iklan

Ternak Kelinci Secara Tepat, Cepat, Dan Terpadu

Ternak kelinci disebut sebagai kegiatan perjuangan ternak yang menghasilkan daging alternatif Ternak Kelinci Secara Tepat, Cepat, Dan Terpadu
gambar ternak kelinci

Ternak kelinci disebut sebagai kegiatan perjuangan ternak yang menghasilkan daging alternatif, dan mempunyai kemampuan kompetitif dalam pemenuhan sumber protein bagi kebutuhan manusia. Usaha ternak kelinci di Indonesia sudah berjalan cukup lama, tepatnya pada masa tahun 80an, ternak kelinci di kembangkan secara luas diberbagai daerah.



Berbagai acara dari pemerintah juga banyak digelontorkan ketika itu, dan tidak tanggung-tanggung pengembangan perjuangan ternak kelinci pribadi dimotori oleh Presiden RI, dalam rangka pemberdayaan masyarakat guna pemenuhan daging sebagai sumber protein hewani.


Seiring berjalannya waktu pengembangan perjuangan ternak kelinci semakin merosot draktis, bahkan tinggal beberapa tempat yang masih mengembangkan perjuangan ternak ini. Ini beliau daerah-daerah pusat kelinci di Indonesia meliputi, Yogyakarta, Lembang Jawa Barat, dan Bedugul di Bali.

Semakin sedikitnya tempat yang mengusahakan ternak kelinci, menciptakan harga jual kelinci melonjak tajam, dan bukan hanya itu undangan pasar akan daging kelinci juga terus meningkat, hal ini menciptakan para peternak kelinci merasa kuwalahan memenuhi undangan tersebut. Melihat peluang yang masih cukup terbuka lebar, tidak ada salahnya kalau Anda mencoba perjuangan ternak kelinci.


Ternak kelinci baru-baru ini banyak diperbincangkan oleh banyak sekali kalangan sebagai perjuangan alternatif yang cukup prospektif. Untuk melakoni bisnis ternak kelinci cukup gampang dengan modal yang rendah juga. Dari segi harga jual, kelinci mempunyai nilai hemat cukup tinggi. Perlu di ingat hingga ketika ini banyak peternak sukses menjalankan ternak kelinci.


Untuk menjalankan ternak kelinci, Anda perlu tahu bagaimana cara-cara yang sempurna untuk mengawali perjuangan ternak ini. Nah, berikut ini langkah-langkah dalam beternak kelinci akan kami kulas jauh lebih lengkap, semoga bermanfaat bagi anda, selamat membaca :


Pedoman Ternak Kelinci


A.Persiapan Kandang


Kandang merupakan tempat dimana Anda akan menjalankan usaha, dalam hal ini yaitu perjuangan ternak kelinci. Maka kami sarankan Anda harus mengetahui bagaimana idealnya sangkar ternak kelinci yang cocok untuk perkembang biak kelinci. Ini beliau tahapan persiapan sangkar kelinci.


Ternak kelinci disebut sebagai kegiatan perjuangan ternak yang menghasilkan daging alternatif Ternak Kelinci Secara Tepat, Cepat, Dan Terpadu
gambar sangkar ternak kelinci

• Pilih lokasi sangkar dengan suhu ideal 21 derajat C.

• Aman, tidak terganggu oleh predator dan jauh dari keramaian

• Kandang ternak harus mempunyai sirkulasi udara yang baik

• Sebaiknya sangkar mendapat penyinaran matahari (maksimal 12 jam/hari)

• Pilih materi pembuat sangkar yang murah, berupa bambu, kayu, dan kawat ram.

• Memiliki tempat untuk membuang kotoran, lantai mempunyai sela-sela biar kotoran tidak menumpuk didalam kandang.

• Sediakan perlengkapan sangkar berupa tempat pakan dan minum ternak kelinci.

• Model kadang ternak kelinci ada tiga tipe, yaitu :



  1. Kandang tipe Battery, sangkar dibentuk dengan model berderet dan bertingkat, dalam setiap sangkar hanya diisi satu ekor kelinci. Anda sanggup memakai ukuran P 50 x L 40 x T 40 cm. Umumnya digunakan untuk pembesaran atau pengemukan.

  2. Kandang tipe ranch, sangkar dengan dilengkapi halaman pengumbaran, model kadang ini membutuhkan tempat yang luas untuk mengumbar ternak kelinci, cocok untuk sebagai sangkar untuk mengawinkan ternak kelinci.

  3. Kandang tipe postal, sangkar dibentuk dibuat berjejeran namun ditempatkan di dalam sebuah ruangan, sangkar tipe ini cocok buat kelinci yang masih muda, lantaran masih rentan terhadap serangan penyakit.


B. Pemilihan Bibit Kelinci


Penentuan bibit kelinci bahu-membahu tergantung dari tujuan dalam perjuangan ternak Anda, Jika usahanya itu untuk menyediakan kebutuhan kelinci hias atau diambil bulunya, maka jenis bibit kelinci Angora, Rex dan America Cinchilla, yang paling sempurna untuk Anda pilih sebagai bibit dalam menjalankan perjuangan ternak kelinci.


Berbeda halnya kalau ternak kelinci Anda bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan daging, maka jenis New Zealand, Flemish Giant, Californian, Himalayan, dan Havana yang sebaiknya Anda pilih. Namun secara umum untuk menentukan bibit kelinci yang baik bahu-membahu sama, kalau dilihat secara fisiknya. Tips-tips menentukan bibit kelinci yang baik sebagai berikut :


Ternak kelinci disebut sebagai kegiatan perjuangan ternak yang menghasilkan daging alternatif Ternak Kelinci Secara Tepat, Cepat, Dan Terpadu
gambar bibit ternak kelinci

10 Langkah cara memilih bibit kelinci :

1. Pilih bibit yang mempunyai pergerakan lincah

2. Napsu makan tinggi

3. Postur tubuh seimbang antara kepala, kaki, tubuh, telinga, dll.

4. Mata besar, bulat, dan higienis (cerah serta tajam)

5. Pastikan kepingan lubang hidung, telinga, hidung, dan dubur higienis atau tidak ada tanda-tanda penyakit,

6. Pilih kelinci dengan pendengaran yang panjang (minimal 10 cm) dan lebar juga.

7. Perhatikan baik-baik pada kepingan kaki dan sela-sela kuku harus higienis juga, kalau ada luka atau penyakit sebaiknya jangan Anda pilih, lantaran sanggup merugikan perjuangan ternak kelinci Anda nantinya.

8. Kelinci berbulu bersih, mengkilat dan halus

9. Memiliki tubuh bulat, dada lebar padat dan rata

10. Pada ekor sebaiknya pilih kelinci dengan ekor kecil tumbuh tidak miring, tampak tumbuh lurus ibarat melekat pungung.


C. Pakan Ternak


Pakan untuk ternak kelinci yaitu terdiri dari hijauan berupa rumput, sayur, biji-bijian, dan pakan komplemen berupa konsentat. Untuk menawarkan pakan hijauan pada ternak kelinci tidak bisa secara langsung, namun harus dilayukan, untuk mengurangi kadar air, menghilangkan zat racun, dan getah, yang sanggup menciptakan kelinci menjadi kejang-kejang atau mencret.


Pakan hijauan ternak kelinci sanggup Anda gunakan ibarat rumput lapangan, kangkung, wortel, daun bunga kol, daun wortel, selada air dan juga sisa-sisa libah sayur lainya, ingat pada libah sayur sebelum menawarkan ke ternak kelinci harus dicuci dengan bersih, dan dilayukan terlebih dahulu.


Sedangkan untuk biji –bijian Anda bisa gunakan Jagung, kedelai, mupun singkong yang digiling, kemudian dicampur dengan konsentrat barulah diberikan untuk pakan ternak kelinci. Untuk menciptakan konsetrat Anda bisa pakai materi berupa polard, bekatul, bungkil kedelai, ampas tahu dan tepung ikan yang digiling halus.


Catatan ternak kelinci: Anda bisa gunakan salah satu dari jenis pakan yang kami sebutkan diatas, pada dasarnya cari materi pakan ternak kelinci yang paling gampang didapatkan, dan harganya juga relatiif murah.


Ternak kelinci disebut sebagai kegiatan perjuangan ternak yang menghasilkan daging alternatif Ternak Kelinci Secara Tepat, Cepat, Dan Terpadu
gambar donasi pemeliharan pakan kelinci

Berikut Jadwal Pemberian Pakan Ternak Kelinci



  • Pada pagi hari sebaiknya sangkar dibersihkan terlebih dahulu, basuh higienis tempat pakan, tempat minum dan kotoran pada kandang.

  • Pukul 07.00-08.00 WIB berikan pakan berupa hijauan, yang sudah dilayukan.

  • Pukul 10.00 WIB berikan komplemen pakan konstrat (1 ons/ ekor)

  • Sore pukul 15.00-16.00 berikan hijauan dengan jumlah lebih banyak, mengingat kelici juga melaksanakan acara pada malam hari.

  • Perbandingan donasi pakan hijauan dan konstrat yaitu (3: 1). Pada kelinci yang sedang menyusui maka porsi pakan harus ditingkatan sesuai kebutuhan, baik konstrat maupun hijauan.


D. Cara Pemeliharan Ternak Kelinci


Tahapan pemeliharan ternak menjadi sangatlah penting dalam menjalankan perjuangan ternak kelinci ini. Karena tanpa pemeliharan yang baik, perjuangan yang dijalankan akan sia-sia. Untuk itu kami sajikan hal-haol apa saja yang dibutuhkan dalam menjalankan perjuangan ternak kelinci berikut ini.


Pertama, lakukan tindakan secara preventif dengan menjaga sanitasi sangkar supaya tempat pemeliharaan selalu kering. Kondisi sangkar yang lembab sanggup menjadi sumber banyak sekali penyakit bagi kelinci. Langkah ini harus dilakukan secara rutin setiap hari biar ternak sanggup berkembang biak dengan baik.


Kedua, pengontrolan penyakit secara rutin sebagai tidakan penanganan awal ketika ternak terjangkit penyakit. Umumnya gejala-geja kelinci yang mulai terjangkit penyakit sanggup terlihat, ibarat tidak napsu makan, suhu tubuh tinggi dan bulu kusam serta mata sayu. Jika hal ini tidak diketahui oleh Anda dan penanganya terlambat maka sanggup mengakibatkan kematian.


Ketiga, perawatan ternak kelinci mencakup langkah penyapihan anak kelinci dilakukan ketika umur ternak 7-8 minggu, memisah antara induk betina yang sedang buting dengan penjantan, memasukan kelinci muda kekandang secara sendiri-sendiri supaya pertumbuhan lebih maksimal dan proses vaksinasi 1 kali/bulan.


Keempat, donasi pakan secara teratur, mengenai cara donasi pakan ternak kelinci sudah kami bahas diatas, yang pada prinsipnya berikan pakan pada ternak sesuai kebutuhan ternakitu sendiri dengan harga terjangkau.


Kelima, merawat sangkar ternak kelinci dengan membersihkan sisa pakan dan kotoran yang dilakukan setiap hari. Kandang sebaiknya mendapat sinar matahari pagi dan upayakan setiap 3 bulan sekali sangkar disemprot insektan biar sangkar terhidar dari virus maupun penyakit.


Ternak kelinci disebut sebagai kegiatan perjuangan ternak yang menghasilkan daging alternatif Ternak Kelinci Secara Tepat, Cepat, Dan Terpadu
gambar pemeliharaan kelinci

Selain tahapan-tahapan yang kami jelaskan diatas, pada prinsipnya dalam ternak kelinci yaitu ketekunan dan kesabaran Anda menjalankan perjuangan ternak ini. Tidak ada salahnya Anda mencoba terlebih dahulu, mengawali dengan ternak kelinci 1 atau 2 ekor dirumah Anda. Selamat mencoba.


Cara Mengobati Penyakit Pada Ternak Kelinci


Penyakit pada kelinci terjadi akhir perawatan sangkar yang kurang baik, sehingga mengakibatkan kelinci rentan terjangkit penyakit. Makara kalau Anda ingin ternak tidak terjangkit penyakit, caranya pastikan sangkar ternak Anda selalu higienis dan kering, itu kunci pentingnya.

Berikut penyakit-penyakit yang paling sering menyerang ternak kelinci:



  • Kudis, berupa koreng yang timbul pada kepingan tubuh kelinci, penyakit ini disebabkan oleh basil Darcoptes scabiei. Untuk mengoibatinya cukup dengan dioleskan salep anti biotik (salep gatal-gatal pada manusia), bisa Anda dapatkan di apotik terdekat.

  • Bisul, terjadi pembengkakan pada kepingan bawah kulit, berbentuk benjolan mengumpulnya darah kotor. Cara mengobatinya dengan melaukan pembedahan dengan mengeluarkan gumpalan darah kotor tersebut denganbersih sehabis itu berikan jodium secara merata pada luka tersebut.

  • Penyakit telinga, ditandai adanya koreng pada kepingan telingan kelinci, untuk mengobatinya cukup dengan mengolesi mu=inyak nabati (minyak kelapa)

  • Eskim, penyakit ini ditandai dengan menempelnya kotoran pada kulit ternak kelinci, untuk mengobati bersihkan kelinci dengan air sehabis kering olesi bedak salicyl yang tersedia di toko terdekat.

  • Pilek, obati dengan menyemprotkan antiseptic pada hidung kelinci

  • Penyakit mata, disebabkan lantaran debu maupun bakteri, obati dengan salep mata atau obat tetes mata.

  • Penyakit kulit, sanggup bersihkan dan diobati menaburi bubuk welirang pada kepingan kulit.


Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk berguru ternak kelinci, kalau ada hal yang kurang berikan komentar Anda, untuk membuatkan pengalaman cara ternak kelinci yang tepat.




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ternak Kelinci Secara Tepat, Cepat, Dan Terpadu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel