Rpp Kelas Xi Matematika Peminatan K-13 Revisi: Rumus Sinus, Cosinus, Dan Tangen Jumlah Dan Selisih Dua Sudut + Lks + Tes Formatif
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMAN 8 Malang
Mata Pelajaran : Matematika Peminatan
Kelas/Semester : XI IPA 3/ganjil
Materi Pokok : Rumus Sinus, Cosinus dan Tangen Jumlah dua sudut
Alokasi Waktu : 4 JP (2 x pertemuan)
A. Kompetensi Inti/KI
Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai kepingan dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar/KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi/IPK
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.2 Membedakan penggunaan jumlah dan selisih sinus dan cosinus | 3.2.1 Menentukan rumus cosinus jumlah dan selisih dua sudut 3.2.2 Menggunakan rumus cosinus jumlah dan selisih dua sudut untuk memilih nilai cosinus sudut tertentu 3.2.3 Menentukan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut 3.2.4 Menggunakan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut untuk memilih nilai sinus sudut tertentu 3.2.5 Menentukan rumus tangen jumlah dan selisih dua sudut 3.2.6 Menggunakan rumus cosinus jumlah dan selisih dua sudut untuk memilih nilai cosinus sudut tertentu |
4.2 Menyelesaikan duduk masalah yang berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus. | 4.2.1 Menyelesaikan duduk masalah yang berkaitan dengan rumus dan nilai cosinus jumlah dua sudut dalam pemecahan masalah. 4.2.2 Menyelesaikan duduk masalah yang berkaitan dengan rumus dan nilai sinus jumlah dua sudut dalam pemecahan masalah. 4.2.3 Menyelesaikan duduk masalah yang berkaitan dengan rumus dan nilai tangen jumlah dua sudut dalam pemecahan masalah. |
C. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui aktivitas diskusi kelompok dibutuhkan penerima didik sanggup berafiliasi dan bertanggung jawab dalam memilih rumus dan nilai cosinus jumlah dua sudut dalam pemecahan masalah.
2. Melalui aktivitas diskusi kelompok dalam, dibutuhkan penerima didik sanggup berafiliasi dan bertanggung jawab dalam memilih rumus dan nilai sinus jumlah dua sudut dalam pemecahan masalah
3. Melalui aktivitas diskusi kelompok, dibutuhkan penerima didik sanggup berafiliasi dan bertanggung jawab dalam memilih rumus dan nilai tangen jumlah dua sudut dalam pemecahan masalah
4. Melalui aktivitas latihan soal di harapkan penerima didik sanggup berafiliasi dan bertanggung jawab dalam menuntaskan duduk masalah yang berkaitan dengan rumus dan nilai cosinus, sinus dan tangen jumlah dua sudut.
D. Materi Pembelajaran
Materi Prasyarat
· Rumus perbandingan trigonometri
· Rumus luas segitiga sebarang memakai trigonometri
Materi Pokok
Faktual:
o Perbandingan trigonometri, luas segitiga sebarang
Konseptual:
o Rumus dan nilai sinus, cosinus, dan tangen jumlah dua sudut
Prosedural:
o Menentukan Rumus cosinus, sinus dan tangen jumlah dua sudut
o Menentukan nilai sinus, cosinus, dan tangen jumlah dua sudut
o Menyelesaikan duduk masalah yang berkaitan dengan rumus dan nilai sinus, cosinus, dan tangen jumlah dua sudut.
E. Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Model : Problem Based Learning
Metode : Diskusi Kelompok
F. Media/Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media/Alat
· Laptop
· LCD
2. Bahan Belajar
LKPD, Powerpoint (PPT)
G. Sumber Belajar
Suparmin dkk.2016.Matematika Peminatan Matematika dan ilmu-ilmu Alam untuk SMA/MA kelas XI.Surakarta : Mediatama
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 45 menit)
Sub bahan pokok: Rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
3. Guru memberikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pembelajaran hari ini. 4. Peserta didik diberikan gambaran perihal pentingnya memahami rumus dan nilai sinus, cosinus, dan tangen jumlah dua sudut dengan memberitahukan informasi mengenai kegunaan trigonometri dalam kehidupan sehari-hari menyerupai dalam bidang arsitektur, tehnik banguan atau dalam ilmu pelayaran. (Mengamati) 5. Peserta didik bertanya jawab mengenai bahan prasyarat yaitu rumus perbandingan trigonometri dan rumus luas segitiga sebarang. | 15 menit |
Kegiatan Inti | Orientasi Peserta Didik Kepada Masalah (FASE 1) 6. Peserta didik disajikan sebuah duduk masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan rumus jumlah dan selisih sinus, cosinus dan tangen dua sudut dalam kehidupan sehari-hari menyerupai “Seorang pendaki melihat puncak bukit dengan sudut elevasi 7. Peserta didik diarahkan untuk menuntaskan kiprah menemukan rumus jumlah dan selisih sinus dua sudut dengan memakai luas segitiga sebarang (Mencoba) Mengorganisasikan Peserta Didik (FASE 2) 8. Peserta didik dibuat menjadi bebrapa kelompok secara heterogen yang terdiri dari 4-5 orang. 9. Peserta didik dalam kelompok diarahkan oleh guru untuk mendiskusikan kiprah memilih rumus dan nilai sinus jumlah dan selisih dua sudut menurut sumbangan informasi oleh guru pada LKPD. Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok (FASE 3) 10. Setiap kelompok mendiskusikan penyelesaian perihal penentuan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut serta penentuan nilai sudut tertentu dengan memakai rumus tersebut menyerupai penentuan nilai dari 11. Guru membimbing secara tidak pribadi kepada penerima didik dalam kelompok maupun individu untuk menemukan solusi yang sempurna untuk menuntaskan soal yang berkaitan dengan rumus dan nilai sinus jumlah dan selisih dua sudut.(Mengasosiasi) Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya(FASE 4) 12. Peserta didik dalam kelompok menuliskan dan mempersiapkan diri untuk menciptakan dan mempresentasikan laporan hasil diskusi perihal rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut dan penentuan nilai dari sinus tertentu yang merupakan jumlah atau selisih dua sudut istimewa. (Mengkomunikasikan) Menganalisa dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah(FASE 5) 13. Perwakilan kelompok memaparkan hasil diskusinya ke depan kelas. (Mengkomunikasikan) 14. Kelompok lain menanggapi jawabannya. 15. Guru memberi reward sebagai penghargaan atas balasan penerima didik. | 5 menit 5 menit 35 menit 20 menit |
Penutup | 16. Guru bersama penerima didik menyimpulkan pembelajaran perihal rumus dan nilai sinus jumlah dan selisih dua sudut serta penggunaannya dalam menuntaskan permasalahan. 17. Guru menutup pembelajaran dan memberikan pembelajaran berikutnya yang akan mereka pelajari. | 10 menit |
Pertemuan Kedua (2 45 menit)
Sub bahan pokok: Rumus cosinus dan tangen jumlah dan selisih dua sudut
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
3. Guru memberikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pembelajaran hari ini. 4. Peserta didik diberikan gambaran perihal pentingnya memahami rumus dan nilai sinus, cosinus, dan tangen jumlah dua sudut dengan memberitahukan informasi mengenai kegunaan trigonometri dalam kehidupan sehari-hari menyerupai dalam bidang arsitektur, tehnik banguan atau dalam ilmu pelayaran. (Mengamati) 5. Peserta didik bertanya jawab mengenai bahan prasyarat yaitu rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut. | 10 menit |
Kegiatan Inti | Orientasi Peserta Didik Kepada Masalah (FASE 1) 6. Peserta didik disajikan sebuah duduk masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan rumus cosinus dan tangen jumlah dan selisih dua sudut dalam kehidupan sehari-hari menyerupai “Seorang arsitek akan mendesain salah satu bentuk rumah adat yang ada di Indonesia, yaitu rumah Joglo. Dari denah Gambar yang telah dibuat terlihat atap rumah Joglo berbentuk menyerupai bangkit trapesium. Jika diketahui besar salah satu sudutpada kepingan atapnya yakni 7. Peserta didik diarahkan untuk menuntaskan kiprah menemukan rumus cosinus dan tangen jumlah dan selisih dua sudut dengan menggunakan rumus sinus jumlah dua sudut menurut sumbangan informasi oleh guru pada LKPD yang mencakup : Rumus jumlah dan selisih cosinus: Rumus Jumlah dan selisih tangen: Mengorganisasikan Peserta Didik (FASE 2) 8. Peserta didik dibuat menjadi bebrapa kelompok secara heterogen yang terdiri dari 4-5 orang. 9. Peserta didik dalam kelompok diarahkan oleh guru untuk mendiskusikan kiprah memilih rumus dan nilai cosinus dan tangen jumlah dan selisih dua sudut menurut sumbangan informasi oleh guru pada LKPD. Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok (FASE 3) 10. Setiap kelompok mendiskusikan penyelesaian perihal penentuan rumus cosinus dan tangen jumlah dan selisih dua sudut serta penentuan nilai sudut tertentu dengan memakai rumus tersebut menyerupai penentuan nilai dari 11. Guru membimbing secara tidak pribadi kepada penerima didik dalam kelompok maupun individu untuk menemukan solusi yang sempurna untuk menuntaskan soal yang berkaitan dengan rumus dan nilai cosinus dan tangen jumlah dan selisih dua sudut.(Mengasosiasi) Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya(FASE 4) 12. Peserta didik dalam kelompok menuliskan dan mempersiapkan diri untuk menciptakan dan mempresentasikan laporan hasil diskusi perihal rumus cosinus dan tangen jumlah dua sudut. Dan penentuan nilai dari cosinus dan tangen sudut tertentu yang merukan jumalah atau selisih dua sudut istimewa. (Mengkomunikasikan) Menganalisa dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah(FASE 5) 13. Perwakilan kelompok memaparkan hasil diskusinya ke depan kelas. (Mengkomunikasikan) 14. Kelompok lain menanggapi jawabannya. 15. Guru memberi reward sebagai penghargaan atas balasan penerima didik. | 5 menit 5 menit 40 menit 20 menit |
Penutup | 16. Guru bersama penerima didik menyimpulkan pembelajaran perihal rumus dan nilai sinus, tangen dan cosinus jumlah dan selisih dua sudut serta penggunaannya dalam menuntaskan permasalahan. 17. Guru menutup pembelajaran dan memberikan pembelajaran berikutnya yang akan mereka pelajari. | 10 menit |
Guru Pamong Elisa Dewi Puspitasari, S.Pd.,M.Pd NIP.198507112009032003 | Malang, ........... , Juli 2017 Guru PPL PPG Slamet Riyadi, S.Pd. NIM. 201620060322169 | |
Mengetahui Kepala Sekolah Dr. H. Moh. Sulthon, M.Pd. NIP. 195801011983031035 |
LAMPIRAN
o Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Masalah Kelas XI Matematika Peminatan: Pembuktian Rumus Sinus, Cosinus, dan Tangen Jumlah dan Selisih Dua Sudut
===> Download LKS
o Instrumen Evaluasi (Tes Formatif dan Penilain Sikap) Kelas XI Matematika Peminatan: Rumus Sinus, Cosinus, dan Tangen Jumlah dan Selisih Dua Sudut
===> Download Instrumen Evaluasi
RPP Versi MS. Word (.docx)
==> Download RPP
Baca Juga
===> Download LKS
o Instrumen Evaluasi (Tes Formatif dan Penilain Sikap) Kelas XI Matematika Peminatan: Rumus Sinus, Cosinus, dan Tangen Jumlah dan Selisih Dua Sudut
===> Download Instrumen Evaluasi
RPP Versi MS. Word (.docx)
==> Download RPP
Baca Juga
RPP Kelas XI Matematika Peminatan K-13 Revisi: Rumus Trigonometri SUdut Ganda + Lomba Kompetensi Siswa + Tes Formatif
Sumber http://pustakariyadi.blogspot.com
0 Response to "Rpp Kelas Xi Matematika Peminatan K-13 Revisi: Rumus Sinus, Cosinus, Dan Tangen Jumlah Dan Selisih Dua Sudut + Lks + Tes Formatif"
Posting Komentar