Rpp Kelas Xi Matematika Peminatan K-13 Revisi: Rumus Trigonometri Sudut Ganda + Lks + Tes Formatif
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMAN 8 Malang
Mata Pelajaran : Matematika Peminatan
Kelas/Semester : XI IPA 3/ganjil
Materi Pokok : Rumus trigonometri sudut ganda
Alokasi Waktu : 2 JP (1 x pertemuan)
A. Kompetensi Inti/KI
Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan pemikiran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif,dan pro-aktif sebagai belahan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar/KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi/IPK
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.2 Membedakan penggunaan jumlah dan selisih sinus dan cosinus | 3.2.7 Menentukan rumus trigonometri sudut ganda 3.2.8 Menggunakan rumus trigonometri sudut ganda untuk memilih nilai sudut tertentu |
4.2 Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus. | 4.2.4 Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan rumus dan nilai sudut ganda dalam pemecahan masalah. |
C. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui aktivitas diskusi kelompok dibutuhkan penerima didik sanggup berafiliasi dan bertanggung jawab dalam menentukan rumus dan nilai trigonometri sudut ganda dalam pemecahan masalah.
2. Melalui aktivitas latihan soal di harapkan penerima didik sanggup berafiliasi dan bertanggung jawab dalam menuntaskan duduk kasus yang berkaitan dengan rumus sudut ganda.
D. Materi Pembelajaran
Materi Prasyarat
· Rumus sinus, cosinus, dan tangen jumlah dua sudut.
Materi Pokok
Faktual:
o Jumlah dua sudut
Konseptual:
o Rumus dan nilai sudut ganda sinus, cosinus, dan tangen
Prosedural:
o Menentukan rumus sudut ganda sinus, cosinus, dan tangen
o Menentukan nilai sudut ganda sinus, cosinus, dan tangen
o Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan rumus dan nilai sudut ganda.
E. Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Model : Cooperatve learning
Metode : STAD
F. Media/Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media/Alat
· Laptop
· LCD
2. Bahan Belajar
LKPD, Powerpoint (PPT)
G. Sumber Belajar
Suparmin dkk.2016.Matematika Peminatan Matematika dan ilmu-ilmu Alam untuk SMA/MA kelas XI.Surakarta : Mediatama
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | 1. Guru mengucap salam kepada penerima didik. 2. Guru mengecek kehadiran penerima didik dengan memanggil satu per satu nama mereka. 3. Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya yakni rumus jumlah dan selisih dua sudut 4. Guru memberikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pembelajaran hari ini yaitu, rumus sudut ganda. 5. Guru memotivasi siswa yaitu dengan memberikan manfaat dari berguru bahan sudut ganda dan setenganh sudut 6. Mengkondisikan siswa dalam kelompok dengan kemampuan akademik yang berbeda-beda dan membagikan LKPD kepada masing-masing kelompok. Satu kelompok terdiri dari 3 hingga 4 orang | 10 menit |
Kegiatan Inti | Mengamati a. Guru memberikan secara garis besar wacana cara menurunkan rumus trigonometri sudut ganda. Menanya b. Peserta didik merumuskan pertanyaan wacana hal-hal yang belum diketahui terkait langkah yang akan ditempuh. Jika tidak ada yang bertanya guru menunjukkan pertanyaan pancingan. Mengumpulkan dan menganalisis data c. Masing-masing kelompok mendiskusikan secara tolong-menolong kiprah yang ada di LKPD, yakni menurunkan rumus trigonometri sudut ganda Mengkomunikasikan d. Perwakilan kelompok memberikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas, sedangkan kelompok lain menanggapi e. Guru menunjukkan penghargaan kepada masing-masing kelompok berupa kebanggaan dan skor penilaian. Evaluasi f. Peserta didik menuntaskan soal penilaian individu kemudian dikumpulkan kepad guru | 5 menit 5 menit 30 menit 20 menit 15 menit |
Penutup | 1. Guru bersama penerima didik menyimpulkan pembelajaran wacana rumus dan nilai sudut ganda dalam menuntaskan permasalahan. 2. Guru menutup pembelajaran dan memberikan pembelajaran berikutnya yang akan mereka pelajari. | 5 menit |
Guru Pamong Elisa Dewi Puspitasari, S.Pd.,M.Pd NIP.198507112009032003 | Malang, ........... , Juli 2017 Guru PPL PPG Slamet Riyadi, S.Pd. NIM. 201620060322169 | |
Mengetahui Kepala Sekolah Dr. H. Moh. Sulthon, M.Pd. NIP. 195801011983031035 |
Baca Juga:
LAMPIRAN
o Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Masalah Kelas XI Matematika Peminatan: Rumus Trigonometri Sudut Ganda
o Instrumen Evaluasi (Tes Formatif dan Penilain Sikap) Kelas XI Matematika Peminatan: Rumus Trigonometri Sudut Ganda
===> Download Lampiran
o Instrumen Evaluasi (Tes Formatif dan Penilain Sikap) Kelas XI Matematika Peminatan: Rumus Trigonometri Sudut Ganda
===> Download Lampiran
Sumber http://pustakariyadi.blogspot.com
0 Response to "Rpp Kelas Xi Matematika Peminatan K-13 Revisi: Rumus Trigonometri Sudut Ganda + Lks + Tes Formatif"
Posting Komentar