iklan

√ Misteri Sungai Mahakam Yang Banyak Dihuni Mahluk Misterius

Kalau membicarakan seputar sungai terbesar di Kalimantan Timur, kita niscaya akan ingat pada Sungai Mahakam. Sungai yang panjangnya sekitar 920 KM ini memberi imbas besar pada masyarakat yang hidup di sekitarnya.


Ya, Sungai Mahakam menjadi sumber air, prasarana transportasi, dan potensi perikanan. Namun, di balik semua manfaat yang diberikan sungai ini ternyata ada desas-desus yang menyampaikan bahwa Sungai Mahakam banyak dihuni mahluk misterius.


Mulai dari ular naga, buaya putih, hingga dengan hantu orang-orang yang pernah karam di sini menjadi momok tersendiri bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Sungai Mahakam. Pada kesempatan kali ini, Bacaterus akan membahas misteri Sungai Mahakam secara lebih mendalam, khususnya seputar mahluk misterius yang menghuni sungai ini.


Naga yang menampakkan diri di permukaan sungai


Kalau membicarakan seputar sungai terbesar di Kalimantan Timur √ Misteri Sungai Mahakam yang Banyak Dihuni Mahluk Misterius


Kisah ular naga yang menghuni perairan bukan hanya ada di Sungai Mahakam. Sebelumnya, Bacaterus pernah membahas seputar Misteri Danau Toba yang juga dihuni oleh ular naga. Naga sendiri merupakan mahluk mitologi yang dianggap tidak nyata. Apalagi di zaman milenial menyerupai ini rasanya cukup tidak mungkin untuk mempercayai keberadaan naga.


Percaya tidak percaya, seekor ular naga raksasa pernah menciptakan geger warga yang tinggal di bantaran Sungai Mahakam. Mahluk misterius ini terlihat menampakkan diri di permukaan sungai pada tahun 1980. Sampai dikala ini, keberadaan ular naga penghuni sungai ini masih menjadi misteri Sungai Mahakam yang belum terbukti kebenarannya.


Sepasang buaya putih yang kerap berjemur


Kalau membicarakan seputar sungai terbesar di Kalimantan Timur √ Misteri Sungai Mahakam yang Banyak Dihuni Mahluk Misterius


Buaya putih sering dianggap sebagai siluman atau jelmaan mahluk gaib. Kehadiran buaya putih selalu dikaitkan dengan kisah-kisah mistis. Pun begitu di Sungai Mahakam, ada sepasang buaya putih yang kerap berjemur di tepi sungai. Sejumlah penumpang speedboat jurusan Mahakam Ulu – Kutai Barat pernah melihat sepasang buaya putih tersebut di Muara Kelian, salah satu anak Sungai Mahakam.


Akan tetapi, pada dikala penumpang speedboat hendak mengambil potretnya, sepasang buaya putih tersebut segera masuk ke dalam air. Seolah buaya-buaya itu mengerti dan tidak mau diambil fotonya. Kemunculan sepasang buaya putih di Sungai Mahakam bukan hanya 1-2 kali saja, tetapi cukup sering.


Menurut beberapa catatan ilmu pengetahuan alam, buaya putih bahwasanya bukan mahluk misterius. Pasalnya, keberadaan buaya albino memang ada meskipun sangat jarang. Warna putih pada kulit buaya albino ini disebabkan oleh pigmentasi kulit yang tidak sempurna. Bahkan, ada juga buaya albino yang kelopak matanya pun berwarna putih.


Sungai Mahakam sering menelan korban jiwa


Kalau membicarakan seputar sungai terbesar di Kalimantan Timur √ Misteri Sungai Mahakam yang Banyak Dihuni Mahluk Misterius


Aura mistis di Sungai Mahakam semakin terasa berpengaruh karena ada beberapa peristiwa atau kecelakaan di sungai ini yang terus menelan korban jiwa. Sebagai sungai yang menjadi prasarana transportasi, tentu saja banyak kapal motor yang melintas di sungai ini. Namun, siapa sangka bila Sungai Mahakam banyak menciptakan kapal kecelakaan dengan menubruk kapal lain atau tenggelam.


Misteri Sungai Mahakam yang sering menelan korban jiwa ini sering dihubungkan dengan ulah penghuni sungai ini yang meminta tumbal. Pasalnya, korban yang karam di Sungai Mahakam banyak yang tidak ditemukan jasadnya hingga dikala ini. Meskipun jasadnya sudah dicari hingga berhari-hari, tapi tetap saja jasad tersebut tidak kunjung ditemukan.


Dari banyaknya kecelakaan yang pernah terjadi di Sungai Mahakan, peristiwa tenggelamnya Kapal Motor Karya Indah di perairan ini yang paling terkenal. Insiden ini terjadi pada tahun 2013. Bukan sekedar menewaskan 1-2 orang saja, peristiwa ini menewaskan hampir 23 penumpang kapal.


Nahkoda kapal yang selamat dinyatakan sebagai tersangka karena dianggap lalai dalam mengemudikan kapal dan tidak ada standar keamanan yang baik di dalam kapal.


Terror arwah gentayangan di Sungai Mahakam


Kalau membicarakan seputar sungai terbesar di Kalimantan Timur √ Misteri Sungai Mahakam yang Banyak Dihuni Mahluk Misterius


Ketika membahas misteri Sungai Mahakam, kurang afdol rasanya bila kita tidak turut membahas seputar mahluk astral yang kerap menebar terror di sungai ini. Mengingat banyak kecelakaan yang menelan korban jiwa terjadi Sungai Mahakam, maka masyarakat sekitar percaya bahwa mahluk mistik yang kerap mengganggu mereka ialah perwujudan dari arwah gentayangan orang-orang yang tewas karena karam di Sungai Mahakam.


Salah satu sosok mahluk mistik yang kerap menebar terror ke masyarakat yang tinggal di sekitar sungai ialah hantu arwah penyelam yang dulunya juga tewas di sini. Singkat cerita, beberapa penyelam diturunkan ke Sungai Mahakam untuk mencari korban yang karam di dasar sungai.


Akan tetapi, nahas bagi salah satu penyelam yang berusaha untuk mencari jasad korban tenggelam, si penyelam itu sendiri juga karam dikala mencari korban. Sejak dikala itulah hantu si penyelam itu kerap menampakkan diri kepada masyarakat atau wisatawan yang beraktivitas di sekitar sungai, khususnya pada dikala malam hari.


Mitos minum air Sungai Mahakam


Kalau membicarakan seputar sungai terbesar di Kalimantan Timur √ Misteri Sungai Mahakam yang Banyak Dihuni Mahluk Misterius


Percayakah Anda dengan sebuah mitos? Banyak hal yang sering dihubung-hubungkan dengan mitos yang belum tentu kebenarannya. Sama halnya dengan Sungai Mahakam, sungai ini mempunyai mitos yang cukup unik. Mitos tersebut menyebutkan bahwa barangsiapa yang meminum air Sungai Mahakam, maka mereka niscaya kembali lagi ke sungai ini dalam waktu dekat.


Percaya atau tidak, banyak wisatawan yang tinggal di luar Kalimantan Timur pernah mengalami hal ini. Setelah minum air dari Sungai Mahakam, mereka akan kembali lagi dalam waktu beberapa jam, hari, minggu, atau bulan.


Tempat tinggal ular raksasa


Kalau membicarakan seputar sungai terbesar di Kalimantan Timur √ Misteri Sungai Mahakam yang Banyak Dihuni Mahluk Misterius


Setelah naga, misteri Sungai Mahakam selanjutnya ialah keberadaan ular raksasa yang juga menjadi penghuni sungai ini. Bukan hanya seekor saja, tapi ada sepasang ular raksasa yang terlihat warga. Diameter ular tersebut kira-kira sekitar 60 cm dan panjangnya 40 meter.


Hewan langka ini tidak terlihat begitu terang karena mereka melintas dengan sangat cepat. Namun, bila beruntung Anda dapat melihat sosok sepasang ular raksasa ini ketika sedang menaiki speedboat yang melintasi Sungai Mahakam.


Runtuhnya Jembatan Kutai Kartanegara


Kalau membicarakan seputar sungai terbesar di Kalimantan Timur √ Misteri Sungai Mahakam yang Banyak Dihuni Mahluk Misterius


Selain Jembatan Mahakam yang sangat terkenal, ada juga Jembatan Kutai Kartanegara (Kukar) yang dibangun di atas Sungai Mahakam. Jembatan gantung terpanjang di Indonesia ini mempunyai panjang sekitar 710 meter. Jika dilihat sekilas, Jembatan Kukar nampak menyerupai dengan Jembatan Golden Gate yang berada di San Fransisco, Amerika Serikat.


Sebagai jembatan yang biasa dilalui kendaraan, Jembatan Kukar seharusnya mempunyai fondasi yang kokoh. Akan tetapi pada tahun 2011, Jembatan Kukar ini runtuh pada dikala sore hari di mana intensitas kendaraan yang kemudian lalang di atas jembatan ini meningkat.


Akibatnya, ada 18 orang yang tewas karena peristiwa runtuhnya Jembatan Kukar ini. Menurut Anda, apakah ini ulah dari mahluk mistik penunggu Sungai Mahakam atau karena kelalaian insan (human error)?


Sejumlah misteri Sungai Mahakam ini hanya sebagian kisah misteri atau bencana yang ada di sungai tersebut. Jika Anda mempunyai pengalaman mistis atau peristiwa di luar nalar yang berafiliasi dengan Sungai Mahakam, silakan tuliskan pengalaman tersebut di kolom komentar yang tersedia.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Misteri Sungai Mahakam Yang Banyak Dihuni Mahluk Misterius"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel