iklan

Menghilangkan Magnetisasi (Degaussing) Crt

Beberapa waktu yang kemudian di sebuah FORUM DISCUSSE ELEKTRONIK Banyak teman-teman yang mendiskusikan perihal GAMBAR PELANGI di televisi berwarna.
Terjadi perbincangan yang seru dan hangat sekali, karna lembaga tsb.begitu familiar dan sangat terjaga betul pertemanan/persaudaraan yang di jalin antar sesama pekerja elektronika.khusus nya montir/teknisi televisi.
Ada member yang bertanya " bagaimana caranya menghilangkan pelangi di tv yang terlanjur kena medan magnet".
aneka macam masukan-masukan atau solusi yang di berikan oleh rekan-rekan teknisi yang yang kebetulan manjadi member di lembaga tsb.
Salah satu nya sang moderator yang menyaran kan bikin sendiri alat degausser yang memang sangat simpel cara merakit/pembuatan nya.
Baiklah,menganai GAMBAR PELANGI di tv,saya akan ulas perihal degaussing sebatas pengetahuan saya dan hanya sekedar untuk menambah atau menyebarkan pengetahuan.
Bila ada yang salah mudah-mudahan pembaca sudi kiranya untuk menunjukkan koreksinya.
degaussing artinya yaitu "menghilangkan magnetisasi".
Nama itu berasal dari satuan gauss, yang mengukur kerapatan fluks.Tujuan degaussing yaitu menghilangkan fluks magnetik dari logam-logam yang telah termagnetisasi.
Dalam pesawat televisi berwarna,chasis baja dan penopang nya,yaitu kerangka bagian-bagian dalam nya. Semuanya tergoda oleh magnetisasi yang terinduksi.Medan-medan magnet lokal ini sanggup menghipnotis lintasan elektron didalam tabung gambar, yang menimbulkan kesalahan dalam pendaratan berkas dan menjadikan pencemaran kemurnian warna.
Oleh karna itu,mainan belum dewasa ,aktive speaker atau alat-alat lain yang mengandung magnet sebaik nya di jauhkan dari pesawat televisi berwarna tsb.
Dalam tabung berwarna magnetisasi sangat menghipnotis kemurnian warna dan konvergensi (pengumpulan) untuk ketiga berkas elektron.
Di dalam pesawat televisi berwarna ada semacam kumparan degaussing yang dipasang di dalam penopang tabung pecahan atas,dan di pada sisi-sisi layar.
Suatu arus berpengaruh bolak balik akan melalui kumparan ini pada ketika televisi di hidupkan,kemudian arus berkurang dengan cepat hingga suatu nilai yang sanggup di abaikan dalam waktu kurang dari satu detik.
Pengontrolan arus degaussing sanggup dilakukan dengan tahanan khusus yang bergantung pada temperatur yang di sebut posistor yang terletak secara seri dengan kumparan-kumparan degaussing.
Untuk menghilang kan gambar pelangi di tv yang sudah terlanjur terkena medan magnet,bisa di lakukan secara manual.
yaitu dengan menciptakan peralatan degausser sendiri.bisa dengan degaussing bekas tv berwarna yang sudah tidak terpakai lagi.
kumparan degaussing (bekas tv ) yang sudah kita beri arus bolak balik dekatkan pada layar tv gerakkan secara perlahan-lahan sejajar dengan layar,dengan ujung,dan dengan sisi-sisi kabinet TV.lakukan beberapa kali mencakup seluruh bidang permukaan.Selanjutkan untuk menurunkan medan perlahan-lahan ke nol,tariklah kumparan dari pesawat tsb.sejauh kabel catu daya yang mencapainya.taruhlah kumparan secara mendatar pada lantai,dan kemudian putus kan daya.



Daya dilarang diputus kan selagi kumparan di bersahabat tabung tv.
Arus nya mungkin terpotong pada atau di bersahabat nilai puncak nya.Maka suatu medan magnet yang berpengaruh akan di indusir di dalam kerangka-kerangka penopang tabung oleh penurunan arus yang tajam.,yang terbalik dengan yang kita inginkan.
Degaussing melaksanakan lebih daripada menghilangkan medan magnet yang terinduksi sebelumnya.Juga membentuk suatu medan magnet lokal yang secara parsial menghilangkan imbas medan magnet.

Oleh karna alasan ini,magnetisasi pesawat TV seharus nya di lakukan selagi menghadap ke arah yang sama menyerupai yang di gunakan pada waktu menonton yang sesungguh nya.Jika tidak,medan yang ada di dalam nya akan menjadi gangguan jikalau pesawat akseptor di putar 90 derajat sehabis magnetisasi nya di hilangkan.


Sumber http://www.arjunservice.net

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Menghilangkan Magnetisasi (Degaussing) Crt"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel