iklan

Pc-Bsd : Mengenal Komponen Plasma Pada Kde

Berbeda dengan Sistem Operasi Windows, desktop pada sistem operasi opensource(linux , FreeBSD, etc ) merupakan produk terpisah dari sistem operasi, sehingga Anda sanggup menginstall/menguinstall dan menggantinya dengan desktop yang berbeda. Secara default PC-BSD memakai KDE 4 sebagai lingkungan desktopnya, akan tetapi kalau anda ingin, anda sanggup menggantinya dengan Gnome.


KDE terdiri dari beberapa  komponen diantaranya  : Plasma Panel,  Workspace Plasma dan Dashboard Plasma. Berikut klarifikasi lebih rinci mengenai komponen-komponen tersebut :



  1. Plasma Panel. Komponen ini terletak pada bab bawah desktop,  lebih dikenal sebagai taskbar. Pada Plasma Panel ini terdapat beberapa icon. Jika mouse kita arahkan pada icon-icon tersebut, kita akan mendapat isu mengenai icon-icon tersebut. Kita sanggup mengklik icon tersebut untuk membawa kita pada aplikasi yang berafiliasi dengannya atau klik kanan untuk menampilkan beberapa pilihan yang berhubungan. Icon-icon tersebut diantarnya ialah :

    • Kickoff, ini ialah icon yang ditunjukan dengan logo PC-BSD (pada OS PC-BSD) atau karakter K pada sistem operasi lain. Jika kita mengklik icon ini akan menampilkan jadwal aplikasi yang terinstall dalam sistem

    • Show the desktop, Apabila kita membuka beberapa jendela aplikasi secara bersamaan dan kita ingin mengakses desktop sanggup memakai icon ini sebagai shortcut. Secara otomatis akan meminimize semua jendela aplikasi yang ada.

    • Show Dashboard Plasma, icon ini dipakai untuk menampilkan Dashboard plasma

    • Device Notifier, Icon ini berfungsi menandakan apabila ada usb/dvd yang sedang dimounting dalam sistem

    • Pager : icon ini ditandai dengan empat buah kotak. Masing-masing kotak mewakili satu virtual desktop. Kita sanggup memakai virtual desktop ini untuk memisahkan antara desktop daerah kerja utama kita (aplikasi word procesor, edit gambar dll)  dan virtual desktop lain untuk membuka aplikasi multimedia kita contohnya game, felm atau pemutar musik.

    • Digital Clock : Menampilkan tumpuan waktu (jam dan tanggal)

    • System tray : Ini ialah bab paling kanan dari plasma panel, terdiri dari beberapa icon diantaranya ialah :

      1. Kmixer, ditandai dengan icon menyerupai speaker untuk mengatur volume

      2. Klipper, berfungsi menyimpan hasil copy sementara sebelum dipaste pada aplikasi anda

      3. PC-BSD update manager, hanya ditemukan pada PC-BSD dipakai biar sistem PC-BSD selalu uptodate

      4. KOrganizer, ini ialah utilitas KDE untuk reminder dan kalender, sanggup juga dipakai untuk pembuatan journal atau Blog

      5. Notifications,  menampilkan list kerja yang telah beres kalau di klik. Misalnya proses d0wnl0ad yang telah beres.

      6. Trash, menyerupai recycle bin nya Windows. File yang telah di delete akan disimpan sementara di Trash ini

      7. Plasma : bentuknya menyerupai palete warna, dipakai untuk menambahkan panel dan mengkonfigurasi widgets





  2. Plasma Workspace. Komponen ini terletak diatas Plasma Panel. Pada area ini kita sanggup mengkustomisasi dengan penempatan wallpaper dan shortcut. Secara default PC-BSD akan menampilkan empat icon pada Plasma workspace ini yakni :

    • PC-BSD official Website : untuk mengakses ke resource web PC-BSD (forum, web, source)

    • Ports Console : Kita sanggup menginstall ports dan packages FreeBSD lewat icon ini

    • Software Manager : Utilitas ini menawarkan akomodasi bagi user untuk menginstall/menguinstall aplikasi-aplikasi untuk PC-BSD. Biasanya aplikasi dibentuk dalam bentuk file PBI (push button installer), installer khusus PC-BSD

    • User Handbook : Untuk membaca PC-BSD handbook secara online



  3. Plasma Dashboard. Secara default plasma ini tersembunyi, untuk mengakses plasma dashboard sanggup dilakukan dengan mengklik icon show plasma dashboard pada Plasma Panel atau Ctrl+F12.  Jika di klik show plasma dashboard atau menekan tombol Ctrl + F12 maka Plasma panel akan hilang untuk sementara dan hanya ada plasma dashboard saja. Jangan panik, untuk kembali tekan Ctrl+F12 lagi atau tekan tombol sajian widget dashboard.


Ok demikian sekilas pengenalan plasma pada KDE, pada postingan berikutnya akan dibahas cara mengkustomisasi Plasma Panel 🙂



Sumber http://jasait.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pc-Bsd : Mengenal Komponen Plasma Pada Kde"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel