iklan

Pengertian Integritas Berdasarkan Para Hebat Beserta Klarifikasi Lengkap | Ayoksinau.Com

Pengertian Integritas – Anda niscaya sering mendengar kata integritas bukan? Hal yang pertama kali terbayang di pikiran penulis ialah berkaitan dengan permasalahan kepemimpinan. Permasalalahan perihal kepemimpinan memang sering kali dikaitkan dengan istilah integritas. Terdapat banyak jago administrasi yang menyatakan bahwa setiap pemimpin yang sukses dan berhasil sesuai dengan apa yang diinginkan ialah alasannya ialah selalu didasari atau dilandasi dengan integritas yang tinggi. Tanpa integritas yang tinggi, sudah niscaya kepemimpinan yang dilaksanakan oleh pemimpin tersebut tidak akan berhasil atau sesuai dengan rencana. Lalu, berdasarkan Anda integritas itu apa? Baiklah pada kesempatan kali ini Ayoksinau.com akan memaparkan arti kata integritas.

 Anda niscaya sering mendengar kata integritas bukan Pengertian Integritas Menurut Para Ahli Beserta Penjelasan Lengkap | Ayoksinau.com
Pengertian Integritas Menurut Para Ahli Beserta Penjelasan Lengkap

Pengertian Integritas

Kata integritas berasal dari bahasa Latin yakni dari kata “Integer” yang berarti “lengkap atau utuh”. Jika  kita artkan dari asal katanya tersebut, maka integritas sanggup kita artikan sebagai suatu perjuangan yang utuh dan lengkap yang dilandasi dengan kejujuran, kualitas, serta konsistensi huruf dari seseorang tersebut.

Secara umum Integritas diartikan sebagai sebuah konsistensi dan keteguhan yang tidak tergoyahkan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai luhur serta keyakinan. Integritas juga sanggup diartikan sebagi suatu konsep yang menatap konsistensi antara suatu tindakan dengan nilai atau prinsip. Dalam sudut pandang etika, integritas dikatakan sebagai kejujuran atau kebenaran dari setiap tindakan seseorang. Lawan kata dari integritas adalah hipocrisy (munafik).

Seseorang dapatdikatakan “memiliki integritas” apabila tindakan yang dilakukan oleh seseorang tersebut telah sesuai dengan nilai, prinsip serta keyakinan yang dipegangnya. Perumpamaan mudahnya ciri seorang yang memiliki integritas adalah ditandai dengan kata-katanya yang selalu benar atau sanggup dipegang selaras dengan perbuatan yang dilakukannya. Seorang yang mempunyai integritas adalah tipe manusia yang tidak memilki banyak wajah, serta penampilannya diadaptasi dengan kepentingan pribadinya. Integritas menjadi kunci utama huruf seorang pemimpin. Seorang pemimpin yang mempunyai integritas akan mendapat iktikad (trust) dari bawahannya atau dari orang-orang yang ia pimpin. Pemimpin yang mempunyai integritas selalu dipercayai alasannya ialah apa yang Ia ucapankan selalu sesuai dengan  tindakannya.

Baca juga:

Pengertian Karakter | Penjelasan Lengkap Menurut Para Ahli – Ayoksinau.com

Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli | Ayoksinau.com

Pengertian Integritas Menurut Para Ahli

Sebenarnya berbagai pendapat para jago perihal arti kata integritas, akan tetapi hanya beberapa saja yang sanggup Ayoksinau.com tuliskan di artikel ini sebagai materi pertimbangan Anda dalam mendeskripsikan pengertian integritas. Adapun beberapa pendapat tersebut ialah sebagai berikut.

  • Menurut Henry Cloud, integritas ialah upaya seseorang untuk menjadi orang yang utuh walaupun di setiap bab dirinya berbeda. Integritas juga diartikan sebagai orang yang selalu bekerja dengan baik dan selalu menjalankan tugasnya sesuai dengan apa yang telah direncanakannya sebelumnya. Integritas sangat berkaitan dengan keefektifan serta keutuhan seseorang sebagai seorang manusia.
  • Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, integritas sanggup diartikan sebagai sifat, mutu dan keadaan yang menggambarkan suatu kesatuan yang utuh, sehingga mempunyai potensi dan kemampuan yang selalu memancarkan kejujuran dan kewibawaan.
  • Menurut Ippho Santoso, integiras ialah menyatunya perkataan, pikiran, serta perbuatan biar sanggup melahirkan kepercayaan. Jika dilihat dari asal katanya, integritas mempunyai makna berbicara secara lengkap dan utuh seutuh-utuhnya.
  • Menurut Andreas Harefa, yang dimaksud dengan integritas ialah 3 hal yang selalu sanggup kita amati, yaitu memenuhi komitmen, menawarkan kejujuran, dan mengerjakan sesuatu dengan penuh konsisten.

Integritas Nasional

Selain dihubung-hubungkan dengan problem kepemimpinan, istilah integritas juga sering dihubung-hubungkan dengan kata nasional. Nah, kini yang menjadi pertanyaan ialah apa itu integritas nasional?

Dalam artian secara sederhana, integritas nasional ialah integritas yang dipakai dalam menjalankan sebuah negara. Sedangkan dalam arti luas, integritas nasional sanggup diartikan sebagai hasrad atau pun kesadaran yang muncul secara berkelanjutan dari individu atau orang yang tinggal, menertap dan suatu negara untuk sanggup menyebarkan negara yang ditinggalinya tersebut biar bisa menjadi lebih baik dan lebih maju lagi.

Di negara Indonesia sendiri, integritas nasional pun pernah terjadi secara bersamaan atau serempak yaitu pada 28 Oktober 1928, tepatnya pada ketika hari Sumpah Pemuda pada waktu itu. Pada ketika itu, seluruh perjaka di Indonesia bersatu dan bekerja sama untuk melawan penjajah untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Itulah pemaparan dari Ayoksinau.com perihal Pengertian Integritas, semoga apa yang Ayoksinau.com paparkan di atas sanggup bermanfaat bagi Anda. Kunjungi terus Ayoksinau.com untuk menambah wawasan anda. Terimakasih.

Artikel menarik yang harus Anda baca:

Macam-Macam & Manfaat Bioteknologi Bagi Kehidupan Manusia | Ayoksinau.com

Pengertian Karakter | Penjelasan Lengkap Menurut Para Ahli – Ayoksinau.com

Pengertian Ideologi – Sudahkah Anda Mengetahuinya | Ayoksinau.com

13+ Gunung Tertinggi Di Pulau Jawa & Ketinggiannya | Ayoksinau.com


Sumber https://www.ayoksinau.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Integritas Berdasarkan Para Hebat Beserta Klarifikasi Lengkap | Ayoksinau.Com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel