iklan

Pengertian Pengaruh Beragun Aset


Sekuritisasi didefinisikan sebagai sebuah proses mempaketkan (packaging) derma individu atau perusahaan dan instrumen utang yang dikonversikan kepada sebuah instrumen investasi dan memperbaiki status kredit atau peringkatnya ditingkatkan untuk dijual kepada perusahaan. Adapun instrument atas hasil sekuritisasi ini dikenal dengan Efek Beragun Aset (EBA).

Sebagai contoh, Bank Tabungan negara (BTN) memiliki tagihan atas derma KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) dan BTN ingin mendapat dan lagi untuk mendanai KPR baru. BTN bekerja sama dengan aneka macam pihak yakni perusahaan sekuritas untuk menerbitkan EBA dengan jaminan tagihan atas KPR yang dimiliki oleh BTN tersebut.
Pertanyaan yang timbul yakni mengapa lembaga-lembaga tertentu menentukan sukiritisasi asetnya. Beberapa alasan yang sanggup dipahami mengapa perusahaan melaksanakan sekiritisasi asetnya yakni pertama, penerbit sekuritisasi tersebut mendapat biaya yang lebih rendah. Para investor lebih kondusif membeli instrumennya sebab jaminan atas instrument tersebut sehingga investor mau membeli dengan tingkat pengembalian yang rendah.
Kedua, adanya kesesuaian (matched) pendanaan dengan taktik pendanaan perusahaan. Dalam hal ini, perusahaan sanggup menyesuaikan pendanaannya dalam bentuk durasinya maupun dasar harganya.
Ketiga, dengan sekuritisasi maka perusahaan sanggup melaksanakan perhitungan akuntansi sesuai dengan prinsip akuntansi.
Keempat, adanya sekuritisasi menciptakan perusahaan sanggup menarik dana tanpa harus melaksanakan keterbukaan (disclosure) isu perusahaan.

Sumber artikel ini dari buku Reksa Dana Investasiku oleh Adler Haymans Manurung, Penerbit Buku Kompas. Terimakasih.

Sumber http://accounting-media.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Pengaruh Beragun Aset"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel