iklan

Cara Ampuh Mengatasi Android Yang Sering Restart Sendiri (Bootloop)

Bootloop merupakan sebuah duduk masalah yang terjadi pada kegagalan perangkat lunak sistem android pada dikala booting. Biasanya gejala ini berupa kegagalan masuk ke dalam sistem dengan hanya menampilkan logo dari vendor android kau secara berulang-ulang.

Jika kau mengalami duduk masalah menyerupai ini, tentu kau tidak perlu panik. Apalagi hingga membawa ponselmu ke tukang servis. Perlu diketahui, bootloop sendiri mempunyai tiga tipikal, berikut masing-masing pola beserta penjelasannya.
  • Bootloop Ringan: Biasanya ketika android dinyalakan akan mengalami stuck atau tertahan pada logo booting, namun sanggup masuk dalam tampilan home tapi tetap mengalami kejadian tersebut beberapa dikala kemudian.
  • Bootloop Biasa: Ketika android dinyalakan, kau akan tertahan hingga di logo boot animations, namun tetap sanggup mengakses sajian recovery mode atau CWM.
  • Bootloop Terparah: Saat android dinyalakan akan terhenti hingga di logo boot animations, dan tidak sanggup mengakses sajian recovery atau CWM.

merupakan sebuah duduk masalah yang terjadi pada kegagalan perangkat lunak sistem android pada s Cara Ampuh Mengatasi Android yang Sering Restart Sendiri (Bootloop)

Biasanya sebuah android yang mengalami kejadian bootloop tentu mempunyai penyebabnya. Seperti yang kita tahu, bootlop disebabkan lantaran kegagalan sistem dikala booting. 

Nah kesalahan tersebut sanggup terjadi lantaran kau melaksanakan hal-hal seperti, merubah animasi booting, font android yang tidak cocok, memakai launcher, edit permission, hingga melaksanakan rooting. Biasanya duduk masalah bootloop terjadi lantaran pengguna android tetap ngotot untuk melaksanakan root pada ponselnya.

Bagaimana cara mengatasi HP Android yang restart sendiri (bootloop)? Mari simak dalam pembahasan berikut ini hingga tuntas.

Bootloop Ringan (Easy Bootloop)

Jika kau sering mengalami duduk masalah bootlop atau terhenti pada logo booting namun tetap sanggup mengakses sajian android, usahakan bersihkan cache atau mengurangi penggunaan aplikasi yang memakan banyak kinerja random acces memory (RAM).

Karena biasanya bootloop terjadi lantaran android sudah tidak berpengaruh menahan beban dari penggunaan aktifitas yang sanggup menguras habis daya bebas RAM. Padahal kita wajib menyisihkan paling tidak 50MB space free untuk kinerja RAM android.

Jika masih sering terjadi lagi, lakukan reset ulang biar android kau menyerupai gres lagi. Dengan cara menuju Pengaturan > Cadangkan dan Reset > Reset Data Pabrik. Jangan lupa backup data-data penting di android kau ya.


Bootloop Sedang (Medium Bootloop)

Pada duduk masalah bootloop tingkat menengah ini, biasanya hal yang terjadi adalah pengguna akan stuck pada animations logo dan tidak sanggup mengakses sajian android. Hal ini disebabkan lantaran pengguna 
mengotak-atik fitur ataupun sistem android dalam system recovery, salah satunya yakni rooting.

Seperti yang kita tahu, melaksanakan root pada sebuah android sanggup mengurangi garansi dari ponsel itu sendiri. Meskipun user diberikan kebebasan dalam mengakses fitur-fitur yang diinginkan. Namun nyatanya, hal ini sanggup menjadikan kerusakan pada sistem android kalau kita sembarangan.

Jika kau mengalami kejadian menyerupai ini, kau tentu sanggup melaksanakan backup data terlebih dahulu melalui CWM mode. Nah, kemudian kau sanggup memasang custom ROM bawaan pabrik melalui PC atau laptop. Pastikan juga kalau kau memasang CWM yang sesuai dengan tipe androidmu.

Untuk tutorial memasang CWM sendiri, kau sanggup melihat langkah-langkahnya melalui lembaga ataupun website yang memperlihatkan tips memasang custom ROM beserta link d0wnl0adnya.

Bootlop Parah (Hard Bootloop)

Penyebab duduk masalah bootloop yang satu ini biasanya lantaran pengguna mengubah stock ROM bawaan dengan yang berbeda, atau melaksanakan upgrade OS android ke versi terbaru namun mengalami sebuah kegagalan.

Cara mengatasi hard bootloop ini tidak begitu sulit, kau hanya perlu menyediakan Laptop/PC beserta kabel data untuk melaksanakan flashing ROM atau firmware bawaan pabrik. Cara lakukan flashing setiap android tentunya berbeda-beda.

Sama halnya dengan medium bootloop, jika kau sebelumnya belum mem-backup ROM bawaan pabrik, maka kau sanggup mend0wnl0adnya melalui lembaga ataupun website. Namun pastikan juga kalau custom ROM tersebut sesuai dengan android milik kamu.

Dengan adanya kejadian menyerupai itu, tentu sanggup menjadi pembelajaran buat kau biar tidak mengotak-atik sebuah barang yang masih orisinil. Pada intinya, sesudah melaksanakan kejadian bootloop, jangan mengulangi kejadian yang sama.

Itulah ia tips dan cara mengatasi HP android yang restart sendiri atau bootloop. Semoga dengan mengikuti tips di atas, ponsel akil kau segera kembali normal.

Sumber http://www.yatekno.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Ampuh Mengatasi Android Yang Sering Restart Sendiri (Bootloop)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel