iklan

Pengertian, Ragam Sampai Jenis-Jenis Seni Grafis | Ayoksinau.Com

Pengertian Seni Grafis – Seni grafis termasuk dalam bab dari seni rupa yang bersifat dua dimensi. Istilah dari grafis sendiri diambil dari bagasa Inggris yaitu graph atau graphic yang artinyayaitu menciptakan tulisan, gambar dan lukisan dengan cara ditoreh atau digores.Seni grafis juga memilikiarti citra sesuatu yang nyata. Dalam sejarah dan kebudayaan insan di nusantara ini, seni sudah ada semenjak zaman kerikil dengan bukti gambar cap tangan yang ada di dinding Gua.

Pengertian Dan Ragam Seni Grafis

 Seni grafis termasuk dalam bab dari seni rupa yang bersifat dua dimensi Pengertian, Ragam Hingga Jenis-Jenis Seni Grafis | Ayoksinau.com

Seni grafis termasuk kedalam bab dari seni rupa yang berdimensi dua. Istilah grafis diambil dari bagasa Inggris graph atau graphic yang berarti menciptakan tulisan, gambar atau lukisan dengan cara ditoreh atau digores.Seni grafis yaitu karya seni rupa dua dimensi yang proses pembuatannya melalui teknik cetak

Baca juga :

Ragam Seni Grafis

Seni grafis ada terdapat aneka macam macam. Pembagian jenis-jenis seni grafis dilakukan berdasarkan teknik dari pembuatannya. Bahan dan alat yang dibutuhkan dalam sebuah karya seni grafis sangatlah beragam, sesuai dengan teknik yang akan digunakan;

Jenis-Jenis Cetakan Seni Grafis

1. Cetak tinggi

Cetak tinggi merupakan ragam dari karya seni grafis yang proses pembuatannya melalui tahapan-tahapan. Tahap pembuatan dengan cetakan dari materi yang dicukil sehingga pada permukaan menjadi tinggi dan rendah (relief). Pada bab yang tinggi inilah nantinya akan dilumuri tinta cetak dengan alat rol karet. Lalu  akan cetakkan pada lembaran kertas sehingga akan membentuk gambar yang sesuai dengan cetakannya.

Teknik cetak tinggi ini memakai materi hardboard, karet, kayu, aluminium, kertas karton, kertas tela, cat minyak dan tinta. Sedangkan untuk alat yang dipakai yaitu pisau pahat dan roll.

Contoh seni cetak tinggi yang sering kita temukan ada pada pembuatan cap atau stempel.

2. Cetak saring (screen printing)

Cetak saring merupakan ragam karya seni grafis yang pada proses pembuatannya melalui beberapa tahapan. Tahapan pembuatan cetakan ini dari materi screen atau kain yang akan dilapisi materi peka cahaya. Kemudian screen kemudian ditutup dengan film dan dilakukan penyinaran. Kemudian, screen dicuci dan akan terbentuk cetakan berlobang (saring) yang sesuai dengan filmnya. Lalu cat dituangkan di atas screen dan di rakel sehingga akan membentuk gambar sesuai dengan cetakannya.

Teknik cetak saring memakai afdruk ibarat cromatine, ulano, cat sablon dan film. Sedangkan alat yang dipakai berupa screen, rakel dan meja sablon. Cetak sablon termasuk dalam jenis cetak saring. Sablon sudah banyak kita jumpai pada pembuatan gambar dan goresan pena yang ada pada kaus dan spanduk.

3. Cetak dalam (intaglio print)

Cetakan dalam merupakan ragam seni grafis yang dibentuk memakai cetakan dari bahan-bahan plat aluminium yang ditoreh dengan alat tajam sehingga akan membentuk gesekan yang dalam. Kemudian tinta dituangkan pada gesekan dalam yang  di atasnya diletakkan kertas yang sudah dibasahi dengan air. Tintapun akan menempel pada kertas maka terbentuklah gambar yang sesuai dengan cetakan yang kita inginkan.

Teknik cetak dalam ini sanggup memakai bahan-bahan ibarat aluminium, kertas dan tinta. Sedangkan alat yang dipakai yaitu paku atau besi runcing.

4. Cetak foto atau fotografi

Cetakan foto atau fotografi merupakan ragam seni grafis yang proses pembuatannya melalui pemotretan memakai kamera, pencetakan gambar foto dan pembersihan film. Teknik cetak afdruk memakai film untuk fotografi.Kertas foto dan materi basuh film. Untuk alatnya dipakai yaitu kamera. Ada satu lagi jenis cetak foto yang terkait dengan fotografi, yaitu memakai teknik cetak digital.

Pada teknik ini memakai materi kertas, tinta dengan memakai alat kamera digital, computer dan printer.

Baca juga ulasan di bawah ini :

Demikianlah ulasan dari ayoksinau.com yang mengenai pengertian seni grafis, supaya sanggup bermanfaat dan menambah wawasan anda.


Sumber https://www.ayoksinau.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian, Ragam Sampai Jenis-Jenis Seni Grafis | Ayoksinau.Com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel