iklan

√ Ini Ia Lintah Terbesar Di Dunia Yang Menghuni Amazon

Sungai dan Hutan Amazon yakni tempat penuh misteri. Bagaimana tidak, Amazon merupakan tempat tinggal bagi hewan-hewan buas, langka, atau berukuran tidak lazim. Bahkan, di Amazon terdapat spesies lintah terbesar di dunia yang sanggup menyedot darah insan beberapa kali lipat lebih banyak dibanding lintah berukuran normal.


Seperti apa penampakan lintah terbesar di dunia yang menghuni Amazon? Seberapa besar monster penghisap darah ini kalau dibandingkan dengan lintah yang berukuran normal? Bacaterus sudah merangkum beberapa fakta seputar lintah dengan ukuran terbesar. Yuk, pribadi simak saja isu selengkapnya di sini.


Fakta Seputar Lintah Terbesar di Dunia


Sungai dan Hutan Amazon yakni tempat penuh misteri √ Ini Dia Lintah Terbesar di Dunia yang Menghuni Amazon


Apa yang Anda lakukan ketika menemukan lintah yang tiba-tiba melekat di badan dan menghisap darah kita? Tentu saja Anda akan impulsif membuang lintah tersebut atau justru menjerit alasannya yakni ngeri. Nah, bagaimana kalau yang menghisap darah Anda yakni Giant Amazon Leech atau yang mempunyai nama ilmiah Haementeria ghilianii?


Giant Amazon Leech merupakan spesies lintah terbesar di dunia. Panjang lintah ini sanggup mencapai 18 inci (45,7 cm) dan sanggup bertahan hidup selama 20 tahun. Di Amazon, lintah berukuran jumbo ini hidup dengan menghisap darah binatang mamalia yang ada di sekitarnya.


Mereka akan menyuntikkan belalainya ke badan mangsanya dan menghisap darah hingga mereka merasa kenyang. Menariknya, mangsanya tidak merasa sakit alasannya yakni air liur lintah raksasa ini sanggup memperlihatkan pengaruh mati rasa.


Lintah raksasa ini berwarna cokelat keabu-abuan. Habitat lintah raksasa ini ada di sekitar Amazon, terutama di tepi Sungai Amazon yang lembab. Meskipun dikenal sebagai binatang penghisap darah yang menghuni Amazon, tetapi lintah ini juga pernah ditemukan di beberapa negara lainnya.


Lintah Raksasa Dimanfaakan untuk Kepentingan Medis


Sungai dan Hutan Amazon yakni tempat penuh misteri √ Ini Dia Lintah Terbesar di Dunia yang Menghuni Amazon


Meskipun terlihat angker dan menakutkan, ternyata lintah terbesar di dunia ini sanggup memperlihatkan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Sudah menjadi belakang layar umum kalau lintah dikenal sebagai binatang yang sanggup membantu proses pengobatan secara medis.


Kebiasaan lintah yang suka mengonsumsi darah ini dimanfaatkan para pelaku pengobatan untuk mengeluarkan darah kotor penyebab penyakit. Metode pengobatan dengan memakai lintah sejatinya sudah dilakukan semenjak puluhan tahun yang lalu. Bagaimana proses pengobatan lintah ini sanggup terjadi?



  • Ahli pengobatan sudah mengetahui beberapa titik pada badan yang merupakan sumber penyakit. Lintah akan ditempelkan pada titik tersebut untuk menghisap darah kotor yang mengandung penyakit.

  • Pasien tidak merasa sakit ketika lintah mulai melekat dan menghisap darah dari titik yang ditunjuk alasannya yakni air liur lintah mengandung enzim untuk menciptakan kita mati rasa.

  • Darah yang dihisap lintah akan terlihat sangat encer. Jika sudah selesai, hebat pengobatan akan menaburkan tembakau semoga lintah terlepas dari kulit.


Perlu Anda ketahui bahwa ukuran lintah yang digunakan untuk pengobatan minimal 12 cm. Tentu saja kalau Anda memakai Giant Amazon Leech sebagai pengobatan akan terlihat lebih ekstrem.


Reproduksi Lintah Raksasa dan Lintah Ukuran Normal


Sungai dan Hutan Amazon yakni tempat penuh misteri √ Ini Dia Lintah Terbesar di Dunia yang Menghuni Amazon


Baik lintah dengan ukuran besar atau normal, keduanya sama-sama jenis binatang hemafrodit, yang artinya mempunyai organ kelamin jantan maupun betina dalam satu tubuh. Jadi, tidak ada istilah lintah jantan maupun betina alasannya yakni mereka memang tidak memerlukan pasangan untuk kawin.


Sama menyerupai cacing, Giant Amazon Leech juga mempunyai Clitellum, cuilan kulit yang hanya menebal pada ketika reproduksi. Pada ketika kawin, lintah akan melibatkan terjalinnya badan di mana sperma dideposito di tempat clitellar lainnya. Sperma kemudian menciptakan jalan menuju ovarium dimana proses pembuahan terjadi.


Selanjutnya, lintah akan mengeluarkan kokon yang didapatnya terdapat ratusan telur-telur lintah kecil. Sekali bertelur, jumlahnya sanggup mencapai 300 butir. Kemudian, kokon tersebut akan diletakkan di dalam air atau tanah hingga telur-telunya menetas.


Penemuan Lintah Terbesar di Dunia


Bagi orang-orang yang sering mengeksplorasi tempat Amazon, tentu mereka pernah menemukan Giant Amazon Leech selama beberapa kali. Pada dasarnya, binatang ini tidak akan menyerang Anda lebih dulu kalau Anda tidak mengganggunya atau berada di dekatnya.


Selain di Amazon, ternyata ada beberapa tempat yang juga menjadi lokasi inovasi lintah terbesar di dunia. Berikut yakni sejumlah inovasi lintah rasksasa selain di sekitar Amazon:


1. Lintah Gajah di Indonesia


Sungai dan Hutan Amazon yakni tempat penuh misteri √ Ini Dia Lintah Terbesar di Dunia yang Menghuni Amazon

* sumber: blakraanindonesiaadv.blogspot.co.id


Selain Giant Amazon Leech, ternyata ada spesies lintah terbesar di dunia lainnya, yaitu lintah gajah. Berbeda dari lintah-lintah pada umumnya, spesies ini mempunyai warna badan oranye terang dengan panjang sekitar 20 – 30 cm.


Ini merupakan jenis lintah langka yang hanya ditemukan di 2 tempat, yaitu di hutan-hutan Sumatera dan Taman Nasionak Kinabalu, Malaysia. Akan tetapi, ada seorang pendaki yang menemukan lintah gajah ini di Gunung Leuser, Aceh. Belum ada isu apakah lintah tersebut menghisap darah para pendaki atau tidak.


2. Lintah Raksasa Resahkan Warga Demak


Sungai dan Hutan Amazon yakni tempat penuh misteri √ Ini Dia Lintah Terbesar di Dunia yang Menghuni Amazon


Musim hujan sangat rentan menjadikan kebanjiran atau genangan air. Pasalnya, ketika terdapat genangan air atau banjir, maka lintah-lintah yang berada di tepi sungai ikut terbawa arus hingga ke pemukiman warga.


Hal inilah yang nampaknya dirasakan oleh warga Desa Timbul Sloko, Kecamatan Sayung, Demak, Jawa Tengah. Mereka diresahkan dengan kemunculan lintah-lintah menjijikkan yang gemuk dan berukuran lebih besar dari lintah normal pada umumnya.


Beberapa hari sebelumnya desa tersebut memang tergenang banjir. Setelah airnya surut, ratusan lintah yang singgah di desa itu sanggup terlihat dengan jelas. Warga sangat panik dengan keberadaan koloni lintah yang digadang-gadang mempunyai ukuran 5 kali lebih besar dari ukuran lintah normal.


3. Pria yang Memelihara Lintah Raksasa


Sungai dan Hutan Amazon yakni tempat penuh misteri √ Ini Dia Lintah Terbesar di Dunia yang Menghuni Amazon


Di tahun 2015, warganet sempat digemparkan dengan sebuah video yang memperlihatkan lengan seorang laki-laki yang dihisap oleh lintah berukuran raksasa (hampir seukuran tangan laki-laki tersebut). Yang mengejutkan, laki-laki tersebut memang memelihara lintah tersebut dan mengaku bahwa ia sengaja membiarkan lintah itu untuk menghisap darahnya.


Melihat banyaknya bekas gigitan di lengan laki-laki tersebut, maka netizen pun menebak bahwa laki-laki tersebut memang sering membiarkan lintah besar itu menghisap darahnya. Hiii, bikin ngilu, ya kalau membayangkannya!


4. Misteri Lintah Raksasa di Situ Bagendit


Sungai dan Hutan Amazon yakni tempat penuh misteri √ Ini Dia Lintah Terbesar di Dunia yang Menghuni Amazon

* sumber: www.satulensa.com


Situ Bagendit yakni sebuah danau yang indah di Garut, Jawa Barat. Di balik pesona danau ini ternyata ada sebuah legenda yang menaunginya. Dikisahkan dulu ada seorang perempuan yang pelit dan kikir berjulukan Nyai Endit.


Suatu ketika, Nyai Endit dikutuk dengan turunnya hujan yang tidak berkesudahan sehingga menenggelamkan rumah Nyai Endit. Konon, Nyai Endit ini masih sering menampakkan diri dengan wujud lintah raksasa yang sebesar kasur. Percaya atau tidak, dongeng ini merupakan sebuah mitos yang memang belum niscaya kebenarannya.


Itulah serba-serbi mengenai lintah terbesar di dunia yang hidup di Amazon. Dari sini kita juga mengetahui bahwa lintah terbesar tidak hanya ada di Amazon, tapi ada juga di Indonesia. Jika ada lintah yang mengganggu di rumah Anda, cari tahu cara membasminya di sini.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Ini Ia Lintah Terbesar Di Dunia Yang Menghuni Amazon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel