iklan

Apa Itu Bersin ?

Sedikit di sini kita akan membahas seputar bersin, sesuatu yang kecil dan di anggap remeh, yang sebetulnya sangat luar biasa , baik dalam segi bagaimana kita sanggup bersin, atau pun fakta-fakta menarik lain mengenai bersin tersebut, semoga bermanfaat.

Bersin adalah keluarnya udara semi otonom yang terjadi dengan keras lewat hidung dan mulut. Udara ini sanggup mencapai kecepatan 70 m/detik (250 km/jam). Bersin sanggup mengembangkan penyakit lewat butir-butir air yang terinfeksi yang diameternya antara 0,5 sampai 5 Âµm. Sekitar 40.000 butir air ibarat itu sanggup dihasilkan dalam satu kali bersin. 


Dalam ilmu Sains

Bersin merupakan reaksi adaptasi alasannya ia menyingkir ingus yang mengandung partikel atau gangguan abnormal dan membersihkan rongga hidung. Saat bersin, lelangit "palate" lembut dan uvula lendut sementara belakang pengecap naik untuk menutup sebagian rute ke ekspresi biar udara yang disingkirkan dari paru-paru sanggup dikeluarkan melalui hidung. Sejumlah besar udara ini biasanya juga dikeluarkan melalui mulut
Bersin biasanya sering dihubungkan dengan penyakit influenza. Tetapi sebetulnya ini bukan hanya tanda-tanda penyakit influenza saja ini juga merupakan tanda-tanda penyakit pernapasan (misalnya rhinitis, dan selesma) Maka disarankan menutup ekspresi dan hidung saat bersin dengan lengan baju atau saputangan untuk mencegah ingus dan partikel lainya keluar mengenai orang lain.

Suara yang biasa di keluarkan oleh orang yang sedang bersin disebut Onomatope, yang dalam bahasa Inggris untuk bunyi bersin yakni "achew!", "atisshoo" dan "achoo". Suku kata pertama sesuai dengan hirupan udara, dan suku kata kedua sesuai dengan bunyi bersinnya.

Nah bagaimana , ternyata bersin yakni sesuatu hal yang luar biasa kan? hanya saja kita sendiri sering menganggap remeh seputar bersin tersebut,  semoga sedikit warta yang telah kami berikan sanggup bermanfaat, 

--sekian--

special thanks to
wikipedia


Sumber http://goresan-kecil-chara.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Itu Bersin ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel