iklan

Matematika Sulit..?? Matematika Bikin Pusing...?? Coba Deh Tips-Tips Ini


Matematika...
Menyebut kata itu yang terbayang dipikiran kita niscaya sekumpulan angka-angka dengan hitung-hitungan yang njlimet. kalo ga angka ya huruf-huruf yang di +, - , X, dan : yang bikin kepala tambah mumet, dan masih banyak lagi keluhan warga masyarakat sekolah. Wajar-wajar aja lah, namanya juga belajar..
Mimin juga dulu mempunyai problem dalam hal berguru matematika, dari SD, SMP, bahkan Sekolah Menengan Atas nilai matematika selalu dan selalu sanggup nilai sekedarnya. Apessss deh..
Berdasarkan hasil survey yg ane lakukan di beberapa sekolah, sebagian besar siswa kesulitan di pelajaran matematika..
Kalo sudah begini ga tau mau salahin siapa, tapi memang begitulah sistem pendidikan di Indonesia. bikin pusing tujuh keliling dengan hukum yang dibikin oleh pejabat2 yang tidak tau kalo guru2 di sekolah2 mulutnya berbusa. Sabar ya hero tanpa jasa, namanya juga "TANPA JASA"..

lhaa kok jadi demo sih min... hehe
Kembali ke permasalahan matematika yang di anggap sulit dan sebagai pelajaran yang menakutkan. Mari kita bahas satu persatu  tips mengatasi matematika itu momok

  1. Kenali lebih dekat. Seperti pepatah bilang, "Tak kenal, maka tak sayang", mengenal lebih bersahabat dan mendalami dasar-dasar dari matematika sangat ditekankan sebagai langkah awal untuk menyenangi matematika. Kebanyakan dari mereka yang kesulitan dalam bidang matematika sebab mereka sangat kurang di dasarnya. Mulailah dari yang dasar-dasar dulu ibarat bilangan (bilangan bulat, bilangan pecahan, dll) dan bagaimana operasinya (penjumlahan, pengurangan, perkalian pembagian). Usahakan hafal perkalian dari perkalian 1 hingga 10.. gres di lanjutkan ke bahan aljabar, dst.. Tapi min gurunya serem abis gimana mau seneng, masuk kelas aja dah gemeteran? berguru itu kn ga selalu di kelas, tapi sanggup di pelajari di luar kelas atau di rumah, pelan2 aja dulu. berguru matematika butuh kesabaran
  2. Perbanyak latihan. Matematika bukanlah ilmu hafalan, hindari berguru dengan menghafal rumus. Dalam berguru matematika sangat di tekankan untuk memperbanyak latihan soal-soal. "Bisa sebab Biasa". Teruslah mencoba, jangan takut salah dan jangan aib bertanya ke yang lebih bisa.
  3. Mainkan logika. Logika bahu-membahu poin terpenting dalam berguru semua ilmu, terutama ilmu eksak. why? Suatu disiplin ilmu itu punya struktur tersendiri, begitu juga dengan matematika. Kebanyakan siswa kesulitan dalam soal dongeng yang bahu-membahu tak jauh dari kehidupan siswa. terus  knapa masih ga bisa? jawabannya, siswa tidak tau materinya atau tidak paham soalnya. Terus min apa kekerabatan soal dongeng dengan logika? OK, Pertama, analisis soalnya masuk budi atau tidak. Kedua, bayangkan dongeng di soal itu merupakan cuilan dari kita, seolah2 kejadian itu kita yang mengalami. Ketiga, buat permodelannya. misalkan orang atau benda yang terlibat dalam soal. Keempat, cari apa yang diminta di soal.
Itulah beberapa tips dari saya, silahkan sanggup ditambah sendiri. Tapi semuanya kembali lagi kepada kesungguhan belajar. MAN JADDA WA JADA..

Thanks.

Sumber http://pustakariyadi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Matematika Sulit..?? Matematika Bikin Pusing...?? Coba Deh Tips-Tips Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel