iklan

Komponen Elektronik Yang Rawan Rusak Di Komputer



Komputer tersusun dari jutaan “komponen elektronika”. Mulai dari yang berukuran besar hingga yang ukurannya tidak kasat mata. Komponen elektronik tersebut mempunyai ketergantungan satu sama lainnya. Jika yang satu rusak, maka akan mempengaruhi komponen yang lainnya.

Dari sekian jumlah komponen elektronik pada komputer, ada beberapa yang rawan mengalami kerusakan. Hal ini disebabkan beberapa faktor yang menjadikan kerusakannya, Komponen tersebut yakni ELCO (kapasitor yang mempunyai ukuran bundar tinggi).

Kerusakannya biasanya terjadi disebabkan beberapa hal, namun yang sering terjadi ialah:

1. Suhu CPU yang terlalu panas.

Hal ini dapat disebabkan lantaran banyaknya abu yang melekat pada komponen elektronik sehingga menahan panas yang dikeluarkan, anda pun dapat membaca artikel tips merawat motherboard yang efisien. Selain itu, panasnya CPU dapat disebabkan lantaran kurangnya CPU Cooler yang digunakan.

2. Arus listrik yang tidak stabil atau terlalu tinggi.

Arus listrik PLN memang merupakan arus listrik yang kurang stabil. Walau pun standart tegangannya 220 volt, namun sering terjadi naik turun di setiap saat. Masalah ini dapat diatasi dengan memakai Stabilizer.

3. Terjadi konsletting

Yaitu ketika suatu arus berlawanan bertemu dan menghasilkan sebuah percikan api. Ini biasanya terjadi pada CPU yang suka terbuka casingnya, hal ini menawarkan peluang masuknya hewan-hewan kecil ibarat kecoa atau benda logam lainnya masuk kedalam motherboard dan menjadikan konsletting

Bagaimanapun juga, hal kecil yang terjadi pada komponen elektronik komputer dapat berakibat fatal kalau tidak segera ditanggulangi dengan tepat. Mudah-mudahan goresan pena kali ini bermanfaat untuk mencegah kerusakan pada komputer anda. Terima kasih.
Sumber http://www.arjunservice.net

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Komponen Elektronik Yang Rawan Rusak Di Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel