iklan

Pengertian Konsumsi Tujuannya Dalam Aktivitas Ekonomi (Lengkap)

Pengertian Konsumsi – Pada pembahasan kali ini ayoksinau.com akan membahas wacana acara ekonomi yang ada di Indonesia. Manusia akan melaksanakan acara setiap harinya dengan tujuan untuk sanggup memenuhi kebutuhan hidupnya. Kegitan acara yang dilakukan masyarakat tergantung dengan kebutuhannya masing-masing. Kebutuhan tersebut akan terus dilakukan alasannya yaitu semakin hari akan semakin bertambah dan berkembang dan dengan dihadapkan pada alat pemuas kebutuhan. Kegiatan dalam upaya untuk memebuhi kebutuhan lah yang disebut dengan kebutuhan ekonomi.

 akan membahas wacana acara ekonomi yang ada di Indonesia Pengertian Konsumsi  Tujuannya Dalam Kegiatan Ekonomi (Lengkap)

Dan pada pembahasan ini kita akan membahas salah satu acara ekonomi yaitu konsumsi. Sudahkah kalian tau apa itu kebutuhan konsumsi? Dan apa tujuannya ?

Untuk lebih jelasnya mari kita ulas secara terang apa itu konsumsi dan apa tujuannya.

Pengertian Konsumsi

Apa yang dimaksud dengan konsumsi ?

Nah sebelum saya jelaskan coba kalian ingat-inget kebutuhan yang selalu kalian gunakan.

Jadi Konsumsi merupakan setiap acara menggunakan, memakai  dan menghabiskan kegunaan setiap barang baik itu dipakai secara berangsur-angsur atau secara sekali habis.

Contoh barang yang dipakai secara berangsur-angsur diantaranya buku pelajaran, tas, seragam, sepeda, kendaraan beroda empat dan masih banyak barang yang lainnya.

Barang yang sudah dipakai insan dalam acara sehari-hari juga sudah sanggup dikatakan acara konsumsi. Barang-barang yang dipakai setiap insan juga berbeda-beda tergantung umur.

Baca juga :

Tujuan Konsumsi

Jadi apa tujuan kalian mengkonsumsi barang ?

Setiap insan menggunakan barang tentu saja mempunyai tujuannya yaitu dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidupnya demi kelangsungan hidupnya. Selain dengan jalannya kemajuan peradaban insan dan kebutuhan hidup manusiamaka semakin hari kebutuhan insan akan selalu bertambah dan semakin beraneka ragam.

Untuk itulah insan harus selalu bekerja untuk mendapat penghasilan. Dan dengan semakin besarnya penghasilan maka akan semakin besar pula kebutuhan atau pengeluarannya.

Lalu siapa saja yang melaksanakan acara ekonomi?

Dalam ilmu ekonomi, pelaku acara ekonomi kebanyakan dilakukan rumah tangga keluarga, rumah tangga negara dan suatu perusahaan.

Kegiatan ekonomi sangatlah penting dalam kegitan ekonomi demi kelangsungan hidup manusia. Akan tetapi perilaku boros tidak dibenarkan. Setiap insan juga harus selalu mempertimbangkan pengeluaran menurut besarannya pendapatan dan harus selalu selektif dalam melaksanakan acara ekonomi.

Kita harus selalu mendahulukan kebutuhan-kebutuhan yang prioritas atau yang paling penting dahulu. Dan untuk mengelola hal tersebut maka harus menciptakan skala prioritas kebutuhan yang diubahsuaikan dengan pendapatannya. Ketika melaksanakan acara konsumsi harus diubahsuaikan antara kebutuhan barang dan kebutuhan jasa.

Berdasarkan tujuannya, acara konsumsi sanggup dibedakan atas beberapa hal, diantaranya

1. Konsumsi produktif

Konsumsi produktif merupakan konsumsi yang tujuannya untuk sanggup menghasilkan barang ataupun jasa.

Contoh konsumsi produktif : Pak Mursal seorang pengusaha tahu, pak mursal selalu membeli kedelai, mesin penggiling, panci, kompor dan lain-lain  yang bukan hanya untuk kebutuhan pribadi tetapi untuk melaksanakan usahanya. Diharapkan dengan menghasilkan tahu, maka akan sanggup dijual ke pasar dan mengharapkan adanya keuntungan.

2. Konsumsi konsumtif/akhir

Konsumsi konsumtif merupakan konsumsi dengan tujuan untuk sanggup memenuhi kebutuhan sendiri.

Contohnya : bu Juminah membeli komplemen untuk dipakai sendiri

Baca juga artikel di bawah ini :


Sumber https://www.ayoksinau.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Konsumsi Tujuannya Dalam Aktivitas Ekonomi (Lengkap)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel