iklan

Trik Dan Shortcut Diam-Diam Dalam Windows 7

Apa di antara kalian ada yang memakai OS Windows 7? Banyak pastinya 😀


Zaman kini para pengguna OS Windows lebih bahagia dengan Windows 7 dibandingkan dengan Windows versi lainnya alasannya selain tampilannya yang lebih elegan dan relatif ringan, Windows 7 pun mempunyai banyak kemudahan. Tapi apakah kita semua para pengguna Windows 7 sudah memanfaatkan segala fasilitas yang telah disediakan? Mungkin sebagian orang sudah, tapi sebagian lagi saya yakin belum 😛


Oke, saya akan membeberkan beberapa trik dan shortcut diam-diam dalam melaksanakan navigasi di Windows 7 sehingga kita sanggup mencicipi fasilitas dalam memakai OS ini. Nah, silakan dicoba!


1. Manajemen Jendela

Kita semua niscaya udah biasa menggeser-geser jendela suatu aplikasi ke atas, bawah, kiri, atau kanan dengan cara men-dragnya dengan mouse. Mungkin sebagian besar dari kita juga tahu bahwa kita sanggup me-maximize jendela dengan cara menggesernya ke ujung atas layar atau klik 2x pada title bar. Kita juga sanggup me-maximize jendela secara vertikal tanpa mengubah lebar horizontal dengan cara mengklik 2x pada batas ujung jendela sebelah atas atau sebelah bawah. Tapi tahukah kalian bahwa kita sanggup melaksanakan itu semua hanya dengan shortcut memakai keyboard?



  • Tekan Win+Left Arrow atau Win+Right Arrow untuk menempelkan jendela ke pinggir kiri atau kanan layar

  • Tekan Win+Up Arrow untuk maximize

  • Tekan Win+Down Arrow untuk minimize

  • Tekan Win+Shift+Up Arrow atau Win+Shift+Down Arrow untuk maximize hanya pada arah vertikal


(Ket: Win atau Windows Key yakni tombol pada keyboard yang mempunyai lambang windows, biasanya ada di sebelah kiri tombol left-alt)



2. Pembagian Layar


Di antara kalian niscaya pernah ada yang menghubungkan laptopnya ke infokus kan? Misalnya untuk presentasi. Tapi tahukan kalian bahwa Windows 7 menyediakan fasilitas dalam pembagian layar ini?

Silakan tekan Win+P, kau akan melihat 4 buah pilihan pembagian layar. Apakah layar hanya ingin terlihat di laptop saja, di infokus saja, ataupun di keduanya. Kita juga sanggup memakai multi-monitor atau memisahkannya menjadi 2 layar, jadi 1 layar kita sanggup gunakan untuk menunjukkan slide presentasi kita pada orang lain, satu layar lagi (di laptop kita) sanggup kita pakai sebagai contekan 😀


Apa di antara kalian ada yang memakai OS Windows  Trik dan Shortcut Rahasia dalam Windows 7



3. Manajemen Multi-Monitor

Dalam keadaan multi-monitor menyerupai yang dijelaskan di poin sebelumnya, kau sanggup menekan Win+Shift+Left Arrow atau Win+Shift+Right Arrow untuk memindahkan suatu jendela aplikasi dari layar satu ke layar yang lainnya.



4. Meminimize jendela yang tidak aktif

Tekan Win+Home, semua jendela  yang tidak aktif akan otomatis minimize menyisakan 1 jendela aktif yang sedang digunakan. Tekan lagi Win+Home untuk mengembalikan semuanya ke asal.


5. Problem Steps Recorder

Tahukah kalian, bahwa Windows menyediakan satu aplikasi untuk merekam aktifitas kita di windows ini. Caranya, coba search kata psr.exe pada Start Menu. Lalu mulai jalankan dengan mengklik Start Record.


Apa di antara kalian ada yang memakai OS Windows  Trik dan Shortcut Rahasia dalam Windows 7


Aplikasi ini sanggup kita gunakan contohnya untuk memberi tahu orang lain langkah-langkah menuntaskan suatu duduk kasus pada komputer. Setelah kalian memulai merekam, maka segala yang kalian lakukan dengan memakai mouse dan keyboard akan otomotasi terekam. Setelah kau klik Stop Record, hasil rekamanmu akan disave dengan format .zip yang di dalamnya ada file HTML yang berisi slide show langkah-langkah yang telah kau rekam tadi beserta screenshot dan keterangannya. Sangat menarik untuk dicoba!



6. Taskbar Shortcut

Kamu lihat icon-icon shortcut di taskbar sebelah tombol Start Menu? Kamu sanggup mengakses icon-icon itu hanya dengan menekan Win+1, Win+2, Win+3, dst sesuai urutannya dari kiri ke kanan.



7. Mengintip Desktop

Tekan Win+Space untuk mengintip desktop kamu


Ya, itulah beberapa trik yang sanggup kalian manfaatkan untuk mempermudah navigasi kalian dalam memakai Windows 7. Semoga hal-hal di atas sanggup berkhasiat untuk kalian semua. Sebenarnya masih sangat banyak fitur-fitur lain yang disediakan Windows 7 untuk para penggunanya. Untuk itu kalian sanggup meng-explorenya secara mandiri  🙂


Sedikit update dari saya, berikut ini yakni shortcut-shortcut lainnya:



  1. Win + Tab : Aero, tekan Tab untuk berpindah window

  2. Win + E : Membuka Windows Explerer

  3. Win + R : Run program

  4. Win + F : Search

  5. Win + X : Membuka Mobility Center

  6. Win + L : Mengunci komputer

  7. Win + U : Membuka Ease of Access

  8. Win + P : Projector (seperti yang dijelaskan di atas, poin 2)

  9. Win + T : Memilih jadwal yang berjalan di tasbkar

  10. Win + S : Meng-crop gambar untuk OneNote (harus punya software Microsoft OneNote)

  11. Win + M : Minimize semua jendela

  12. Win + D : Memunculkan atau menutup desktop

  13. Win + Up/Down/Left/Right : (seperti yang dijelaskan di atas, poin 1)

  14. Win + # (# yakni angka) : (seperti yang dijelaskan di atas, poin 6)

  15. Win + = : Menjalankan Magnifier atau beling pembesar

  16. Win + Plus : Zoom in


  17. Win + Minus : Zoom out

  18. Win + Space : Mengintip desktop (seperti yang dijelaskan di atas, poin 7)


Semoga bermanfaat!



Sumber http://jasait.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Trik Dan Shortcut Diam-Diam Dalam Windows 7"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel