iklan

Pengertian Proxy Dan Fungsinya Serta Cara Kerjanya “Linux User”


Server proxy merupakan server yang berfungsi sebagai mediator antara komputer klien dengan server lain. Server proxy akan meneruskan usul atas nama klien ke server lain dan mendapatkan respon dan server tersebut untuk lalu meneruskannya kembali ke komputer klien.

Pengertian Proxy Bagi Pengguna Linux Dan Jaringan


Fungsi dan Tujuan Proxy


Karena bersifat sebagai perantara, server proxy sering dipakai sebagai cache, filter konten dan administrasi bandwidth. Cache dipakai untuk menyimpan respon usul ke dalam server proxy lokal sehingga apabila klien melaksanakan usul yang sama, maka server proxy tidak perlu lagi menghubungi server tujuan, melainkan cukup menghubungi cache lokalnya dan memperlihatkan respon tersebut ke klien. Hal ini secara tidak eksklusif sanggup menghemat bandwidth alasannya ialah usul yang tersimpan di cache tidak perlu diteruskan ke server tujuan.

Server proxy merupakan server yang berfungsi sebagai mediator antara komputer klien denga Pengertian Proxy dan Fungsinya Serta Cara Kerjanya “Linux User”


Server proxy juga sering dipakai sebagai filter konten. Sebagai contoh, admin sistem di sekolah mungkin tidak menginginkan para siswa yang memakai jaringan untuk mengakses bahan bersifat p0rn*grafi. Oleh alasannya ialah itu admin tersebut memakai server proxy untuk menolak usul terhadap bahan tersebut. Akibatnya, siswa yang memakai kemudahan jaringan tidak akan sanggup mengakses bahan p0rn*grafi.


Selain kedua hal tersebut, server proxy biasanya juga mempunyai kemampuan untuk melaksanakan administrasi bandwidth. Server proxy sanggup dipakai untuk membatasi bandwidth menurut pengguna tertentu ataupun tipe berkas tertentu menurut ACL (access control list) yang telah ditentukan.


Ada banyak sekali macam tipe proxy. Namun intinya sanggup dibedakan menjadi forward proxy, reverse proxy dan referral proxy.


Forward proxy merupakan tipe proxy yang paling sering digunakan. Proxy jenis ini akan meneruskan usul dari klien lokal dan meneruskannya ke server tujuan di internet. Perangkat lunak proxy yang sangat populer yaitu Squid, sanggup dipakai untuk tujuan ini.




Baca Juga Artikel Manarik Terkait : Cara Menggunakan Terminal Emulator Di Android


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Proxy Dan Fungsinya Serta Cara Kerjanya “Linux User”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel