iklan

Rpp Kelas Xi Matematika Peminatan K-13 Revisi: Rumus Sinus, Cosinus, Dan Tangen Jumlah Dan Selisih Dua Sudut + Lks + Tes Formatif




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah                        : SMAN 8 Malang
Mata Pelajaran                      : Matematika Peminatan
Kelas/Semester                     : XI IPA 3/ganjil
Materi Pokok                         : Rumus Sinus, Cosinus dan Tangen Jumlah dua sudut 
Alokasi Waktu                       : 4 JP (2 x pertemuan)
A.        Kompetensi Inti/KI
Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai kepingan dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.

KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan

B.        Kompetensi Dasar/KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi/IPK
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2   Membedakan penggunaan jumlah  dan selisih sinus dan cosinus
3.2.1 Menentukan rumus cosinus jumlah dan selisih dua sudut
3.2.2 Menggunakan rumus cosinus jumlah  dan selisih dua sudut untuk memilih nilai cosinus sudut tertentu
3.2.3 Menentukan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut
3.2.4 Menggunakan rumus sinus jumlah  dan selisih dua sudut untuk memilih nilai sinus sudut tertentu
3.2.5 Menentukan rumus tangen jumlah dan selisih dua sudut
3.2.6 Menggunakan rumus cosinus jumlah  dan selisih dua sudut untuk memilih nilai cosinus sudut tertentu
4.2   Menyelesaikan duduk masalah yang berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus.

4.2.1 Menyelesaikan duduk masalah yang berkaitan dengan rumus dan nilai cosinus jumlah dua sudut dalam pemecahan masalah.
4.2.2  Menyelesaikan duduk masalah yang berkaitan dengan rumus dan nilai sinus jumlah dua sudut dalam pemecahan masalah.
4.2.3 Menyelesaikan duduk masalah yang berkaitan dengan rumus dan nilai tangen  jumlah dua sudut dalam pemecahan masalah.

C.        Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui aktivitas diskusi kelompok dibutuhkan penerima didik sanggup berafiliasi dan bertanggung jawab dalam memilih rumus dan nilai cosinus jumlah dua sudut dalam pemecahan masalah.
2.      Melalui aktivitas diskusi kelompok dalam, dibutuhkan penerima didik sanggup berafiliasi dan bertanggung jawab dalam memilih rumus dan nilai sinus jumlah dua sudut dalam pemecahan masalah
3.      Melalui aktivitas diskusi kelompok, dibutuhkan penerima didik sanggup berafiliasi dan bertanggung jawab dalam memilih rumus dan nilai tangen jumlah dua sudut dalam pemecahan masalah
4.      Melalui aktivitas latihan soal di harapkan penerima didik sanggup berafiliasi dan bertanggung jawab dalam menuntaskan duduk masalah yang berkaitan dengan rumus dan nilai cosinus, sinus dan tangen jumlah dua sudut.

D.       Materi Pembelajaran
Materi Prasyarat
·         Rumus perbandingan trigonometri
·         Rumus  luas segitiga sebarang memakai trigonometri
Materi Pokok
Faktual:
o   Perbandingan trigonometri, luas segitiga sebarang
Konseptual:
o   Rumus dan nilai sinus, cosinus, dan tangen jumlah dua sudut
Prosedural:
o   Menentukan Rumus cosinus, sinus dan tangen jumlah dua sudut
o   Menentukan nilai sinus, cosinus, dan tangen jumlah dua sudut
o   Menyelesaikan duduk masalah yang berkaitan dengan rumus dan nilai sinus, cosinus, dan  tangen jumlah dua sudut.


E.        Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan    : Scientific
Model                         : Problem Based Learning
Metode           : Diskusi Kelompok

F.        Media/Alat dan Bahan Pembelajaran
1.         Media/Alat
·         Laptop
·         LCD
2.         Bahan Belajar
LKPD, Powerpoint (PPT)

G.       Sumber Belajar
Suparmin dkk.2016.Matematika Peminatan Matematika dan ilmu-ilmu Alam untuk SMA/MA kelas XI.Surakarta : Mediatama

H.      Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2  45 menit)
Sub bahan pokok: Rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
  1. Guru mengucap salam kepada penerima didik.
  2. Guru mengecek kehadiran penerima didik dengan memanggil satu per satu nama mereka.
3.      Guru memberikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pembelajaran hari ini.
4.      Peserta didik  diberikan gambaran  perihal pentingnya memahami rumus dan nilai sinus, cosinus, dan tangen jumlah dua sudut dengan memberitahukan informasi mengenai kegunaan trigonometri dalam kehidupan sehari-hari menyerupai dalam bidang arsitektur, tehnik banguan atau dalam ilmu pelayaran. (Mengamati)
5.      Peserta didik bertanya jawab mengenai bahan prasyarat yaitu rumus perbandingan trigonometri dan rumus luas segitiga sebarang.

 15 menit
Kegiatan Inti
Orientasi Peserta Didik Kepada Masalah (FASE 1)
6.      Peserta didik disajikan sebuah duduk masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan rumus jumlah dan selisih sinus, cosinus dan tangen dua sudut dalam kehidupan sehari-hari menyerupai
“Seorang pendaki melihat puncak bukit dengan sudut elevasi . Saat itu ia sedang berada sejauh 2 km dari bukit tersebut. Tanpa memakai kalkulator dan tabel trigonometri, hitunglah nilai sinus sudut tersebut”.
7.       Peserta didik diarahkan untuk menuntaskan kiprah menemukan rumus jumlah dan selisih sinus dua sudut dengan memakai  luas segitiga sebarang berdasarkan sumbangan informasi oleh guru pada LKPD.
(Mencoba)

Mengorganisasikan Peserta Didik (FASE 2)
8.      Peserta didik dibuat menjadi bebrapa kelompok secara heterogen yang terdiri dari 4-5 orang.
9.      Peserta didik dalam kelompok diarahkan oleh guru untuk mendiskusikan kiprah memilih rumus dan nilai sinus jumlah dan selisih  dua sudut menurut sumbangan informasi oleh guru pada LKPD.

Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok (FASE 3)
10.  Setiap kelompok mendiskusikan penyelesaian perihal penentuan rumus sinus  jumlah dan selisih  dua sudut serta penentuan nilai sudut tertentu dengan memakai rumus tersebut menyerupai penentuan nilai dari  dengan memakai rumus jumlah dua sudut istimewa yaitu   (Mencoba)
11.  Guru membimbing secara tidak pribadi kepada penerima didik   dalam kelompok maupun individu untuk menemukan solusi yang sempurna untuk menuntaskan soal yang berkaitan dengan rumus dan nilai sinus jumlah dan selisih dua sudut.(Mengasosiasi)

Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya(FASE 4)
12.  Peserta didik dalam kelompok menuliskan dan mempersiapkan diri untuk menciptakan dan mempresentasikan laporan hasil diskusi perihal rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut dan penentuan nilai dari sinus tertentu yang merupakan jumlah atau selisih dua sudut istimewa. (Mengkomunikasikan)

Menganalisa dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah(FASE 5)
13.  Perwakilan kelompok memaparkan hasil diskusinya ke depan kelas. (Mengkomunikasikan)
14.  Kelompok lain menanggapi jawabannya.
15.  Guru memberi reward sebagai penghargaan atas balasan penerima didik.

5 menit






















5 menit









35 menit
















20 menit

















Penutup
16.  Guru bersama penerima didik menyimpulkan pembelajaran perihal rumus dan nilai sinus jumlah dan selisih dua sudut serta penggunaannya dalam menuntaskan permasalahan.
17.  Guru menutup pembelajaran dan memberikan pembelajaran berikutnya yang akan mereka pelajari.
 10 menit

Pertemuan Kedua (2  45 menit)
Sub bahan pokok: Rumus cosinus dan tangen jumlah dan selisih dua sudut
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
  1. Guru mengucap salam kepada penerima didik.
  2. Guru mengecek kehadiran penerima didik dengan memanggil satu per satu nama mereka.
3.      Guru memberikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pembelajaran hari ini.
4.      Peserta didik  diberikan gambaran  perihal pentingnya memahami rumus dan nilai sinus, cosinus, dan tangen jumlah dua sudut dengan memberitahukan informasi mengenai kegunaan trigonometri dalam kehidupan sehari-hari menyerupai dalam bidang arsitektur, tehnik banguan atau dalam ilmu pelayaran. (Mengamati)
5.      Peserta didik bertanya jawab mengenai bahan prasyarat yaitu rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut.

 10 menit
Kegiatan Inti
Orientasi Peserta Didik Kepada Masalah (FASE 1)
6.      Peserta didik disajikan sebuah duduk masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan rumus cosinus dan tangen jumlah dan selisih dua sudut dalam kehidupan sehari-hari menyerupai
“Seorang arsitek akan mendesain salah satu bentuk rumah adat yang ada di Indonesia, yaitu rumah Joglo. Dari denah Gambar yang telah dibuat terlihat atap rumah Joglo berbentuk menyerupai bangkit trapesium. Jika diketahui besar salah satu sudutpada kepingan atapnya yakni , maka tentukan nilai dari cos ”.
7.      Peserta didik diarahkan untuk menuntaskan kiprah menemukan rumus cosinus dan tangen jumlah dan selisih dua sudut dengan menggunakan  rumus sinus jumlah dua sudut menurut sumbangan informasi oleh guru pada LKPD yang mencakup :
Rumus jumlah dan selisih cosinus:
Rumus Jumlah dan selisih tangen:
 
 (Mencoba)

Mengorganisasikan Peserta Didik (FASE 2)
8.      Peserta didik dibuat menjadi bebrapa kelompok secara heterogen yang terdiri dari 4-5 orang.
9.      Peserta didik dalam kelompok diarahkan oleh guru untuk mendiskusikan kiprah memilih rumus dan nilai cosinus dan tangen jumlah dan selisih  dua sudut menurut sumbangan informasi oleh guru pada LKPD.

Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok (FASE 3)
10.  Setiap kelompok mendiskusikan penyelesaian perihal penentuan rumus cosinus dan tangen jumlah dan selisih  dua sudut serta penentuan nilai sudut tertentu dengan memakai rumus tersebut menyerupai penentuan nilai dari  dengan memakai rumus jumlah dua sudut istimewa yaitu   (Mencoba)
11.  Guru membimbing secara tidak pribadi kepada penerima didik   dalam kelompok maupun individu untuk menemukan solusi yang sempurna untuk menuntaskan soal yang berkaitan dengan rumus dan nilai cosinus dan tangen jumlah dan selisih dua sudut.(Mengasosiasi)

Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya(FASE 4)
12.  Peserta didik dalam kelompok menuliskan dan mempersiapkan diri untuk menciptakan dan mempresentasikan laporan hasil diskusi perihal rumus cosinus dan tangen jumlah  dua sudut. Dan penentuan nilai dari cosinus dan tangen sudut tertentu yang merukan jumalah atau selisih dua sudut istimewa. (Mengkomunikasikan)

Menganalisa dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah(FASE 5)
13.  Perwakilan kelompok memaparkan hasil diskusinya ke depan kelas. (Mengkomunikasikan)
14.  Kelompok lain menanggapi jawabannya.
15.  Guru memberi reward sebagai penghargaan atas balasan penerima didik.


5 menit





























5 menit









40 menit

















20 menit


















Penutup
16.  Guru bersama penerima didik menyimpulkan pembelajaran perihal rumus dan nilai sinus, tangen dan cosinus jumlah dan selisih dua sudut serta penggunaannya dalam menuntaskan permasalahan.
17.  Guru menutup pembelajaran dan memberikan pembelajaran berikutnya yang akan mereka pelajari.
 10 menit






Guru Pamong





Elisa Dewi Puspitasari, S.Pd.,M.Pd
NIP.198507112009032003

Malang, ........... , Juli 2017
Guru PPL PPG





Slamet Riyadi, S.Pd.
NIM. 201620060322169

Mengetahui
Kepala Sekolah





Dr. H. Moh. Sulthon, M.Pd.
NIP. 195801011983031035








LAMPIRAN
o  Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Masalah Kelas XI Matematika Peminatan: Pembuktian Rumus Sinus, Cosinus, dan Tangen Jumlah dan Selisih Dua Sudut 
     ===> Download LKS
o Instrumen Evaluasi (Tes Formatif dan Penilain Sikap) Kelas XI Matematika Peminatan: Rumus Sinus, Cosinus, dan Tangen Jumlah dan Selisih Dua Sudut  
     ===> Download Instrumen Evaluasi

RPP Versi MS. Word (.docx)
==> Download RPP

Baca Juga

RPP Kelas XI Matematika Peminatan K-13 Revisi: Rumus Trigonometri SUdut Ganda + Lomba Kompetensi Siswa + Tes Formatif



Sumber http://pustakariyadi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rpp Kelas Xi Matematika Peminatan K-13 Revisi: Rumus Sinus, Cosinus, Dan Tangen Jumlah Dan Selisih Dua Sudut + Lks + Tes Formatif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel