iklan

√ Uterus (Rahim) : Pengertian, Fungsi, Struktur Dan Bab Terlengkap

√ Uterus (Rahim) : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Bagian Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Uterus (Rahim).


Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Uterus (Rahim)? Simak klarifikasi terlengkapnnya di bawah ini.


 


 Kali ini akan membahas mengenai Uterus  √ Uterus (Rahim) : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Bagian Terlengkap
√ Uterus (Rahim) : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Bagian Terlengkap

 


Pengertian Uterus (Rahim)


 


Rahim atau Uterus merupakan salah satu organ reproduksi betina yang utama pada kebanyakan mamalia, termasuk manusia.


Salah satu ujungnya yaitu servik, yang sanggup membuka ke dalam v@gin@, dan ujung satunya yang lebih luas, yang akan dianggap tubuh rahim, disambung di kedua sisi dengan tabung Fallopian.


Rahim terdapat dalam banyak sekali bentuk dan ukuran di organisme yang berbeda. Pada insan yaitu berbentuk buah pir dan seukuran telur ayam. Beberapa dari organisme menyerupai kucing dan babi, serta segala jenis karnivora yang lainnya mempunyai rahim bipartite.


Rahim ditempatkan di pelvis dan dorsal (dan biasanya agak kranial) ke kandung kemih dan ventral ke rektum. Rahim ditahan pada tempatnya oleh beberapa ligamen.


Di luar kehamilan, ukuran dari garis tengahnya yaitu beberapa sentimeter. Rahim kebanyakan terdiri dari otot. Lapisan permanen dari jaringan itu yang paling dalam disebut endometrium.


Pada kebanyakan mamalia, termasuk juga manusia, endometrium sanggup menciptakan lapisan pada waktu-waktu tertentu yang jikalau tak ada kehamilan terjadi maka sanggup dilepaskan atau menyerap kembali.


 


 


Fungsi Uterus (Rahim)


 



  • Sebagai daerah pertumbuhan dan perkembangan dari hasil pembuah sel ovum oleh sel sperma. Hasil fertilisasi ini akan tumbuh dan bermetamorfosis janin, ukurannya akan terus bertambah sampai datang waktunya melahirkan.

  • Uterus juga sanggup berfungsi untuk mengalirkan darah ke organ secual selama berafiliasi intim.

  • Uterus juga sanggup mempermudah sebuah proses persalinan dengan kontraksi otot – otot penyusunnya.

  • Komponen penyusun dari uterus juga sanggup membantu organ lain misalnya menyerupai kandung kemih, usus, tulang pelvis untuk menjalankan fungsinya dengan normal.


 


 


Struktur Uterus (Rahim)


 


1. Fundus Uteri


Fundus uteri ialah suatu pecahan atas uterus yang menyerupai dengan kubah. Pada pecahan ini Tuba Falloppi masuk ke uterus Pada masa kehamilan, tinggi dari fundus uteri sanggup membantu untuk memperikaran usia kehamilan seseorang.


 


2. Korpus Uteri


Korpus uteri yaitu salah satu pecahan tubuh uterus yang paling utama dan terbesar. Korpus uteri akan tampak menyempit di pecahan bawahnya dan berlanjut sebagai serviks.


 


3. Serviks Uteri


Serviks uteri atau yang juga sering kita sebut sebagai serviks saja merupakan pecahan penonjolan ke dalam v@gin@ pada dinding depan uterus.


Serviks uteri terdiri dari dua bagian, yaitu menyerupai berikut :



  • Pars v@gin@lis atau yang biasa juga disebut porsio serviks

  • Pars Suprav@gin@lis, yaitu pecahan serviks uteri yang terletak di atas v@gin@


Saluran yang terbentuk pada serviks disebut kanalis serviks, saluran ini berupa saluran lonjong dengan panjang sekitar 2,5 cm.


Pintu saluran serviks yang berada di dalam uterus juga disebut dengan ostium uteri internum, sedangkan pintu yang berada di dalam v@gin@ disebut ostium uteri eksternum.


 


 


Bagian – Bagian Uterus (Rahim)


 


1. Endometrium


Merupakan suatu lapisan selaput lendir yang disusun oleh jaringan epitel, kelenjar dan banyak pembuluh darah. Epitel penyusunnya yaitu epitel sebagai selapis silindris, banyak juga kelenjar yang memproduksi lendir pada pecahan ini.


Dua pertiga pecahan atas dari uterus dalam biasanya dilapisi oleh epitel silindris dengan selaput lendir, sedangkan pada pecahan sepertiga bawahnya dilapisi oleh epitel berlapis gepeng yang menyatu dengan epiter v@gin@.


Endometrium merupakan lapisan yang memegang tugas penting selama proses menstruasi (haid). Dinding endometrium inilah yang akan luruh bersamaan dengan sel ovum matang yang tidak sanggup dibuahi ketika masa menstruasi.


 


2. Myometrium


Myometrium yakni sebuah lapisan otot yang disusun oleh kumpulan otot polos. Bagian dalam pada lapisan ini kebanyakan disusun oleh otot yang berbentuk sirkuler (melingkar).


Sedangkan pada pecahan luarnya berbentuk longitudinal, dan diantara kedua lapisan tersebut terdapat juga lapisan oblik (lapisan paling berpengaruh dan mengandung banyak pembuluh darah).


Myometrium merupakan sebuah lapisan dinding yang paling tebal dari uterus. Fungsinya juga sangat penting pada masa pertumbuhan dan perkembangan janin.


 


3. Perimetrium


Perimetrium yaitu suatu lapisan terluar dari uterus, lapisan ini juga sering disebut dengan lapisan serosa. Perimetrium Merupakan juga sebuah membran berlapis ganda yang akan berlanjut ke abdomen dan disebut peritoneum.


Uterus tolong-menolong terapung di dalam rongga pelvis. Untuk mendukung posisinya tersebut ada beberapa jaringan ikat dan ligamentum yang menjadi penyokongnya sehingga sanggup terfikasasi dengan baik.


Berikut ini merupakan beberapa ligamen diantaranya :



  • Ligamentum Kardinale Sinistrum Et Dekstrum merupakan sebuah ligamentum terpenting yang mencegah uterus semoga tidak turun. Ligamentum ini juga terdiri atas jaringan tebal yang berjalan dari serviks dan puncak v@gin@ yang menuju arah samping dinding perlvis.

  • Ligamentum Sakro Uterinum Sinistrum Et Dekstrum ialah suatu ligamentum ini berfungsi untuk menahan uterus semoga tidak terlalu banyak bergerak, baik ke kiri maupun ke kanan.

  • Ligamentum Rotundum Sinistrum Et Dekstrum yakni salah satu ligamentum yang mempertahankan uterus dalam posusunya dari sudut fundus uteri kiri ke kanan. Pada masa kehamilan, seorang perempuan juga biasanya merasa sakit pada ketika bangun di derah pangkal paha alasannya tarikan dari ligamentum rotundum yang berkontraksi.

  • Ligamentum Latum Sinistrum Et Dekstrum yaitu tolong-menolong ligamentum ini tidak banyak membantu dalam fiksasi uterus, ia merupakan pecahan dari peritoneum yang mencakup uterus dan tuba falloppi dan berbentuk sebagai lipatan.

  • Ligamentum Infundibulo Pelvikum ialah salah satu ligamentum yang memfiksasi tuba fallopi danovarium ke dinding pelvis.


 


Demikianlah klarifikasi terlengkap mengenai √ Uterus (Rahim) : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Bagian Terlengkap. Semoga bermanfaat dan sanggup menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


 


Baca Juga Artikel :







Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Uterus (Rahim) : Pengertian, Fungsi, Struktur Dan Bab Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel