iklan

√ 6 Cara Makan Telur Mentah Yang Benar Dan Juga Enak

Telur merupakan materi masakan yang sudah erat dalam kehidupan sehari-hari. Kita memerlukan telur ayam untuk menciptakan masakan ringan manis atau memasak banyak sekali macam makanan. Bahkan, ketika tidak ada lauk di rumah, kita sanggup menggoreng telur ayam dan menyantapnya dengan nasi putih.


Namun, pernahkah terpikir dalam benak Anda untuk mengkonsumsi telur mentah? Konon, telur mentah mempunyai bermacam-macam manfaat untuk tubuh, lho. Pro dan kontra mengkonsumsi telur mentah masih menjadi perdebatan hingga ketika ini.


Kali ini, Bacaterus akan membahas seputar cara makan telur mentah dan mengenal manfaat makan telur mentah untuk kesehatan tubuh. Yuk, tak perlu berlama-lama lagi, silahkan baca ulasan selengkapnya di sini.


Kandungan Gizi dalam Telur


Telur merupakan materi masakan yang sudah erat dalam kehidupan sehari √ 6 Cara Makan Telur Mentah yang Benar dan juga Enak


Kami akan membahas beberapa cara makan telur mentah yang paling sering dilakukan oleh masyarakat di penjuru dunia, tetapi sebelumnya biar Anda semakin yakin untuk mengkonsumsi telur mentah maka kita akan mengenal kandungan gizi di dalam telur. Berikut ialah kandungan gizi di dalam telur yang harus Anda ketahui:



  • Protein


Sudah jadi diam-diam umum bahwa telur diklaim sebagai masakan tinggi protein. Nilai kandungan protein di dalam telur mencapai 100 persen. Sementara itu, nilai kandungan protein pada daging ayam hanya 80 persen dan susu cuma 75 persen.



  • Kolin


Senyawa yang satu ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membantu tumbuh kembang janinnya. Kekurangan asupan kolin sanggup mengakibatkan gangguan perkembangan otak pada janin. Kolin juga sanggup membantu proses metabolisme tubuh. Satu butir telur mengandung 25 persen dari kebutuhan kolin harian yang dianjurkan.



  • Vitamin A


Tahukah Anda bahwa sayuran ibarat wortel dan ubi jalar tidak memperlihatkan asupan Vitamin A yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh? Justru kandungan Vitamin A yang mencukupi sanggup Anda peroleh dari kuning telur. Vitamin A diharapkan badan untuk menjaga keseimbangan hormon.



  • Vitamin D


Vitamin D merupakan vitamin yang larut dalam lemak tubuh. Anda tidak sanggup memperoleh Vitamin D sesuai dengan asupan harian yang diharapkan badan hanya dengan mengandalkan sinar matahari saja. Konsumsi telur sanggup memenuhi kebutuhan Vitamin D harian Anda.



  • Asam Lemak Omega 3


Telur mengandung asam lemak omega 3 yang cukup tinggi. Manfaat asam lemak omega 3 untuk kesehatan badan ialah sebagai anti-inflamasi alami untuk meredakan peradangan di dalam tubuh.



  • Mineral


Bukan hanya kuning telur saja yang mengandung gizi, tetapi putih telur juga mengandung mineral yang penting bagi badan Anda. Satu butir telur mengandung 1,3 mcg folat, 6,6 mcg selenium, 2,3 mg kalsium, 3,6 mg magnesium, dan 4,9 mg fosfor.


Cara Makan Telur Mentah yang Benar


Ada banyak sekali cara makan telur mentah, tetapi yang terkenal di Indonesia ialah sebagai adonan jamu atau minuman STMJ (susu telur madu jahe). Sebagian dari kita masih merasa jijik ketika harus menyantap telur mentah yang cenderung berbau amis. Nah, biar kita tidak merasa jijik ketika harus menyantap telur mentah, cobalah beberapa cara makan telur mentah yang lezat ini:


1. Makanan Jepang


Telur merupakan materi masakan yang sudah erat dalam kehidupan sehari √ 6 Cara Makan Telur Mentah yang Benar dan juga Enak


Anda mungkin tidak tahu bahwa orang-orang Jepang mempunyai bermacam-macam cara untuk menikmati telur mentah yang benar. Terbukti ada beberapa masakan Jepang yang memakai telur mentah sebagai adonan utamanya, yaitu:



  • Tamago Kake Gohan


Ini merupakan nasi putih panas yang di atasnya diberi telur ayam mentah. Kemudian, telur tersebut diberi kecap sushi kemudian telur dikocok bersama nasi.



  • Sukiyaki


Hidangan yang satu ini lebih sering dinikmati ketika demam isu dingin. Sukiyaki terdiri dari daging, sayuran, jamur dan mie yang direbus dalam kuah kaldu. Untuk menikmati sukiyaki biasanya ada semangkuk telur mentah yang sudah dikocok. Daging yang diambil dari panci akan dicelup ke dalam telur mentah, gres dimakan.



  • Natto


Selanjutnya, ada natto yang merupakan hidangan langsung di Jepang. Natto biasanya tidak cocok bagi pengecap orang-orang asing, termasuk pengecap kita masyarakat Indonesia. Natto ialah fermentasi kedelai yang dicampur dengan telur mentah. Makanan ini sanggup langsung dimakan atau disantap bersama nasi putih.



  • Tsukimi Udon


Udon ialah mie khas Jepang dengan ukuran yang lebih besar dibanding ramen. Telur mentah juga sanggup dicampur ke dalam udon yang hendak dimakan. Namun, kuah udon ini harus panas untuk mengurangi rasa busuk dari telur.


2. Telur dan Madu


Telur merupakan materi masakan yang sudah erat dalam kehidupan sehari √ 6 Cara Makan Telur Mentah yang Benar dan juga Enak


Rasa busuk dari telur mentah ternyata sanggup disamarkan bila kita menyantap telur mentah tersebut dengan madu. Namun, pastikan bahwa madu yang dipakai ialah madu murni biar Anda memperoleh manfaat dari telur dan madu itu sendiri.


Pecahkan telur di dalam gelas, kemudian tuangkan madu sesuai selera untuk menghilangkan busuk dan rasa busuk telur. Telur dan madu ini boleh dikocok terlebih dahulu atau langsung diminum.


3. STMJ (Susu Telur Madu Jahe)


Telur merupakan materi masakan yang sudah erat dalam kehidupan sehari √ 6 Cara Makan Telur Mentah yang Benar dan juga Enak


Masyarakat Indonesia tentu sudah familiar dengan cara makan telur mentah melalui olahan STMJ (susu telur madu jahe). Telur ayam kampung mentah akan dicampur dengan susu sapi murni, madu murni, dan wedang jahe. Hasilnya, rasa dan busuk bau dari telur akan tersamarkan oleh ketiga materi lainnya. STMJ ini mempunyai manfaat untuk menambah stamina tubuh.


4. Bubur


Telur merupakan materi masakan yang sudah erat dalam kehidupan sehari √ 6 Cara Makan Telur Mentah yang Benar dan juga Enak

* sumber: drinks.seriouseats.com


Satu lagi cara makan telur mentah yang lezat banget dan bikin kita ketagihan. Kalau Anda memesan bubur ayam, biasanya kita sanggup meminta suplemen telur ayam mentah yang dipecahkan di atas bubur ayam panas yang kita pesan. Aduk telur dengan bubur biar tercampur menjadi satu. Tambahkan merica untuk menyamarkan rasa busuk telur mentah.


5. Smoothie


Telur merupakan materi masakan yang sudah erat dalam kehidupan sehari √ 6 Cara Makan Telur Mentah yang Benar dan juga Enak


Yang satu ini ialah cara konsumsi telur mentah yang masih jarang dilakukan di Indonesia. Jika Anda merasa tidak sanggup mengkonsumsi telur mentah tanpa suplemen apapun, cobalah mengolah telur mentah menjadi smoothie. Campurkan telur mentah dengan buah segar dan yogurt di dalam blender. Kemudian, tuang ke dalam gelas dan segera habiskan dalam keadaan fresh.


6. Salad


Telur merupakan materi masakan yang sudah erat dalam kehidupan sehari √ 6 Cara Makan Telur Mentah yang Benar dan juga Enak


Ingin hidup sehat tak perlu tanggung-tanggung. Mulailah mengkonsumsi masakan sehat kini juga. Salah satu masakan sehat yang proses pembuatannya gampang ialah salad.


Namun, untuk menciptakan salad yang Anda konsumsi menjadi lebih tinggi protein ialah dengan menambahkan 1 butir telur mentah. Untuk menghilangkan busuk dan busuk dari telur mentah, gunakan salad dressing dengan rasa yang kuat, ibarat mustard atau mayones.


Adakah ancaman telur mentah yang mungkin belum Anda ketahui? Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, pro dan kontra konsumsi telur mentah masih menjadi perdebatan hingga ketika ini. Telur mentah merupakan masakan hewani yang rentan terpapar kuman salmonella. Bakteri ini sanggup menginfeksi badan sehingga mengakibatkan kram perut, mual, dan diare.


Akan tetapi, daya tahan badan setiap orang berbeda-beda. Banyak para atlet yang mengkonsumsi telur mentah setiap hari tetapi justru mempunyai badan yang sehat dan bugar. Jadi, sah-sah saja bila Anda ingin mengkonsumsi telur mentah memakai beberapa cara makan telur mentah di atas. Bila Anda ingin mengetahui panduan cara menyimpan telur yang benar biar lebih awet, silahkan baca di sini.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ 6 Cara Makan Telur Mentah Yang Benar Dan Juga Enak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel