iklan

Cara Budidaya Ikan Cupang Hias Yang Benar (Tips Untuk Pemula)

Bagi anda pecinta binatang anda sanggup melihat  Cara Budidaya Ikan Cupang Hias yang Benar (Tips untuk Pemula)Bagi anda pecinta binatang anda sanggup melihat cara budidaya ikan louhan cencu, selain menimbulkan anjing dan kucing sebagai salah satu binatang peliharaan ada banyak sekali jenis binatang menyerupai reptil ataupun binatang air yang menarik untuk dipelihara.


Untuk reptil anda sanggup mencoba memelihara ular ataupun kura- kura, selain sebab gampang dalam memeliharanya ular dan kura- kura merupakan salah satu jenis binatang yang banyak sekali penggemarnya.


Selain jenis reptil, ada pula jenis binatang air menyerupai udang, kepiting, lobster, dan ikan. Untuk jenis binatang air sendiri dibagi menjadi dua jenis adalah sebagai materi konsumsi dan sebagai binatang hias. Untuk materi konsumsi tentunya berbeda dengan binatang hias secara fungsional maupun fisik. Kebanyakan binatang konsumsi bentuk dan warnanya tidak semenarik dan seunik binatang air hias.


Begitupun binatang air hias yang tidak terlalu berdaging menyerupai binatang air konsumsi. Bagi anda para pemula yang ingin memelihara binatang air, di sarankan supaya anda mencoba untuk memelihara jenis binatang air hias terlebih dahulu. Selain sebab bentuknya yang unik dan beraneka warna anda juga sanggup melihat cara budidaya ikan beunteur, binatang air hias juga terbilang gampang dalam pemeliharaan. Salah satu jenis binatang air hias yang mempunyai banyak sekali penggemar dari dulu sampai kini adalah ikan cupang.


Ikan cupang berbeda dengan ikan lainnya tidak hanya dari segi pemeliharaan tetapi juga karakteristik. Ada dua jenis ikan cupang adalah ikan cupang aduan dan ikan cupang hias. Ikan cupang aduan mempunyai sifat yang sangat garang daripada ikan cupang hias, sedangkan untuk bentuk tubuhnya lebih indah ikan cupang hias. ikan cupang hias mempunyai banyak sekali jenis yang dibedakan dari segi keindahan bentuk ekor dan warnanya.


Semakin indah warna dan bentuk ekor cupang maka semakin mahal pula harganya. Walaupun harga ikan cupang di pasaran selalu naik, jumlah penggemar ikan cupang di pasaran pun tidak kalah tinggi. Ini merupakan peluang bagi anda yang ingin mendapat laba lebih selain memelihara ikan cupang hias. untuk itu anda sanggup melaksanakan cara budidaya ikan cupang hias yang benar menyerupai berikut ini.


Cara Budidaya Ikan Cupang Hias yang Benar



  1. Media Pemijahan Ikan Cupang Hias


Bagi anda pecinta binatang anda sanggup melihat  Cara Budidaya Ikan Cupang Hias yang Benar (Tips untuk Pemula)Langkah pertama dalam cara budidaya ikan cupang hias yang benar adalah menciptakan media pemijahan terlebih dahulu. Media pemijahan sangat penting mengingat sulitnya mencari bibit ikan cupang dan berikut caranya :



  • Untuk daerah media pemijahan sebetulnya anda sanggup memakai banyak sekali macam daerah namun, akan lebih baik kalau anda memakai media akuarium.

  • Akuarium yang sanggup anda gunakan adalah akuarium berukuran kecil berukuran 20x 20x 20 cm.

  • Sediakan juga daerah untuk meletakkan ikan cupang betina, daerah sanggup berupa gelas plastik bekas yang bening.

  • Anda juga perlu menyediakan tumbuhan air menyerupai kayambang, selain sebagai hiasan tumbuhan ini juga diharapkan sebagai embel-embel media. 








  1. Indukan Ikan Cupang Hias


Setelah menyiapkan media pemijahan anda sanggup melihat pupuk kimia sanggup merusak ekosistem dan lingkungan, dalam cara budidaya ikan cupang yang benar berikutnya adalah menyiapkan indukan ikan cupang hias. Pastikan indukan ikan cupang hias merupakan indukan yang sejenis dan berkualitas baik menyerupai berikut :



  • Indukan yang baik berasal dari keturunan yang unggul dengan kondisi yang sehat, bebas dari hama ataupun penyakit serta tidak cacat.

  • Adapun cara untuk membedakan indukan jantan dan betina dilihat secara fisik yaitu, untuk cupang hias jantan lebih lincah dengan sirip ekor yang lebih lebar dan mengembang.

  • Dilihat dari segi warna, cupang hias jantan warnanya lebih cerah dan tubuhnya lebih besar.

  • Berbeda dengan cupang hias betina, gerakannya lebih lamban dan mempunyai sirip ekor yang pendek.

  • Warna cupang betina juga lebih kusam dan tubuhnya lebih kecil.

  • Pastikan anda menentukan indukan cupang jantan yang berumur 4 sampai 8 bulan sedangkan untuk cupang betina berumur 3 sampai 4 bulan.

  • Letakkan indukan secara terpisah terlebih dahulu sebelum pemijahan.









  1. Pemijahan Ikan Cupang Hias


Bagi anda pecinta binatang anda sanggup melihat  Cara Budidaya Ikan Cupang Hias yang Benar (Tips untuk Pemula)Lakukan proses pemijahan ikan cupang dengan sempurna untuk menghasilkan benih cupang unggulan menyerupai dalam cara budidaya ikan cupang hias yang benar berikut ini :



  • Isi akuarium pemijahan terlebih dahulu dengan air setinggi 15 cm memakai air jernih endapan semalam.

  • Tambahkan tumbuhan air sebagai daerah berlindung benih atau biasa disebut dengan burayak.

  • Masukkan ikan cupang hias jantan dan biarkan selama sehari semalam sampai muncul gelembung- gelembung udara di permukaan.

  • Untuk memancing indukan jantan menciptakan gelembung, masukkan ikan betina secara terpisah dalam media pemijahan dengan membenamkan gelas plastik bekas berisi ikan betina.

  • Setelah gelembung terbentuk dengan baik, masukkan indukan betina ke dalam akuarium dan tutup dengan Koran.

  • Letakkan media pemijahan di daerah yang sunyi selama sehari, tunggu sampai telur cupang muncul.



  1. Penetasan Telur Ikan Cupang


Biasanya telur cupang akan muncul dalam waktu seharian berbeda dengan cara menciptakan pupuk SP 36, untuk itu anda juga harus melaksanakan penetasan telur ikan cupang menyerupai dalam cara budidaya ikan cupang hias yang benar berikut :



  • Setelah terjadi pembuahan dengan cirri gelembung udara terisi maka angkat indukan betina.

  • Telur cupang akan menetas dalam waktu sehari semalam dan anda tidak perlu memberinya makan selama 3 hari kedepannya.

  • Setelah 3 hari, anda gres sanggup memberi pakan berupa kutu air jenis monia atau daphnia.

  • Untuk derma makan pastikan dengan cukup dan jangan terlalu banyak sebab sanggup mengotori air dan menimbulkan racun.



  1. Burayak Ikan Cupang Hias


Benih ikan cupang yang sudah menetas atau biasa disebut burayak ini juga perlu diperhatikan dengan baik untuk mengurangi tingkat maut menyerupai dalam cara budidaya ikan cupang hias yang benar berikut ini :



  • Setelah berumur 2 ahad di dalam akuarium, ambil indukan jantan da pindahkan burayak ke dalam media yang lebih besar.

  • Anda sanggup memindahkannya ke dalam akuarium berukuran 30x 30x 30 cm.

  • Berikan pakan berupa kutu air atau larva nyamuk sampai benih berusia 1,5 bulan. 








  1. Media Budidaya Ikan Cupang Hias


Bagi anda pecinta binatang anda sanggup melihat  Cara Budidaya Ikan Cupang Hias yang Benar (Tips untuk Pemula)Dalam cara budidaya ikan cupang hias yang benar berbeda dengan cara budidaya ikan gurame dari larva, anda juga perlu menyiapkan media pembesaran. Media pembesaran sanggup berupa botol ataupun akuarium kecil menyerupai berikut:



  • Setelah berusia 1,5 bulan pisahkan terlebih dahulu antara cupang jantan dan betina.

  • Dalam proses pembesaran sebetulnya cupang betina tidak papa kalau tidak dipisah sesame jenisnya namun akan lebih baik kalau dipisah.

  • Sedangkan untuk cupang jantan harus dipisah dan disendiri- sendirikan dalam wadah.

  • Untuk itu sediakan wadah dengan jumlah yang sama dengan cupang anda.



  1. Pemeliharaan Ikan Cupang Hias


Anda juga perlu melaksanakan pemeliharaan untuk menjaga cupang supaya tetap sehat menyerupai dalam cara budidaya ikan cupang hias yang benar berikut ini :



  • Berilah pakan berupa kutu air, cacing sutera dan larva nyamuk secara teratur sebanyak 3 kali sehari.

  • Gantilah air pada media pembesaran setiap ahad untuk menjaga kualitas air.

  • Berikan obat ikan kalau ikan cupang terkena penyakit ataupun hama.


Itulah banyak sekali langkah yang sanggup anda lakukan dalam cara budidaya ikan cupang hias yang benar. Pastikan anda melakukannya dengan sempurna untuk mendapat hasil yang memuaskan dan selamat mencoba.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Budidaya Ikan Cupang Hias Yang Benar (Tips Untuk Pemula)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel