iklan

√ Ini Ia Cara Memakai Kartu Debit Untuk Belanja Yang Aman

Dewasa ini, penipuan dan pembobolan dana di rekening menjadi marak. Bahkan, ada metode skimming ATM yang memakan cukup banyak korban di Indonesia. Metode penipuan ini dilakukan dengan cara memasang alat skimmer di mesin ATM untuk membaca data dari magnetic stripe yang terdapat pada kartu ATM. Jika sudah menyerupai ini rasanya cukup takut untuk terlalu sering menggunakan kartu ATM, ya?


Di zaman serba modern ini, segala sesuatu sudah di-handle oleh perbankan. Misalnya, Anda mendapatkan honor yang ditransfer pribadi ke rekening dengan menggunakan sistem payroll. Mau tidak mau Anda harus mengambil honor Anda berupa uang tunai di mesin ATM. Bahkan, ketika Anda tidak membawa uang tunai yang cukup, kartu ATM juga sanggup berfungsi sebagai kartu debit untuk membayar keperluan Anda.


Meskipun banyak pembobolan dan penipuan dalam dunia perbankan, jangan jadikan hal tersebut untuk takut berbelanja menggunakan kartu debit. Selalu ada cara menggunakan kartu debit untuk belanja yang kondusif dan bebas dari pembobolan, kok! Bacaterus akan menyebarkan panduan untuk menggunakan kartu debit di mesin EDC dan tips semoga transaksi Anda selalu kondusif menggunakan kartu debit.


Mengenal Kartu Debit


 penipuan dan pembobolan dana di rekening menjadi marak √ Ini Dia Cara Menggunakan Kartu Debit untuk Belanja yang Aman


Saat Anda ingin mengetahui cara menggunakan kartu debit untuk belanja, Anda harus mengetahui dulu sedikit pengertian ihwal kartu debit dan sumber dana dari kartu tersebut.


Pada dasarnya, kartu debit dan kartu ATM yaitu satu kartu yang sama. Pihak bank menawarkan akomodasi bagi nasabahnya untuk berbelanja di mesin EDC, sebuah mesin kecil untuk bertransaksi belanja di ritel, tanpa perlu menggunakan uang tunai.


Sumber dana dari kartu debit yaitu dana yang berada di rekening Anda. Ketika transaksi belanja dengan kartu debit berhasil, maka dana di rekening bank Anda juga akan terpotong sesuai dengan nominal belanja.


Biasanya pihak bank akan bekerja sama dengan VISA atau Mastercard untuk menciptakan kartu debit Anda sanggup digunakan di banyak sekali jenis mesin EDC (meskipun EDC-nya dari bank yang berbeda dengan penerbit kartu debit).


Dahulu, Bank Central Asia (BCA) tidak bekerja sama dengan VISA atau Mastercard, sehingga kartu debit BCA hanya sanggup digunakan di mesin EDC dari BCA saja. Namun, seiring berjalannya waktu, BCA sudah menerbitkan kartu debit dengan jaringan Mastercard semoga sanggup digunakan untuk berbelanja di luar negeri maupun online.


Proses Pembelian dengan Kartu Debit


 penipuan dan pembobolan dana di rekening menjadi marak √ Ini Dia Cara Menggunakan Kartu Debit untuk Belanja yang Aman


Pada dasarnya, cara menggunakan kartu debit untuk belanja di minimarket, restoran, butik, hingga toko elektronik sama saja. Secara naluriah, Anda yang terbiasa menggunakan kartu ATM niscaya sanggup menggunakan kartu debit. Berikut yaitu panduan cara menggunakan kartu debit untuk belanja dengan mudah:



  1. Berikan kartu debit kepada petugas toko untuk digesek atau dimasukkan (dip) ke dalam mesin EDC. Petugas akan memasukkan nominal belanja yang harus Anda bayar. Pastikan Anda juga turut mengecek nominalnya di mesin EDC.

  2. Ada dua cara untuk mengesahkan pembelanjaan dengan kartu debit, yakni dengan tanda tangan dan 6 digit pin ATM Anda. Metode pembayaran dengan tanda tangan berarti Anda harus menandatangani struk yang keluar dari mesin EDC. Sementara, kalau metode pembayaran dengan pin artinya Anda memasukkan pin terlebih dahulu gres struk keluar dari mesin EDC (tanda bahwa pembayaran sudah diterima).

  3. Segera ambil kembali kartu debit sehabis transaksi selesai. Jika Anda mempunyai mobile banking atau internet banking, cek mutasi rekening Anda untuk memastikan bahwa saldo berkurang sesuai nominal belanja di mesin EDC tadi.


Hal yang Harus Diwaspadai Saat Menggunakan Kartu Debit


Belanja dengan kartu debit bukan berarti 100% aman. Ada hal-hal yang harus Anda waspadai ketika menggunakan kartu kredit semoga tidak terjadi penyalahgunaan. Meskipun demikian, kartu debit cenderung lebih kondusif alasannya yaitu sudah banyak ritel yang mengharuskan pemegang kartu debit berbelanja menggunakan 6 digit pin ATM.


Sementara itu, kartu kredit masih membolehkan penggunanya mengesahkan pembelanjaan dengan tanda tangan. Berikut yaitu hal-hal yang harus diwaspadai ketika belanja dengan kartu debit:


1. Rawan Penyalahgunaan


 penipuan dan pembobolan dana di rekening menjadi marak √ Ini Dia Cara Menggunakan Kartu Debit untuk Belanja yang Aman


Kartu debit yang hilang atau dicuri sanggup disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Mereka sanggup menggunakan kartu tersebut untuk bertransaksi belanja. Apalagi kalau otorisasi kartu Anda masih menggunakan tanda tangan, tentu saja lebih gampang bagi orang lain untuk meniru tanda tangan ketimbang mengetahui pin kartu debit Anda.


2. Tidak Ada Jaminan dari Bank


 penipuan dan pembobolan dana di rekening menjadi marak √ Ini Dia Cara Menggunakan Kartu Debit untuk Belanja yang Aman


Selain untuk berbelanja di ritel yang menyediakan mesin EDC, kartu debit juga sanggup digunakan untuk belanja online. Cara menggunakan kartu debit untuk belanja online yaitu memasukkan gosip lengkap di situs belanja online dan 3 arahan CVV (3 digit angka diam-diam di belakang kartu).


Namun, ketika terjadi penipuan yang dilakukan oleh penjual, pihak bank tidak akan bertanggung jawab terhadap dana Anda yang hilang alasannya yaitu sumber dana berasal dari saldo rekening Anda.


Kontras sekali dengan kartu kredit yang sumber dananya berasal dari bank penerbit kartu kredit tersebut. Anda sanggup melaporkan tindak penipuan online kepada pihak bank penerbit kartu kredit dan tidak membayarkan tagihan kartu kredit terlebih dahulu hingga permasalahan Anda diselesaikan oleh pihak bank.


3. Ada Biaya Tambahan


 penipuan dan pembobolan dana di rekening menjadi marak √ Ini Dia Cara Menggunakan Kartu Debit untuk Belanja yang Aman


Beberapa ritel membebankan biaya embel-embel ketika berbelanja dengan kartu debit kepada penggunanya. Biaya embel-embel ini bervariasi berdasarkan kebijakan ritel tersebut. Bahkan, kalau kartu debit yang Anda pakai berbeda dengan bank yang menyediakan mesin EDC di sebuah ritel, sanggup jadi ritel mengenakan biaya tambahan.


4. Tidak Bisa Dipakai di Semua Tempat


 penipuan dan pembobolan dana di rekening menjadi marak √ Ini Dia Cara Menggunakan Kartu Debit untuk Belanja yang Aman


Kartu debit saya dari jaringan VISA/Mastercard, tapi kok tidak sanggup digunakan di semua mesin EDC?” Kartu debit memang mempunyai keterbatasan, terutama kalau digunakan di luar negeri. Ada beberapa tenant di luar negeri yang tidak mendapatkan pembayaran dengan kartu debit VISA/Mastercard, tapi mendapatkan kartu kredit dengan jaringan VISA/Mastercard.


5. Perhatikan Limit Hariannya


 penipuan dan pembobolan dana di rekening menjadi marak √ Ini Dia Cara Menggunakan Kartu Debit untuk Belanja yang Aman


Berbelanja dengan kartu debit memang asyik alasannya yaitu kita tidak perlu mengisi dompet dengan uang tunai yang terlalu banyak. Akan tetapi, Anda juga harus memperhatikan limit harian kartu debit Anda. Tanyakan kepada pihak bank kalau Anda tidak mengetahui limit kartu debit Anda.


Tips Aman Belanja dengan Kartu Debit


 penipuan dan pembobolan dana di rekening menjadi marak √ Ini Dia Cara Menggunakan Kartu Debit untuk Belanja yang Aman


Setiap hal niscaya ada risikonya, termasuk berbelanja dengan kartu debit. Namun, meskipun ada beberapa risiko dari penggunaan kartu debit toh kartu tersebut masih sering digunakan untuk belanja. Berikut yaitu tips kondusif untuk belanja dengan kartu debit:



  • Selalu gunakan PIN sebanyak 6 digit, hindari penggunaan tanda tangan ketika otorisasi pembayaran.

  • Tutup jari Anda dengan tangan yang satunya ketika Anda memasukkan PIN di mesin EDC.

  • Perhatikan nominal belanja yang dimasukkan oleh petugas, jangan hingga nominalnya terlalu banyak alasannya yaitu proses pengembalian dananya cukup sulit dan memakan waktu lama.

  • Simpan kartu debit Anda baik-baik jangan hingga dipinjamkan ke orang lain.

  • Tutup 3 digit arahan CVV di belakang kartu dengan stiker.


Nah, itulah tips dan cara menggunakan kartu debit untuk belanja yang aman. Menggunakan kartu debit tidak selalu buruk, kok. Bahkan, Anda sanggup memanfaatkan sejumlah promo yang tersedia dengan berbelanja menggunakan kartu debit.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Ini Ia Cara Memakai Kartu Debit Untuk Belanja Yang Aman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel