iklan

Materi Yang Membosankan, Bagaimana Cara Belajarnya

anyak hal yang ingin kita pelajari dalah hidup ini Materi yang Membosankan, Bagaimana Cara Belajarnya
Banyak hal yang ingin kita pelajari dalah hidup ini, apalagi kalau kita masih duduk di kursi sekolah. Terlebih lagi kalau kita berprofesi sebagai seorang guru, maka berguru di kita frekuensinya harus lebih banyak, alasannya ialah kita harus sanggup mentransfer apa yang kita ketahui kepada orang lain dengan banyak sekali metode.

Kenapa perlu banyak sekali metode?, alasannya ialah bagi banyak orang, berguru ialah membosankan apalagi berguru untuk ujian kerap lebih terasa membosankan. Materi-materi tertentu bahkan kurang mempunyai daya tarik sehingga menciptakan orang malas dan bahkan lekas lupa pada apa yang dipelajarinya. Jika tak berusaha keras, jadinya fatal.

Ahli Ingatan yang juga merupakan CEO dari Perusahaan Memrise, Ed Cooke, menjelaskan bahwa untuk mengatasi kebosanan tersebut diharapkan cara kreatif biar lebih gampang mengingat gosip yang dipelajari. Salah satu cara efektif yang bergotong-royong sudah sering dilakukan ialah dengan memakai mnemonic atau metode menyingkat gosip penting menjadi kata yang menarik sehingga gampang diingat.

"Orang lebih gampang mengingat suatu yang unik, faktual dan menyenangkan. Orang tentu saja lebih ingat ketika ia dicium Scarlet Johansson daripada perbedaan antara alkana dan alkena," kata Ed.

Dengan metode mnemonic ini, orang-orang yang selalu mengeluh bosan dalam berguru dan kesulitan menghapal sesuatu yang penting dalam ujian sanggup teratasi. Biasanya metode ini bekerja dengan menggabungkan beberapa nama atau menghubungkannya dengan suatu hal atau lokasi yang berafiliasi dengan gosip yang sedang dihapal.

"Misalkan saja harus mengingat Riyadh ialah ibukota Saudi Arabia. Karena tidak ada detail terang yang sanggup memudahkan mengingat. Maka ada yang menghapalnya dengan cara menggubahnya menjadi reff lagu rehab milik Ami Winehouse yang sekali dinyanyikan gampang terngiang," terang Ed.

Atau contohnya dalam menghapal Malabo sebagai nama ibukota guinea katulistiwa, seseorang mengaitkannya dengan gambar seekor guinea-pig atau marmut yang sedang merokok Marlboro. Sehingga ketika berjumpa dengan orang yang berasal dari guinea katulistiwa pada lain waktu, akan teringat citra marmut merokok Marlboro yang merujuk pada Malabo.

"Hal ini sanggup dilakukan untuk menghapal banyak hal. Kata-kata yang dipilih setidaknya sesuai dengan definisi dan pengetahuan orang yang menghapal sehingga lebih gampang diingat," ujar Ed.

"Dengan cara ini, berguru dan menghapal akan lebih efektif dan menyenangkan," tandasnya. [kompas.com]

Punya anak atau saudara yang duduk di kursi SD atau SMP, coba berikan permainan tangram siapa tahu ia suka. Hasil kreativitas anak dari permainan tangram sanggup diliha pada video berikut;
anyak hal yang ingin kita pelajari dalah hidup ini Materi yang Membosankan, Bagaimana Cara Belajarnya


Sumber http://www.defantri.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Materi Yang Membosankan, Bagaimana Cara Belajarnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel