iklan

Pengertian Akuntansi Sumber Daya Manusia


Akuntansi Sumber Daya Manusia telah didefinisikan oleh Komite Akuntansi Sumber Daya Manusia dari American Accounting Association sebagai proses identifikasi dan pengukuran data mengenai sumber daya insan serta pengkomunikasian gosip ke pihak-pihak yang berkepentingan.

Dalam pengertian harfiah, “akuntansi sumber daya manusia” berarti akuntansi untuk insan sebagai suatu sumber daya organisasional. Hal ini melibatkan pengukuran biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan-perusahaan bisnis dan organisasi lainnya untuk merekrut, menyeleksi, mepekerjakan, melatih, dan membuatkan aktiva manusia. Akuntansi sumber daya insan juga melibatkan pengukuran terhadap nilai ekonomi dari insan bagi organisasi. Dengan demikian, akuntansi sumber daya insan berarti mengukur investasi yang dibentuk oleh organisasi dalam hal manusia, biaya untuk mengganti (gaji) orang-orang tersebut, dan nilai dari insan bagi perusahaan tersebut.
Istilah “akuntansi sumber daya manusia” sebaiknya tidak hanya dipandang secara harfiah, alasannya yaitu istilah tersebut juga mempunyai arti simbolis. Akuntansi sumber daya insan bukan hanya suatu sistem untuk mengukur biaya dan nilai insan bagi organisasi, melainkan juga suatu cara berpikir mengenai administrasi manusia. Akuntansi sumber daya insan mengusulkan kebutuhan untuk memandang insan sebagai sumber daya organisasional yang berharga, yaitu sumber daya yang nilainya sanggup ditingkatkan atau dihabiskan sebagai akhir dari cara-cara mana sumber daya tersebut dikelola.

Sumber http://accounting-media.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Akuntansi Sumber Daya Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel