu unsur yang mengikat dan berfungsi untuk mengendalikan sikap para anggota masyarakat.


 


 


Tingkatan Norma Sosial


 


1. Cara (Usage)


Cara ialah sebuah bentuk perbuatan tertentu yang dilakukan individu dalam salahsatu masyarakat tetapi tidak terus-menerus. Contoh: cara makan yang masuk akal dan benar apabila tidak mengeluarkan bunyi ibarat hewan.


 


2. Kebiasaan (Folkways)


Kebiasaan merupakan suatu ukuran perbuatan berulang-ulang dengan motif yang sama yang dilakuin secara sadar dan punya tujuan-tujuan terperinci yang dianggap baik serta benar.


Contoh: Memberi hadiah kepada orang-orang yang berprestasi dalam salahsatu acara atau kedudukan, memakai baju yang anggun di waktu pesta.


 


3. Tata Kelakuan (Mores)


Tata kelakuan yakni sekumpulan dari perbuatan yang sanggup mencerminkan banyak sekali sifat-sifat hidup dari sekelompok insan yang sanggup dilakukan guna dalam melakukan sebuah pengawasan oleh sekelompok masyarakat bersama anggota-anggotanya.


Dalam tata kelakuan terdapat unsur memaksa atau melarang suatu perbuatan. Contoh : Melarang pembunuhan, pemerkosaan, serta menikahi saudara kandung.


 


4. Adat Istiadat (Custom)


Adat istiadat ialah suatu kumpulan tata kelakuan yang paling tinggi kedudukannya lantaran ini sanggup bersifat baka kemudian terintegrasi sangat berpengaruh bersama masyarakat yang memilikinya.


 


 


Macam – Macam Norma Sosial


 


1. Norma Agama


Norma agama yaitu salah satu norma yang berasal dari Tuhan yang juga dituangkan ke dalam fatwa agama atau suatu kepercayaan tertentu.


Inti dari norma ini yaitu biar insan sanggup dan harus bertakwa dan beriman, menjauhi segala larangan-Nya, dan menjalankan segala perintah-Nya.


 


2. Norma Kesusilaan


Norma kesusilaan ialah salah satu norma yang bertujuan biar insan juga mempunyai hati yang bersih. Norma ini tumbuh dan juga berkembang dari akal pekerti insan sendiri.


Sanksi terhadap suatu pelanggaran norma ini berupa celaan dari masyarakat ataupun perasaan dari diri sendiri.


 


3. Norma Kesopanan


Norma kesopanan ialah sebuah petunjuk hidup yang berasal dari suatu pergaulan segolongan insan dalam suatu masyarakat dan sanggup mengatur bagaimana seseorang yang harus bertingkah laris dalam kehidupan masyarakatnya.


 


4. Norma Kelaziman


Norma kelaziman ialah segala tindakan tertentu yang sanggup dianggap baik, patut, sopan, atau juga seakan-akan sudah ada dalam suatu kebiasaan sekelompok insan atau masyarakat.


Contohnya saja pada masyarakat Indonesia makan dengan memakai sendok, atau masyarakat Jepang makan dengan memakai sumpit.


 


5. Norma Hukum (Laws)


Norma aturan merupakan salah satu jenis norma yang sanksinya sangat terperinci dan juga tegas. Norma aturan sanggup juga dibedakan ke dalam dua jenis, yaitu norma tertulis (hukum pidana dan perdata) dan norma tidak tertulis (hukum adat).


 


Demikianlah klarifikasi terlengkap mengenai √ Norma Sosial : Pengertian, Tingkatan, Ciri, Macam dan Fungsi Terlengkap. Semoga bermanfaat dan sanggup menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


 


Baca Juga Artikel :







Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Norma Sosial : Pengertian, Tingkatan, Ciri, Macam Dan Fungsi Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel