Rpp Ppl: Bahan Peluang
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Nama Sekolah : Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Selong
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : XI
Semester : 1
Program : IPS
Banyak Pertemuan : 6 kali
Alokasi Waktu : 12 x 45 menit
TahunPelajaran : 2013/2014
A. Standar Kompetensi
1. Menggunakan kaidah pencacahan dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.
B. Kompetensi Dasar
1.4 Menggunakan hukum perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah
C. Indikator
- Menyusun hukum perkalian, permutasi dan kombinasi
- Menggunakan hukum perkalian, permutasi dan kombinasi
D. Tujuan Pembelajaran
- Melalui ceramah dan tanya jawab siswa sanggup menyusun hukum perkalian, permutasi dan kombinasi
2. Melalui ceramah dan tanya jawab siswa sanggup menggunakan hukum perkalian, permutasi dan kombinasi.
Karakter penerima didik yamg diharapkan: mandiri, kerja keras, bersahabat/komunikatif, rasa ingin tahu, jujur, dan tanggung jawab.
E. Materi Pembelajaran
Isi dengan rangkuman materi
F. Metode Pembelajaran
Inquiry, tanya jawab, kooperatif
G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Ø Pertemuan Pertama
1. Pendahuluan
Apersepsi :Siswa diingatkan wacana bencana sehari-hari yang sederhana yang berkaitan dengan peluang.
Motivasi : Apabila bahan ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik dibutuhkan sanggup menyusun hukum perkalian dan memakai hukum perkalian untuk menuntaskan soal.
Tujuan : Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam aktivitas eksplorasi :
· Peserta didik diberikan stimulus tentang kaidah pencacahan yang mengarah pada hukum perkalian dan hukum penjumlahan, memakai diagram tabel dan tabel silang (materi wacana filling Slots)
· Peserta didik dan guru secara tolong-menolong membahas pola mengenai penyusunan dan penggunaan hukum perkalian dan hukum penjumlahan untuk menyelesaikan soal.
& Elaborasi
Dalam aktivitas elaborasi,
· Peserta didik mengerjakan beberapa soal yang diberikan guru mengenai penyusunan dan penggunaan hukum perkalian untuk menyelesaikan soal sebagai kiprah individu.
· Peserta didik dan guru secara tolong-menolong membahas tanggapan soal-soal.
& Konfirmasi
Dalam aktivitas konfirmasi, Siswa:
· Dengan proteksi guru di ambil suatu kesimpulan wacana hukum perkalian dan hukum penjumlahan
· Guru Memberikan kesimpulan wacana bahan yang sudah disampaikan
3. Penutup
· Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
· Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi
Ø Pertemuan Kedua
1. Pendahuluan:
Apersepsi : Mengingat kembali bahan sebelumnya dan membahas PR.
Tujuan : Menyampaikan tujuan pembelajaran tentang notasi faktorial
Motivasi : Menjelaskan kepada siswa wacana manfaat dari bahan yang akan dipelajari.
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
· Peserta didik diberikan stimulus tentang hukum perkalian yang berkaitan dengan notasi faktorial.
· Peserta didik dan guru secara tolong-menolong membahas pola mengenai notasi faktorial untuk menyelesaikan soal.
& Elaborasi
· Peserta didik mengerjakan beberapa soal yang diberikan guru mengenai notasi faktorial untuk menyelesaikan soal sebagai kiprah individu.
· Peserta didik dan guru secara tolong-menolong membahas tanggapan soal-soal.
& Konfirmasi
· Siswa dan guru menyimpulkan tentang notasi faktorial untuk menuntaskan problem dari banyak sekali kemungkinan.
· Guru memperlihatkan pola soal yang berkaitan dengan notasi faktorial.
3. Penutup
· Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
· Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi
Ø Pertemuan Ketiga
1. Pendahuluan
Apersepsi : mengingat kembali bahan sebelumnya (aturan perkalian) dan membahas PR.
Motivasi : Apabila bahan ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik dibutuhkan sanggup menyusun hukum perkalian yang mengarah ke permutasi untuk menuntaskan maslah.
Tujuan : Menyampaikan tujuan pembelajaran tentang permutasi
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
· Guru memperlihatkan stimulus wacana kaidah pencacahan yang mengarah pada permutasi
& Elaborasi
· Siswa dikondisikan kedalam beberapa kelompok
· Guru memperlihatkan soal kepada masing-masing kelompok (item per item)
· Siswa berdiskusi secara kelompok untuk meyelesaikan soal mengenai kaidah pencacahan yang mengarah pada permutasi
· Semua kelompok mengumpulkan hasil diskusi masing-masing
· Sebagian kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dan sebagian kelompok menanggapi kelompok yang presentasi.
· Guru memperlihatkan evaluasi kepada kelompok yang presentasi dan kelompok yang menanggapi.
& Konfirmasi
· Guru memperlihatkan evaluasi kepada kelompok yang presentasi dan kelompok yang menanggapi.
· Guru memberikan solusi dari soal yang telah diberikan
· Dengan proteksi guru di ambil suatu kesimpulan wacana hukum perkalian yang mengarah ke permutasi
· Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
· Siswa diberi kiprah untuk pertemuan berikutnya
Ø Pertemuan Keempat
1. Pendahuluan
Apersepsi : mengingat kembali bahan sebelumnya.
Motivasi : Apabila bahan ini dikuasai dengan baik, penerima didik mampu memakai hukum permutasi dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan : Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
· Guru memperlihatkan stimulus tentang jenis-jenis permutasi dan penggunaannya dalam soal
& Elaborasi
· Guru memperlihatkan soal kepada masing-masing kelompok (item per item)
· Siswa berdiskusi secara kelompok untuk meyelesaikan soal memakai aturan permutasi dari banyak sekali kemungkinan.
· Semua kelompok mengumpulkan hasil diskusi masing-masing
· Sebagian kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dan sebagian kelompok menanggapi kelompok yang presentasi.
· Guru memperlihatkan evaluasi kepada kelompok yang presentasi dan kelompok yang menanggapi.
& Konfirmasi
· Guru membahas soal wacana permutasi dari banyak sekali kemungkinan.
· Dengan proteksi guru di ambil suatu kesimpulan wacana hukum permutasi dan kegunaannya
3. Penutup
· Peserta didik dan guru melaksanakan refleksi.
· Guru memperlihatkan kiprah individu
Ø Pertemuan Kelima
4. Pendahuluan
Apersepsi : mengingat kembali bahan sebelumnya wacana permutasi.
Motivasi : guru menjelaskan kepada siwa apabila bahan ini dikuasai dengan baik, siswa bisa memakai hukum kombinasi dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan : Menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu wacana kombinasi
5. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
· Guru memperlihatkan stimulus wacana kombinasi dan penerapannya dari banyak sekali kemungkinan
· Guru memperlihatkan pola soal wacana kombinasi
& Elaborasi
· Guru memperlihatkan soal kepada masing-masing kelompok (item per item)
· Siswa berdiskusi secara kelompok untuk meyelesaikan soal memakai hukum kombinasi dari banyak sekali kemungkinan.
· Semua kelompok mengumpulkan hasil diskusi masing-masing
· Sebagian kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dan sebagian kelompok menanggapi kelompok yang presentasi.
· Guru memperlihatkan evaluasi kepada kelompok yang presentasi dan kelompok yang menanggapi.
& Konfirmasi
· Guru membahas soal wacana aturan kombinasi yang telah diberikan.
· Dengan proteksi guru di ambil suatu kesimpulan wacana hukum kombinasi dan kegunaannya
6. Penutup
· Peserta didik dan guru melaksanakan refleksi.
· Guru memperlihatkan kiprah individu
Ø Pertemuan Keenam
1. Pendahuluan
Apersepsi : -
Motivasi : Memotivasi siswa untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan berlaku jujur.
Tujuan : Menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu ulangan harian/test kemampuan
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
· Guru memperlihatkan siswa soal yang berkaitan dengan permutasi dan kombinasi.
& Elaborasi
· Siswa menggunakan hukum permutasi dan kombinasi untuk mengerjakan soal yang diberikan secara individu.
· Siswa mengerjakan soal tentang permutasi dan kombinasi dari banyak sekali kemungkinan.
& Konfirmasi
· Siswa mengumpulkan tanggapan dari soal yang diberikan
· Guru membahas soal tentang permutasi dan kombinasi dari soal yang telah diberikan
3. Penutup
· Peserta didik dan guru melaksanakan refleksi.
· Guru memperlihatkan kiprah individu
H. Alat dan Sumber Belajar
Sumber:
· Buku LKS, yaitu buku “SIMPATI SMA/MA Matematika IPS Kelas XI Semester Ganjil”.
· Buku BSE, “Matematika kelas XI IPS”, karangan Sri Retna Ningsih, dkk.
· Buku BSE, “Matematika 2 SMA/MA kelas XI IPS”, karangan Sri Lestari dan Dian Ayu Kurniasih.
· Buku acuan lain.
I. Penilaian
Penilaian mencakup evaluasi proses dan hasil mencakup aspek kognitif dan afektif.
Teknik : Tugas individu, PR
Bentuk Instrumen : Uraian.
Instrumen :
1. Tentukan banyaknya bilangan yang terdiri atas dua angka yang sanggup dibuat dari angka-angka 1, 2,3, 4, 6, 8 dan 9, kalau tidak ada angka kembar!
Jawab:
2. Berdasar soal no.1 tentukan banyaknya bilangan yang angkanya dilarang kembar dan merupakan bilangan ganjil!
Jawab:
3. Tentukan banyaknya bilangan yang terdiri atas 3 angka yang sanggup dibuat dari angka 5 bilangan orisinil yang pertama dengan syarat tidak ada pengulangan angka!
Jawab:
4. Tentukan banyaknya susunan karakter berbeda dari kata SMART!
Jawab:
5. Tentukan banyak susunan huruf-huruf yang sanggup disusun dari kata MATEMATIKA
Jawab:
6. Lima orang duduk dalam posisi melingkar. Tentukan banyaknya cara duduk tersebut!
Jawab:
7. Sebuah kontingen olimpiade matematika yang terdiri atas 5 siswa akan dipilih dari 6 siswa putra dan 4 siswa putri. Tentukan banyak cara kontingen ini sanggup dibuat jika:
a. Tidak ada pembatasan
b. Kontingen mempunyai sempurna 3 siswa putra
Jawab:
8. Akan disusun satu peneliti yang terdiri atas 2 orang matematikawan dan 3 orang teknisi. Jika calon yang tersedia 3 orang matematikawan dan 5 orang teknisi, banyaknya cara menyusun tim tersebut adalah...Jawab:
Pedoman penskoraan :
masing-masing soal kalau di jawab benar dengan proses yang benar menerima skor 10. Jika tanggapan belum lengkap skor ditentukan hingga sejauh mana proses dikerjakan.
Perhitungan nilai selesai dalam skala 0 – 100 sebagai berikut :
Skor evaluasi = (Skor yg diperoleh/skor maksimal) X 100
Selong, 25 September 2013
DPL, Guru Pamong, Praktikan,
(Drs. H. Lukman, M.Pd) (Ayat Hariyat, A.Md) (Slamet Riyadi)
NIS.3303011074 NIP. 196507041990011002 NPM. 10210138
Mengetahui:
Kepala Sekolah Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Selong,
(Ahmad Supandi, M.Pd)
NIP. 196412311989031291
NB: Untuk bahan cukup di buat ringkasannya aja dan instrumen di tambah jawabannya
0 Response to "Rpp Ppl: Bahan Peluang"
Posting Komentar