iklan

Tips Pengelolaan Akuntansi Keuangan Bagi Perjuangan Kecil

 pada banyak isu yang sebelumnya saya banyak mengulas mengenai bagaimana pentingnya  Tips Pengelolaan Akuntansi Keuangan Bagi Usaha KecilSahabat PoBis, pada banyak isu yang sebelumnya saya banyak mengulas mengenai bagaimana pentingnya sistem akuntansi keuangan dalam sebuah usaha, termasuk untuk usaha kecil sekalipun. Dalam sistem akuntansi setidaknya Anda sanggup memantau dengan optimal laju perjuangan Anda, serta ‘kesehatan’ keuangan. Sekali lagi saya tekankan, aspek keuangan yaitu pondasi bisnis, apapun bisnis Anda.


Dan bagi pelaku perjuangan kecil, pilihan untuk membentuk sendiri satu divisi atau setidaknya memakai tenaga kerja khusus untuk mengelola keuangan usaha kerap kali dianggap masih terlalu memberatkan. Meski banyak pakar perjuangan menyarankan untuk memanfaatkan jasa pembukuan untuk memaksimalkan fungsi kendali keuangan, tetapi pada tahap awal usaha, tak salah juga mencoba menjalankannya sendiri.


Dalam batas tertentu, menjalankan urusan akuntansi keuangan sendiri masih memungkinkan. Terutama jikalau laju perjuangan masih sangat premature dan kekayaan perusahaan masih terhitung kecil dengan kegiatan yang sederhana.


Namun kebanyakan orang memang melihat urusan pengelolaan pencatatan dan pelaporan ini terasa sulit dan rumit. Dan karenanya kami akan mencoba membantu Anda dengan mengembangkan tips pengelolaan keuangan bagi perjuangan kecil, dengan trik akuntansi yang sederhana dan mudah.


Tips Mengelola Akuntansi Keuangan Bagi Usaha Kecil


1. Buat dalam format sederhana

Sementara perputaran dana dalam perjuangan Anda masih relatif kecil dengan kegiatan yang elum kompleks, bersama-sama buat saja pencatatan sederhana. Pastikan saja Anda mencatat dengan terperinci dan detail setiap transaksi masuk, uang masuk dan keluar yang selalu Anda akumulasi setiap periode serta pencatatan terhadap setiap piutang dan hutang yang terjadi termasuk pula pembayaran yang terjadi dalam periode. Lupakan dulu soal dilema penyusutan dan biaya-biaya lain yang sifatnya memotong asset.


2. Sederhanakan perhitungan biaya dan harga pokok

Bagian yang kerap menjadi momok bagi pelaku perjuangan kecil yaitu dikala harus menterjemahkan biaya-biaya dalam perusahaan dan memilih pos-pos yang menjadi perhitungan harga pokok. Untuk pelaku perjuangan kecil, sebaiknya sederhanakan saja dulu perhitungan ini. Akui saja perlengkapan pribadi sebagai biaya, tanpa belahan perlengkapan yang sudah terpakai. Bila Anda mengoperasikan perjuangan di rumah, ambil porsi pemakaian listrik dan sumber daya rumah lain dengan nilai prosentase sederhana. Gunakan metode perhitungan harga pokok sederhana  tanpa perhitungan rumit yang akan menyita waktu Anda.


3. Fokus pada pencatatan dulu

Anda bersama-sama tak selalu membutuhkan laporan keuangan periodik dalam skala perjuangan kecil. Sebenarnya pihak yang paling membutuhkan laporan yaitu investor atau perbankan. Kaprikornus selama Anda belum bersinggungan dengan mereka, siapkan saja pencatatan dan akumulasi per periode tanpa harus menyusun laporan. Ini akan meringankan pekerjaan Anda, selagi Anda juga belum benar-benar butuh laporan keuangan.


4. Buka rekening terpisah

Cara ini kerap dianggap sebagai santunan terbaik bagi pelaku perjuangan menjalankan sistem akuntansi keuangan sederhana. Catatan dalam buku rekening bank sanggup menjadi contoh Anda dalam mengelola data pemasukan dan pengeluaran kas, semua sudah tercatat otomatis sehingga memudahkan Anda dalam penelusuran dan pencatatan ulang. Rekening terpisah juga akan membantu Anda mengendalikan prive atau pengambilan dana untuk kepentingan pribadi pemilik usaha.


5. Kelola modal Anda

Fokus utama dari perjuangan skala kecil yaitu mengembangkan perjuangan dan menjaga laju perjuangan tetap positif. Cara terbaik yaitu dengan tetap fokus untuk meningkatkan nilai modal untuk pengembangan usaha. Kaprikornus fokuskah pula akuntansi keuangan Anda untuk mendapat data akurat mengenai perkembangan modal Anda dan penambahan modal yang terjadi. Pastikan untuk selalu mengendalikan prive untuk membantu Anda menjaga nilai modal.


6. Manfaatkan sarana akuntansi eletkronik

Hindari pendataan manual alasannya sangat beresiko terjadinya dilema human eror dalam penulisan dan perhitungan. Lebih efektif memakai banyak sekali sarana elektronik dalam melaksanakan pencatatan , mulai dari dengan Microsoft excel, Microsoft Access atau beberapa jadwal akuntansi lain menyerupai Quickbooks, Wave dan lain sebagainya. Beberapa produk lokal untuk jenis software akuntansi juga sanggup Anda dapatkan dengan mudah.


7. Manfaatkan konsultan

Ketika pada satu waktu Anda merasa kegiatan perusahaan mulai meningkat dan pencatatan semakin rumit, maka tidak ada salahnya untuk mulai mencari tenaga konsultan freelance Tidak harus menjadi karyawan, posisi tenaga perhiasan ini hanya secara periodik membantu mengaudit pencatatan Anda. Cara ini akan sangat membantu Anda tetap terkendali dengan catatan Anda tanpa harus membayar berlebihan untuk biaya tenaga kerja.


Demikian tadi beberapa tips dalam menjalankan pengelolaan pencatatan dan pelaporan akuntansi keuangan perusahaan skala kecil. Tips di atas biar sanggup menyederhanakan fatwa Anda akan akuntansi yang terkesan rumit bagi beberapa orang.


sumber gambar: green-calculator.org



Sumber https://www.pojokbisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Pengelolaan Akuntansi Keuangan Bagi Perjuangan Kecil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel