iklan

Sejarah Perkembangan Internet Dan Intranet

Internet dan intranet memang menjadi bab terpenting dalah perkembangan teknologi di dun Sejarah Perkembangan Internet dan IntranetInternet dan intranet memang menjadi bab terpenting dalah perkembangan teknologi di dunia. Tanpa adanya dua hal tersebut teknologi tak akan mungkin berkembang menyerupai kini ini. Melalui internet kita sanggup mengakses semua gosip yang kita butuhkan, namun di balik semua itu apakah anda tahu mengenai sejarah internet dan intranet ?? dan bila anda belum mengetahuinya berikut yaitu ulasanya :

Sejarah Perkembangan Internet
Sejarah internet dimulai pada bulan Agustus 1962 dan penciptaan internet pertama kali dikemukakan oleh seseorang berjulukan J.C.R Licklider dari MIT Massachutts Institute of Technology. Konsep awal dinamakan “Galactic Network” oleh dirinya. Ia mengemukakan perihal bagaimana jaringan global yang memungkinkan orang sanggup mengakses data dan kegiatan dari mana saja. Oktober 1962 ia mengepalai kegiatan penelitian komputer di ARPA yang merupakan bab dari Departmenet Pertahanan Amerika Serikat. Lewat sebuah proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana pada waktu itu mereka mendemonstrasikan berbagi perangkat lunak komputer dan juga perangkat keras jaringan komputer yang berbasis UNIX, dengan memakai mediator tersebut insan sanggup melaksanakan komunikasi jarak jauh bahkan tidak terhingga hanya melalui saluran telepon. Pada ketika itu proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, dan mengukur seberapa besar gosip sanggup dipindahkan kemudian pada hasilnya semua standart yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol gres yang kini dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol).
Sejarah internet juga dimulai dengan terciptanya komputer pertama yaitu di kota di university of California Los Angelos, kemudian komputer ke 2 berada di Stanford Research Institute dan komputer ke 3 berada di University of California Barbara dan yang terakhir koputer yang ke 4 berada di University Utah. Pada tahun 1971 jumlah komputer yang terhubung ke ARPANET mencapai 14 buah. Pada tahun ini pulalah protokol Telnet dan FTP berhasil dibangun. Pada tahun 1972 larry Roberts dan Bob Kahn mengenalkan ARPANET pada konferensi ICCC yang diselenggarakan di Washignton dan internet terus mengalami pengembangan-pengembangan hingga kini ini.

Sejarah Perkembangan Intranet
Internet dan intranet memang menjadi bab terpenting dalah perkembangan teknologi di dun Sejarah Perkembangan Internet dan Intranet
Pengertian intranet  (Internal Network) yaitu jaringan komputer dalam ruang lingkup terbatas yang memakai komunikasi data standar menyerupai dalam Internet. Kaprikornus intinya, semua kemudahan yang ada di Internet sanggup anda gunakan untuk keperluan mengakses gosip dalam suatu organisasi atau perusahaan.
Sejarah Intranet di mulai sekitar tahun 1995 oleh beberapa penjual produk jaringan yang mengacu pada kebutuhan gosip dalam bentuk Web dalam suatu perusahaan.Intranet sanggup disebut juga sebagai LAN yang memakai standar komunikasi dan segala kemudahan Internet. Kompatibilitas Intranet sangat tinggi terhadap sistem lainnya sehingga gampang di terapkan, di pelajari, di kembangkan dan dikonfigurasi ulang. Dukungan aplikasi, kegiatan dan sistem operasi yang luas jawaban dari popularitas Internet menyebabkan Intranet sebagai masa depan LAN.

Hal lain yang membedakan internet dan intranet yaitu dari sisi penggunaannya. Aplikasi dan gosip intranet ditujukan bagi kalangan dalam suatu organisasi itu sendiri sementara gosip di suatu situs internet ditujukan bagi kalangan umum.
Penggunaan intranet bergotong-royong tergantung dari bentuk organisasi para penggunannya. Apakah suatu toko, perusahaan multinasional, sutu instansi perpustakaan atau departemen lainnya.
Dalam suatu institusi perpustakaan intranet banyak dipergunakan sebagai :

  • OPAC (online public catalouge) atau katalog online yang sanggup diakses di seluruh raungan perpustakaan yang terhubung dengan jaringan
  • membrikan pelayanan yang maksimal kepada para pengguna, contohnya jurnal kedokteran online medica hanya sanggup di kanal di perpustakaan kedokteran.
  • informasi sistem service dan lain lain.
  • Sistem sirkulasi online

Komponen pembentuk intranet pada dasarnya sama dengan komponen pembentuk internet, menyerupai :
aplikasi browser menyerupai : internet exploler, opra, mozilla firefox, netscape
  • perangkat bantu pengembang
  • komputer server
  • protokol TCP/IP
  • bahasa pemrograman (html, php, mysql  dan lain lain )
  • komputer client
  • perangkat jaringan
yang perlu ditambahkan dalam intranet apabila sebagian gosip organisasi tersebut ingin diekspose biar sanggup di kanal jaringan luar (internet) yaitu firewall dan router (intranet ini akan menjadi ekstranet).
Sumber http://pustakariyadi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sejarah Perkembangan Internet Dan Intranet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel