iklan

✔ Kumpulan Istilah Dalam Jual Beli Online Yang Wajib Kau Ketahui

Kumpulan Istilah Dalam Jual Beli Online yang Wajib Kamu Ketahui ✔ Kumpulan Istilah Dalam Jual Beli Online yang Wajib Kamu Ketahui
Kumpulan Istilah Dalam Bisnis Online - Jual beli online yaitu sebuah transaksi yang dilakukan melalui internet. Perkembangan acara transaksi online menyerupai jual beli online di internet mengambarkan pertumbuhan yang sangat cepat.

Di periode digital ini, siapa pun sanggup melaksanakan transaksi di internet menyerupai jual beli online. Kita sanggup dengan gampang melaksanakan transaksi ( jual beli ) online melalui gadget atau smartphone dan koneksi internet, dimanapun dan kapanpun.

Kumpulan Istilah Dalam Jual Beli Online

Banyak website ecommerce ( situs online shop ) yang memperlihatkan transaksi jual bali online kondusif dan nyaman. Namun, atau sosial media dan forum-forum yang sanggup kita jadikan sebagai tempat menjual dan membeli sebuah barang di internet.

Apakah Anda tertarik untuk masuk dalam bisnis online? atau hanya sekedar ingin membeli barang di internet saja? Apa pun tanggapan Anda dari kedua pertanya tadi, kumpulan istilah-istilah dalam jual beli online ini wajib kau ketahui.

Istilah-istilah berikut ini bisanya sering juga dibentuk sebagai hastag (#) dalam group jual beli dengan maksud bertanya. Berikut ini beberapa istilah penting yang sering dipakai dalam transaksi jual beli online, diantaranya:

1. WTB ( Want To Buy )

WTB yaitu istilah yang sering dipakai seseorang yang akan membeli suatu barang secara online. Istilah ini juga bersifat pertanyaan yang biasanya dipakai sebagai hastag (#) dalam group jual beli online. Calon pembeli harus melengkapi judul dan keterangan barang yang akan dibeli.

2. WTS ( Want To Sell )

WTS yaitu istilah kebalikan dari WTB (Want To Buy). WTS dipakai sebagai istilah kalau Anda ingin menjual suatu barang di internet. Penjual harus melengkapi keterangan barang yang akan dijual tersebut.

3. Mahar ( Harga Awal / Patokan Harga )

Mahar yaitu istilah yang dipakai oleh para penjual barang di internet untuk memasang harga awal dari barang yang akan dijualnya.

4. ORI ( Original )

ORI yaitu istilah yang dipakai oleh para penjual untuk meyakinkan calon pembeli bahwa barang yang dijualnya yaitu original atau asli.

5. BNIB ( Brand New In Box )

BNIB yaitu istilah yang dipakai dikala barang gres dibuka dari kotak atau kemasan aslinya. Tujuannya yaitu supaya calon pembeli percaya bahwa barang yang dijual yaitu barang baru.

6. SS ( Screenshot / Surat-surat )

SS yaitu istilah yang sering dipakai pada transaksi jual beli online di sosial media. Istilah SS ( screenshoot / surat-surat ) biasanya disertakan penjual sebagai lampiran bukti kelengkapan barang.

7. BT ( Barter )

BT yaitu istilah yang dipakai dikala pemilik barang ingin menukarkan barangnya. Berbeda dengan tukar tambah, BT ( Barter ) tidak ada perhiasan biaya dari pihak manapun.

8. TT ( Tukar Tambah )

TT yaitu istilah yang dipakai seseorang yang ingin melaksanakan tukar tambah, biasanya ini terjadi pada forum-forum atau grup jual beli online. Para pelaku tukar tambah harus menyertakan detail lengkap dari barang beserta kelebihan dan kekuranga barang yang akan ditukar tambah.

9. NET ( No Nego )

Harga NET yaitu istilah yang berarti harga barang yang dijual tidak sanggup di tawar lagi. Yang CLBK biasanya diem kalo sudah dijawab menyerupai ini.

10. PM ( Private Message )

PM yaitu istilah yang mungkin sudah cukup banyak diketahui. "PM, gan". Artinya para calon pembeli sanggup mengirim pesa pribadi secara pribadi ke penjual untuk bertanya mengenai barang yang dijualnya.

11. Rekber ( Rekening Bersama )

Rekber yaitu istilah dari Rekening Bersama. Rekber sering dipakai kalau calon pembeli takut tertipu dikala membeli barang di internet. Rekber yaitu pihak ketiga yang menjadi mediator antara penjual dan pembali. Kriteria rekber (pihak ketiga) yaitu orang yang sanggup diandalkan supaya merasanya nyaman dan kondusif dalam proses transaksi.

12. COD ( Cash Of Delivery )

COD yaitu istilah yang dipakai untuk melaksanakan pertemuan antara penjual dan calon pembeli di tempat yang telah disepakati. Hal ini biasanya dilakukan ketika calon pembeli kurang mempercayai penjual barang atau lokasi penjual dan pembeli dalam satu tempat / kota yang sama.

13. PO ( Pre-Oder )

PO yaitu istilah yang dikenal juga sebagai dipesan dahulu, biasanya stok barang yang dijual sedang kosong atau status re-stock. PO artinya pembeli membayar beberapa persen dari harga jual barang di awal transaksi.

14. DP ( Down Payment )

DP yaitu istilah yang dikenal juga sebagai uang muka, hal ini bertujuan untuk memastikan barang tersebut akan benar-benar dibeli. Jumlah nominal DP cukup beragam, tapi besaran nominal DP biasanya sekitar 25% hingga 50% dari harga barang yang dijual.

15. CLBK ( Chat Lama Beli Kaga )

CLBK yaitu istilah yang dipakai oleh para penjual untuk menyindir orang-orang yang banyak bertanya (chat) tapi tidak jadi membeli barang yang ditawarkannya.

16. TS ( Thread Starter )

TS yaitu istilah yang dipakai untuk menyebut / memanggil penjual barang ( pembuat postingan ).

17. Admin

Admin yaitu abreviasi dari administrator, yaitu sebutan kepada pengelola situs atau akun sosial media bisnis online. Panggilan akrabnya disapa "mimin".

18. CS ( Costumer Service )

CS yaitu istilah dari abreviasi Customer Service, pihak yang memberi layanan pada pelanggan toko online.

19. Costumer

Customer yaitu istilah sebutan untuk pelanggan.

20. Fullset

Fullset yaitu istilah untuk barang yang dijual lengkap. Misalkan Anda menjual smartphone dilengkapi charger, dusbox, headset, nota dan lainnya. Itulah yang disebut fullset atau keadaan masih lengkap.

21. Blacklist

Blacklist yaitu istilah dari daftar hitam. Biasanya terdiri dari daftar nama orang-orang yang bermasalah di dunia bisnis online, menyerupai penipu, atau orang yang memesan barang tapi tidak membayar.

22. Deal

Deal yaitu istilah dari pembeli dan penjual sudah menemui titik sepakat.

23. Trusted

Trusted yaitu istilah status penjual / pembeli terpercaya alasannya yaitu mempunyai reputasi baik.

24. Sold out

Shold out yaitu istilah dari barang sudah terjual habis.

25. Hit and Run

Hit and run yaitu istilah untuk pembeli yang pesan banyak barang, kesepakatan mau bayar tanggal sekian namun kemudian tidak ada kabarnya sama sekali. Istilah ini sama artinya dengan bid and run.

Kurang lebih itulah beberapa kumpulan istilah dalam jual beli online ( bisnis online ) yang sering dipakai dalam diskusi dan transaksi. Bagi Anda yang sedang melaksanakan perjuangan bisnis online, istilah-istilah dalam bisnis online di atas wajib kau ketahui. Istilah dalam bisnis online ini mungkin belum lengkap dan akan terus bertambah seiring dengan berkembangnya kemajuan dalam industri bisnis online. Semoga warta ini sanggup bermanfaat untuk kita semua.
Sumber http://www.randi.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Kumpulan Istilah Dalam Jual Beli Online Yang Wajib Kau Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel