iklan

Mekanisme Perubahan Warna Daun Alasannya Ialah Usia

Nah masih menyangkut daun, ternyata daunpun mempunyai prosedur perubahan warna dikarekan usia, menyerupai halnya rambut kita yang bermetamorfosis putih. Bedanya jikalau daun beliau dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mengakibatkan beliau berubah warna salah satunya ya usia tersebut, selengkapnya simak ya artikel saya ini.

Proses fotosintesis dipengaruhi oleh umur daun dan hal tersebut akan besar lengan berkuasa terhadap perubahan warna daun, lantaran pada fotosintesis terdapat pigmen yang berafiliasi dengan warna daun (Susanto, 2008). Tanaman senantiasa tumbuh dan pucuk-pucuk daun akan muncul di ujung cabang. Tanaman muda intinya memerlukan intensitas cahaya yang relatif rendah, sehingga aktifitas fotosintesisnya tidak maksimum yang mengakibatkan warna daun berusia muda biasanya berwarna lebih pucat dibandingkan daun yang berusia tua 

Daun dengan umur muda akan berubah warna menjadi daun yang lebih hijau. Hal ini terkait dengan jumlah nutrisi yang didistribusikan ke daun. Daun yang mengalami penuaan cenderung mendapatkan nutrisi yang lebih banyak, sehingga daun bau tanah menerima lebih banyak klorofil. Oleh lantaran itu warna daun yang berumur bau tanah lebih hijau.

Pertambahan umur tanaman akan mengarah pada penurunan kondisi bahkan tamat hidup pada organ atau organisme. Bagian tamat dari perkembangan hingga hilangnya fungsi dan pengorganisasian disebut penuaan. Penuaan akan dialami semua sel di waktu yang berbeda-beda.

Salah satu cuilan tanaman yang mengalami penuaan yakni daun. Bagian daun mempunyai umur terbatas, daun yang bau tanah akan berubah warna lagi menjadi kekuning-kuningan dan balasannya merah kecoklatan, kemudian daun akan gugur. Proses menggugurkan daun akan diikuti oleh perubahan warna daun. Warna daun yang gugur akan berbeda dengan daun yang masih segar (kondisi optimal). Kondisi yang terjadi pada ketika penguguran daun yakni ketersediaan air tanah yang berada pada level rendah (Anonim b, 2011). Penguapan air yang terjadi tidak seimbang dengan kemampuan perembesan air oleh akar. Pengguguran daun dilakukan tanaman sebagai penyesuaian untuk mencegah kehilangan air yang berlebih dan membantu daur ulang zat-zat makanan.


Kondisi tersebut sanggup diamati pada isu terkini kemarau pada jenis tanaman tertentu. Ketersediaan air penting dalam proses fotosintesis, dengan berkurangnya air maka fotosintesis akan terhambat, sehingga yang terjadi yakni air terus menguap dan klorofil berkurang. Akibatnya warna daun bermetamorfosis kuning, kecoklatan dan balasannya gugur. 


Selama isu terkini kemarau, tanaman memproduksi klorofil terus untuk membantu meningkatkan produksi glukosa, yang dipakai pohon sebagai kuliner mereka. Sampai suatau ketika ketika durasi panjang suatau hari menurun, dan mengakibatkan matahari bersinar lebih singkat, pohon tersebut secara sedikit demi sedikit akan mulai menurunkan produksi klorofil dan pembuluh darah yang menuju ke daun lambat laun akan menutup. Ketika hal ini terjadi, maka yang tersisa pada daun hanyalah karotenoid dan antosianin, sehingga daun pun akan tampak berubah warna menjadi oranye, kuning merah, atau ungu.


Zat kimia dalam daun, aksin juga mengatur sel-sel pada batang daun. Auksin mencegah lapisan absisi terbentuk sempurna. Pada isu terkini gugur akan memicu terhambatnya produksi auksin sehingga lapisan absisi terbentuk menghalangi sirkulasi air, nutrien, dan gula ke daun. Klorofil mengalami disintergrasi dan memicu pigmen lain menyerupai karoten ataupun anthocyanin menampakkan warnanya.


Hal utama yang memicu perubahan warna pada daun yakni berapa usang matahari menyinari daun tersebut dan panjang pendeknya hari. Beberapa pohon tergantung dari species pohon tersebut mempunyai prosedur yang akan memicu proses penutupan pembuluh darah pohon yang menuju ke daun dan balasannya menggugurkan daun tersebut, mencegah semoga pohon itu tidak membeku lantaran vena masih terbuka, yang berpotensi sanggup membahayakan pohon. Selain hal tadi, kelembaban dan suhu juga berperan penting dalam proses ini.


Suhu juga berperan dalam perubahan warna daun. Namun, suhu hanya berperan kecil mengingat bahwa pohon yang berasal dari spesies yang sama pada ketinggian yang sangat tinggi, di mana suhu lebih dingin, akan mempunyai perubahan warna daun pada waktu yang hampir sama persis dengan pohon yang berada di ketinggian yang lebih rendah. Proses penuaan daun dimulai pada tanaman umur 44 hari yang ditandai dengan menurunnya kandungan klorofil. Pada umur ini diduga terjadi perubahan warna daun dari umur daun muda dengan warna lebih terperinci ke warna daun yang lebih bau tanah (lebih hijau).


 Nah bagaimana mungkin menyerupai itu mekanik daun yang warnanya berubah di karekan usianya , Sudah tahu kan? sayapun gres tahu ternyata menyerupai itu,  semoga sedikit artikel ini bermanfaat,  


--sekian--

special thanks for
goresan-kecil-chara.blogspot.com
nha-withstyle.blogspot.com

Sumber http://goresan-kecil-chara.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mekanisme Perubahan Warna Daun Alasannya Ialah Usia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel