iklan

Mengapa Kuku Dapat Panjang?

Sudah mengenal kuku kan, niscaya sudah kenal semua dengan kuku, tapi tahukah kita mengapa kuku kita sanggup memanjang ya? kenapa ada bercak-bercak putih di kuku kita, atau penyakit apa saja yang sanggup ada pada kuku kita, ? Nah bagi yang masih penasaran, simak ya artikel aku ini, biar bermanfaat.
 

 Kuku ialah belahan badan makhluk hidup yang terdapat atau tumbuh di ujung jari. Kuku tumbuh dari sel ibarat gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk ketika mulai tumbuh dari ujung jari. Kulit ari pada pangkal kuku berfungsi melindungi dari kotoran. Fungsi utama kuku ialah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Secara kimia, kuku sama dengan rambut yang antara lain terbentuk dari keratin protein yang kaya akan sulfur.

Pada kulit di bawah kuku terdapat banyak pembuluh kapiler yang mempunyai suplai darah berpengaruh sehingga menimbulkan warna kemerah-merahan. Seperti tulang dan gigi, kuku merupakan belahan terkeras dari badan lantaran kandungan airnya sangat sedikit.

Pertumbuhan kuku jari tangan dalam satu ahad rata-rata 0,5 - 1,5 mm, empat kali lebih cepat dari pertumbuhan kuku jari kaki. Pertumbuhan kuku juga dipengaruhi oleh panas tubuh. Nutrisi yang baik sangat penting bagi pertumbuhan kuku. Sebaliknya, kalau kekurangan gizi atau menderita anoreksia nervosa, pertumbuhan kuku sangat lamban dan rapuh.

Menurut para pakar dermatologi, perubahan pada kuku jari tangan sanggup disebabkan banyak sekali imbas dari luar. Kasus kuku yang ringkih dalam kurun waktu usang juga sanggup menunjukkan kurangnya zat besi atau gangguan pada amandel.

Kuku jari tangan juga sanggup banyak menceritakan perihal masa kemudian pemiliknya. Jalur-jalur panjang yang tampak pada kuku bagi kebanyakan orang ialah hal biasa dan mengambarkan normal penuaan. Jalur melintang pada masing-masing kuku jari, seringnya merupakan dampak terjepit atau luka yang dialami masa dulu. Bercak hitam pada kuku sanggup jadi berasal dari acara pertukangan, jikalau orang terkena pukulan palu pada jarinya.

Tapi jikalau tiba-tiba tampak bercak hitam pada kuku harus segera memeriksakannya ke dokter. Bercak pada daging kuku sanggup berkembang melanoma atau kanker kulit, dan itu mula-mula tampak ibarat bercak. Kadang-kadang sama sekali tidak tampak bercak dan hanya ibarat jalur coklat yang tumbuh memanjang bersama kuku. Itu sanggup tahi lalat yang tidak berbahaya. Tapi itu juga sanggup melanoma yang tumbuh di bawah kuku.

Bercak putih atau garis pada kuku tidak membahayakan. Daging kuku yang terluka sedikit akan pulih kembali. Tapi tidak hanya warna kuku yang sanggup berubah, melainkan juga bentuknya. Ada kuku yang tampak cembung ibarat beling jam atau hippocratic nail. Pada hippocratic nail, bentuk kuku menjadi cembung dan ini kadang menunjukkan mengambarkan gangguan jago pada sirkulasi jantung atau penyakit paru-paru.

Para pakar dermatologi menganjurkan siapa yang ingin merawat kondisi kukunya, tidak perlu terpengaruh oleh janji-janji menggiurkan dari iklan. Kuku Anda tidak memerlukan suplemen vitamin ibarat biotin atau zat mineral lainnya.
 

--sekian--
special thanks for
goresan-kecil-chara.blogspot.com
www.republika.co.id 
wikipedia


Sumber http://goresan-kecil-chara.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengapa Kuku Dapat Panjang?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel