iklan

Langkah Gampang Konfigurasi Slave Pada Ldap Replika


langkah gampang konfigurasi Slave pada LDAP Replika  langkah gampang konfigurasi Slave pada LDAP Replika

langkah gampang konfigurasi Slave pada LDAP Replika


Sampai ketika ini kita gres melaksanakan instalasi dan konfigurasi slapd di server master. Untuk menciptakan server LDAP slave, maka kita juga perlu melaksanakan proses instalasi dan konfigurasi slapd di server slave. Setelah itu, samakan semua konfigurasi slapd slave dengan master, kecuali untuk ketika ini direktif yang berafiliasi dengan TLS tidak kita gunakan di slave. Jangan lupa untuk menyalin semua file sketsa yang diharapkan ke direktori sketsa server LDAP slave.


Untuk mengkonfigurasi slapd biar menjadi server slave, tambahkan direktif berikut:


updatedn “cn=repiicator,dc=admin,dc=web,dc=id”

updateref ldap://ldap.admin.web.id



Direktif updatedn dipakai urituk memberitahukan server slave DN yang sanggup melaksanakan pemutakhiran data. Direktif berikutnya yaitu updateref akan dipakai oleh server slave untuk melaksanakan referral ke server master apabila server slave diminta untuk melaksanakan perubahan informasi di data lokalnya.


Yang perlu kita ingat yaitu ketika terjadi perubahan data di LDAP master, maka LDAP master akan mengirimkan notifikasi ke LDAP slave dengan DN replicator. Sekarang yang harus kita lakukan yaitu mengubah konfigurasi di slave biar DN replicator diijinkan untuk melaksanakan modifikasi di database

LDAP baik operasi pembatalan dan penambahan data gres maupun perubahan sandi user.


Untuk itu kita akan mengijinkan DN replicator untuk sanggup melaksanakan apapun pada database LDAP slave sama halnya menyerupai kanal yang diberikan ke DN admin dengan memodifikasi ACL sebagai berikut:


access to *

by dn=”cn=admin,dc=admin,dc=web,dc=id” write



by dn=”cn=replicator dc=admin, dc=web, dc=id” write

by * read


ACL diatas akan memastikan DN replicator mempunyai kanal yang sama menyerupai yang dimiliki oleh DN admin.


CATATAN Selain DN replicator, DN admin juga jangan dilupakan. Setiap server LDAP mempunyai DN adminnya masing-masing, begitu juga dengan sandi untuk DN admin tersebut. Sehingga sandi untuk DN admin di server slave tetap harus didefinisikan secara eksplisit di direktif rootpw. Jika hal ini tidak dilakukan, kita tidak sanggup mengikat ke DN admin di server slave.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Langkah Gampang Konfigurasi Slave Pada Ldap Replika"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel