iklan

✔ Pengertian Penyakit Vertigo Dan Cara Penyembuhannya

Mengenal Penyakit Vertigo dan Pengobatannya

Pengertian Vertigo
Vertigo adalah dimana penderita merasa pusing disertai pengelihatan kabur dan berputar dikala melihat benda yang ada disekitarnya
Serangan vertigo sanggup dibedakan menjadi serangan vertigo ringan dan vertti berat dimana kalau penderita mengalami vertigo ringan penderita hanya merasa pusing berputar bersiklus dan sanggup melaksanakan aktifitasnya kalau oenderita mengalami vertigo berat penderita sudah tidak sanggup melaksanakan kegiatannya dan harus diparikan ke rumah sakit

Gejala vertigo
1.Pusing berputar
2.Sukar berjalan
3.mual
4.muntah
5.berkeringat, kadang disertai nistagmus (gerakan mata yang tidak normal)



Penyebab Vertigo 
1. Gangguan pada indera pendengaran cuilan dalam

Sebagian besar perkara penyakit vertigo terjadi ketika penderitanya tiba-tiba mengubah posisi kepala, menyerupai ketika berdiri atau berdiri dengan cepat. Vertigo jenis ini diakibatkan lantaran adanya persoalan yang terjadi di indera pendengaran cuilan dalam, yang dikenal dengan sebutan Vertigo Posisi Paroksismal Jinak ( Benign Paroxysmal Positional Vertigo / BPPV ). Inilah penyebab vertigo paling utama yang sering dijumpai.

Rasa pusing akhir Vertigo Posisi Paroksismal Jinak biasanya menghilang dalam beberapa menit. Gejala BPPV sanggup dipicu oleh perubahan posisi kepala ketika tidur, berbaring, membalik atau duduk di daerah tidur. Penderitanya juga mungkin mengalami ketidakseimbangan ketika berdiri atau berjalan. Meskipun BPPV sanggup menjadi persoalan yang sangat mengganggu, tetapi jarang menjadi sangat serius, kecuali kemungkinan untuk mengakibatkan penderitanya jatuh.

2. Penyakit sistem saraf pusat

Sistem saraf sentra mengatur keseimbangan tubuh. Gangguan sistem saraf sentra yang diakibatkan oleh penyakit menyerupai multiple sclerosis, tumor, kerusakan leher, atau stroke sanggup mengakibatkan vertigo. Solusi mengatasi penyakit vertigo jenis ini ialah dengan mengatasi penyakit penyebabnya serta dengan perbaikan sistem saraf pusat

3. Peradangan atau infkesi akhir virus dan bakteri

Peradangan atau Infeksi virus menyerupai pilek, flu, ataupun peradangan lainnya sanggup mempengaruhi indera pendengaran cuilan dalam sehingga jadinya sanggup menjadikan vertigo.

4. Masalah Penglihatan

Mata insan membantu dalam fungsi keseimbangan tubuh, sehingga ketika ada persoalan pada penglihatan, maka sanggup mengakibatkan gangguan keseimbangan tubuh kemudian memicu penyakit vertigo.

5. Penyakit Meniere

Penyakit Meniere merupakan penyakit langka yang mengakibatkan indera pendengaran cuilan dalam kebanjiran cairan yang mempengaruhi keseimbangan. Rasa pusing sanggup berlangsung selama setengah jam atau lebih lama.

Penyakit ini sanggup mengakibatkan vertigo yang sangat parah, dimana penderita juga sanggup mengalami kehilangan pendengaran.

Jika Anda menderita penyakit Meniere, serangannya akan tiba secara tiba-tiba selama berjam-jam bahkan berhari-hari yang sering mengakibatkan mual dan muntah.

Penyebab penyakit ini belum diketahui, tapi gejala-gejalanya sanggup dikendalikan dengan tumpuan makan serta obat yang sempurna dan jarang membutuhkan operasi sebagai tindak lanjut.

6. Migren

Jangan anggap sepele migrain, lantaran migren selain mengakibatkan sakit kepala sanggup juga mempengaruhi penglihatan. Vertigo yang disebabkan oleh penyakit migren sanggup berlangsung beberapa menit sampai beberapa hari.

Untuk mengatasi vertigo jenis ini, maka Anda harus menghindari pemicu migrain, dan obatilah migrain Anda sebelum berubah menjadi vertigo.



7. Cedera Bagian Kepala

Penyakit vertigo juga terkadang sanggup timbul akhir cedera pada kepala. Segeralah memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit kalau terjadi gejala-gejala vertigo, sehabis Anda mengalami cedera kepala.

Tidak Semua Pusing Adalah Vertigo

Tidak semua rasa pusing merupakan jenis vertigo. Pusing atau perasaan berputar ringan belum tentu disebabkan oleh vertigo. Tapi sanggup saja lantaran tekanan darah rendah, lapar, atau kecemasan.


Pengobatan Penyakit Vertigo
Rubah Gaya Hidup

Gaya hidup sehat akan memperlihatkan imbas yang sangat besar untuk gangguan vertigo. Beberapa orang yang sudah mengalami persoalan dengan vertigo sanggup melaksanakan beberapa tips dibawah ini :

Jika sering mengalami serangan vertigo singkat maka cobalah untuk membawa tongkat untuk membantu keseimbangan tubuh kalau terkena serangan. Anda sanggup mencobanya di rumah maupun di daerah umum.
Jika sering mengalami serangan vertigo maka cobalah untuk duduk di manapun serangan itu terjadi dan minta tunjangan kepada orang terdekat.
Hindari daerah umum yang ramai dan penyebab dada sesak lantaran sanggup memicu serangan vertigo.
Hindari membawa komputer atau gadget di dalam kendaraan.
Persiapkan diri ketika harus bepergian dengan pesawat sementara Anda mempunyai gangguan bisul indera pendengaran atau penyakit sinusitis.
Hindari daerah ramai yang memutar musik terlalu keras dan imbas cahaya yang terlalu kuat.
Konsumsi kudapan ketika sedang berada di kendaraan.
h. Konsumsi cukup air setiap hari untuk menghindari imbas kekurangan air putih yakni dehidrasi.
Berhenti untuk mengkonsumsi minuman yang mengandung ancaman alkohol dan ancaman kafein.
Jika mempunyai kebiasaan merokok maka mulailah untuk berhenti dari sekarang.
Jangan eksklusif berdiri ketika gres saja berdiri tidur lantaran sanggup mengakibatkan serangan pusing dalam waktu mendadak dan memicu vertigo.
Jika mendapat serangan vertigo maka cobalah untuk segera beristirahat sejenak baik duduk atau berbaring.
Perawatan Tradisional

Selain melaksanakan beberapa tips diatas maka anda juga sanggup mencoba untuk melaksanakan beberapa perawatan tradisional menyerupai dibawah ini :

1. Teh dan Jahe

Jahe menjadi salah satu obat yang sangat ampuh untuk mengatasi kepala sering pusing, vertigo, serta mual dan muntah lantaran sakit kepala berlebihan. Anda sanggup mencoba untuk menciptakan teh panas dengan gula sedikit kemudian tambahkan beberapa potong jahe mentah yang sudah bersih. Minuman ini akan menciptakan sakit kepala menjadi berkurang, mengurangi rasa mual dan muntah serta mengatasi persoalan tekanan darah.

Jahe juga merupakan rempah yang baik untuk :

cara mengobati asam lambung
cara menghilangkan amandel
makanan sehat untuk paru paru perokok
2. Madu dan Ketumbar

Anda sanggup mencoba untuk menciptakan ramuan madu dan ketumbar dengan cara menyeduh biji ketumbar. Rendam dalam air selama 24 jam kemudian ambil airnya. Anda juga sanggup menghangatkan airnya kemudian mencampurnya dengan madu serta minum selagi masih hangat. Bisa juga ditambahkan perasan air jeruk lemon semoga minuman terasa lebih segar.

3. Stroberi dan Yogurt

Stroberi dan yogurt sanggup menjadi suplemen kebutuhan nutrisi yang sangat baik untuk penderita vertigo. Anda sanggup mencoba dengan mengambil beberapa buah stroberi yang masih segar kemudian campur dengan yogurt. Konsumsi gabungan yogurt dan stroberi selama dua kali dalam seminggu dan rasakan khasiatnya.

Yogurt ini merupakan makanan sehat untuk :

makanan penurun kolesterol
cara menghilangkan basi mulut
4. Susu dan Kacang Almond

Kacang almond sanggup menjadi obat yang sangat nikmat untuk penderita vertigo. Anda sanggup mencoba menciptakan gabungan susu dan kacang almond dengan cara, menggiling kacang almond yang sudah matang. Kemudian campurkan dengan segelas susu hangat. Kacang almond dan susu hangat akan menciptakan tubuh menjadi lebih segar sehingga sanggup meringankan vertigo.

Susu dan kacang almond ini juga sanggup dikonsumsi sebagai :

makanan yang mengandung kalium
makanan sehat untuk penderita stroke
5. Jus Lemon

Jus lemon sanggup menjadi minuman yang sangat menyegarkan untuk penderita vertigo. Anda sanggup mengkonsumsi jus lemon segar dan campurkan taburan lada hitam di atasnya. Aduk minuman ini kemudian minum secara perlahan. Efek jus lemon yang segar dan lada hitam yang menyejukkan akan mengurangi rasa sakit kepala dan mual atau muntah.

Makanan untuk Penderita Vertigo

Selain melaksanakan beberapa langkah perawatan, ternyata nutrisi makanan tertentu juga sanggup membantu mengurangi vertigo. Konsumsi beberapa jenis nutrisi makanan tertentu seacara

Sumber http://duniapendidikandankesehatan.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Pengertian Penyakit Vertigo Dan Cara Penyembuhannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel