iklan

Windows Server Core : Konfigurasi Fitur Sua

Berikut ini beberapa konfigurasi semoga kita sanggup bekerja secara optimal dengan fitur SUA yang sudah terinstall di Windows Server Core 2008


1. Setting PATH file binary Unix

Agar fitur SUA dalam Windows Server Core kita optimal  pertama kita  harus mengkonfigurasi terlebih dahulu SUA yang sudah terinstall dalam Windows Server Core. Konfigurasi yang dimaksud ialah konfigurasi semua PATH menuju file binary unix yang ada dalam SUA. Hal ini perlu dilakukan semoga pada ketika kita bekerja dengan dengan SUA tidak mengalami duduk perkara dengan menemukan error berikut :


Berikut ini beberapa konfigurasi semoga kita sanggup bekerja secara optimal dengan fitur SUA ya Windows Server Core : Konfigurasi fitur SUA


Untuk itu kita perlu mengetahui letak folder setiap file binary(file executable unix) yang ada di SUA. Berikut hasil eksplorasi saya sehabis meng-ubek-ubek folder SUA :



  • C:\Windows\SUA\opt\gcc.3.3\bin letak binary compiler gcc/g++

  • C:\Windows\SUA\bin

  • C:\Windows\SUA\sbin

  • C:\Windows\SUA\usr\sbin

  • C:\Windows\SUA\usr\local\bin

  • C:\Windows\SUA\usr\local\sbin


Itu ialah beberapa path yang harus ditambahkan secara manual pada Windows server core semoga sistem mengenali perintah-perintah Unix. Selanjutnya gunakan perintah setx untuk menambahkan path gres tersebut :


Berikut ini beberapa konfigurasi semoga kita sanggup bekerja secara optimal dengan fitur SUA ya Windows Server Core : Konfigurasi fitur SUA


ketikan perintah diatas dalam satu baris. Jika diketikan satu-satu (tiap setx path satu path) , hanya set path terakhir saja yang akan dikenali.


2. Install Bundle dari SUACommunity

Meskipun sudah terinstall sdk dari bawaan microsoft sebaiknya diintall juga sdk dari web SUA community, situsnya sanggup diakses lewat link berikut . Beberapa paket/library tidak tersedia di sdk yang di d0wnl0ad dari situs Microsoft.


3. Install bootstrap Installer

Bootstrap installer berisi paket paket utilitas untuk menginstall paket-paket aplikasi yang didistribusikan oleh SUACommunity. Utilitas ini mengadopsi sistem install package FreeBSD.  Dengan menginstall aplikasi ini akan lebih memudahkan dalam proses  install/uinstall aplikasi-aplikasi yang ada pada SUA. Berikut langkah-langkah instalasi bootstrap installer :



  • Download source dari link ini

  • Kemudian jalankan, sebab berupa file self extracted jadi cukup dijalankan maka akan otomatis mengkopikan file binary dalam paket ke  SUA. File-file tersebut akan disimpan di /usr/local/bin (C:\windows\sua\usr\local\bin).


Demikian beberapa konfigurasi fitur SUA semoga anda sanggup optimal bekerja dengan SUA. Selamat Mencoba 🙂



Sumber http://jasait.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Windows Server Core : Konfigurasi Fitur Sua"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel