iklan

✔ Tidak Merokok Tapi Terkena Kanker Paru! Inilah 5 Penyebabnya

 Penyebab Kanker Paru pada Bukan Perokok ✔ Tidak Merokok Tapi Terkena Kanker Paru! Inilah 5 Penyebabnya
5 Penyebab Kanker Paru pada Bukan Perokok - Rokok merupakan penyebab kanker paru yang tidak perlu diragukan lagi, tetapi tidak semua kasus kanker paru diidap oleh perokok atau mantan perokok. Hasil survey mengungkapkan hampir 10% dari kasus kanker paru dialami oleh orang yang tidak merokok.

5 Penyebab Kanker Paru Pada Orang Bukan Perokok

Orang yang bukan perokok sanggup mengidap kanker paru lantaran banyak sekali sebab. Seperti dilansir dari detikhealth, berikut ini hal-hal yang sanggup menciptakan bukan perokok mengidap kanker paru:

1. Menjadi Perokok Pasif

Menghisap atau menghirup asap rokok yang dihembuskan seorang perokok yakni salah satu faktor berisiko untuk berkembangnya kanker paru. Jika seseorang tinggal di lingkungan perokok mempunyai peningkatan risiko 24% lebih besar mengidap kanker paru dibandingkan dengan orang yang tinggal di lingkungan tanpa ada asap rokok.

Untuk negara Amerika sendiri sekitar 3000 maut akhir kanker paru tiap tahun disebabkan lantaran menajdi perokok pasif.

2. Gas Radon

Apakah gas radon itu?. Gas radon yakni gas alami yang terbentuk dikala kandungan uranium mulai membusuk. Ada sekitar 12 persen dari total kasus kanker paru di Amerika serikat diduga akhir ekspos terhadap gas radon. Sumber dari gas radon umumnya berasal dari kandungan uranium di dalam tanah sanggup merambat melalui tanah dan memasuki rumah melalui celah-celah di dasar pipa, irigasi, terusan air, maupun lubang lainnya.

Sifat gas radon ini tidak berwarna dan tidak berbau sehingga untuk mendeteksinya dibutuhkan alat khusus.

3. Polusi Udara

Bisa berasal dari kendaraan, pembangkit listrik atau industri. Semua hal tersebut dikatakan peneliti sanggup meningkatkan kemungkinan seseorang mengidap kanker paru-paru.

4. Asbestos

Sering juga di sebut asbes, Asbestot merupakan serat mineral silika yang biasanya dipakai pada materi bangunan. Untuk bagunan, biasanya asbes dipakai sebagai materi insulasi bunyi maupun panas. Bahan mikroskopis asbes namun sanggup terhirup dan mengakibatkan kanker paru dan kanker lain yang berjulukan mesothelioma.

Untuk pekerja bagunan yang terekspos asbes lima kali lebih berisiko mengidap kanker paru dibandingkan orang yang tidak merokok pada umumnya. Saat ini asbes jarang dipakai untuk bangunan dan di Amerika penggunaannya sudah dilarang.

5. Keturunan

Maka dari itu, tidak semua perokok mengidap kanker paru-paru. Ada kemungkinan lain bahwa faktor-faktor menyerupai kerentanan genetik individu dianggap memainkan tugas dalam penyebab kanker paru-paru.

Beberapa penelitian menawarkan bahwa kanker paru lebih mungkin terjadi pada orang merokok dan tidak merokok bila ada kerabat mereka yang telah mengidap kanker paru sebelumnya.

Diprediksi sekitar 2000 maut akhir kanker paru-paru per tahun mungkin disebabkan menghirup udara tercemar. Tidak sedikit hebat yang percaya bahwa kontak yang terlalu usang dengan udara yang sangat terkotori mempunyai risiko kanker paru-paru menyerupai dengan merokok pasif.
Sumber http://www.randi.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Tidak Merokok Tapi Terkena Kanker Paru! Inilah 5 Penyebabnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel