iklan

Pakan Ternak: Mengubah Keong Menjadi Pakan Ternak Berkualitas

gambar keong pakaan ternak berkulitas image Pakan Ternak: Mengubah Keong menjadi Pakan Ternak Berkualitas
gambar keong pakaan ternak berkulitas

Keong sering menjadi musuh petani. Tidak sedikit petani yang mengeluh alasannya yaitu tumbuhan padinya yang masih kecil dihabiskan oleh  keong. Penyelesainya biasanya petani memakai pestisida semoga keong  sebagai hama tumbuhan tersebut mati.


Keong tergolong dalam kelas binatang Gastopoda yaitu mempunyai cangkang berbetuk gelung pada fase dewasa, dengan warna cangkang kuning ke emasan. Hewan ini mempunyai telur berwarna merah muda, biasanya banyak dijumpai di areal persawahan, sungai, maupun kolam. Keong tergolong sebagai hama tumbuhan yang cukup meresahkan petani, jadi sangat masuk akal banyak petani yang risau akan keberadaan keong ini.


Sebenarnya binatang yang kerap dikenal sebagai hama padi ini, mempunyai manfaat kandungan kalsium dan protein yang cukup tinggi bagi badan insan dan hewan. Hanya saja jenis keong sawah (keong emas)/bekicot bagi insan jarang dimanfaatkan untuk dikonsumsi alasannya yaitu daya tahan badan insan yang kurang sanggup menerimanya dengan baik, sehingga menjadikan keracunan.


Anda harus harus tahu bedanya, pada umumnya keong yang sanggup dimakan oleh insan yaitu jenis keong Helix  asspersa dan helix pommatia. Ini berbeda dengan jenis keong emas yang biasa ditemukan disawah, keong ini tidak mengandung racun, sehingga tapat dicerna oleh badan manusia.


gambar keong pakaan ternak berkulitas image Pakan Ternak: Mengubah Keong menjadi Pakan Ternak Berkualitas
gambar keong sawah/keong mas

Keong emas/sawah dan bekicot sebaiknya dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Kandungan protein yang cukup tinggi dengan kandungan lemak rendah serta kaya vitamin sangat baik untuk membantu mempercepat pertumbuhan ternak-ternak yang Anda pelihara.


Berikut Komposisi daging keong tiap 100 gram bab yang sanggup dimakan, mencakup :
















































































NoKomposisi GiziJumlah
1Energi90 kkal
2Air79 g
3Protein16,1 g
4Karbohidrat2 g
5Lemak1,4 g
6Magnesium250 mg
7Kalium170 mg
8Zat Besi3,5 mg
9Fosfor272 mg
10Kalium382 mg
11Niacin1,4 mg
12Folat6 mg
13Vitamin A100 UI
14Vitamin E5 mg

Sumber :USDA (2006)


Daging keong sanggup diberikan untuk pakan ternak dalam keadaan mentah maupun bentuk olahan. Biasanya keong dijadikan pakan pada jenis ternak menyerupai sapi, kambing, unggas, ayam maupun bebek. Selain itu juga sanggup dijadikan pakan ternak ikan seperti, pada ikan patin, lele, gurameh, ikan mas, dan juga untuk pakan ternak belut.


Mengubah keong menjadi pakan ternak berkulitas sanggup Anda lakukan dengan mudah. Tentunya ada beberapa hal yang harus Anda siapkan. Pemanfaatan keong ini sanggup menjadi solusi pakan ternak alternatif dan berkualitas untuk mendorong peningkatan produksi perjuangan Anda. Berikut kami berikan cara mengolah pakan ternak dengan materi keong, selamat membaca..


A. Cara Membuat Silase Daging Keong untuk Pakan Ternak


gambar keong pakaan ternak berkulitas image Pakan Ternak: Mengubah Keong menjadi Pakan Ternak Berkualitas
gambar pemanfaat keong sebagai pakan ternak

Silase merupakan cara pengolahan pakan ternak dengan cara mengawetkan melalui proses penyimpanan, materi pakan ternak tersebut akan mengalami fermentasi sehingga gampang untuk dicerna oleh ternak. silase umumnya dilakukan pada tanaman, rerumputan, biji-bijian namun kali ini kami akan menawarkan tips menciptakan silase daging keong sebagai berikut :


Langkah-langkah menciptakan silase daging keong:



  1. Kumpulkan keong dari sawah, kolam, sungai sebanyak-banyaknya

  2. Keluarkan daging segar keong dari cangkanynya, alasannya yaitu terperinci mustahil cangkang kita jadikan pakan ternak, jadi ambil dagingnya saja.

  3. Cuci daging yang telah Anda keluarkan dengan bersih, pakai air biasa saja.

  4. Lakukan basuh kembali dengan air garam

  5. Kemudian Anda harus basuh lagi dengan air kapur, supaya pakan ternak yang dihasilkan terhidar dari racun.

  6. Daging selanjutnya digiling dengan mesin pengiling kemudian ditiriskan, supaya kadar air berkurang

  7. Campur daging keong giling tersebut dengan bekatul. Dalam mencampur Anda sanggup gunakan perbandingan 4: 1 kg

  8. Siapkan tong plastik, kemudian isi dengan adonan daging keong dan bekatul yang tadi sudah disiapkan.

  9. Padatkan, supaya tidak ada rongga udara

  10. Tutup dengan plastik secara rapat.

  11. Lakukan pengecekan secara terencana dan dengan mengaduk sekaligus.


Proses pembuatan pakan ternak berupa silase keong ini, semoga  fermentasi daging keong berlangsung tepat maka diperlukan waktu 12 hari. Setelah itu silase sudah sanggup dipakai untuk pakan ternak.


Silase daging keong/bekicot sangat bermanfaat sebagai embel-embel pakan binatang ternak Anda. Kandungan protein yang tinggi sanggup membatu mempercepat pertumbuhan ternak. Pada jenis ternak rumnisia atau pemakan rumput menyerupai ternak kambing, sapi Anda cukup menawarkan 10% dari total dukungan pakan perharinya.


Berbeda halnya pada ternak ayam atau unggas, pakan ternak dari silase keong sanggup dipakai dengan dosis yang lebih banyak yaitu 20%. Pakan ternak berupa silase sanggup bertahan lebih usang yaitu caranya dengan melaksanakan penjemuran atau dioven.


gambar keong pakaan ternak berkulitas image Pakan Ternak: Mengubah Keong menjadi Pakan Ternak Berkualitas
gambar daging keong dijemur

Manfaat pembuatan silase keong untuk pakan ternak selain untuk mengawetkan daging keong, juga untuk mengatifkan zat selulosa melalui proses fermentasi. Anda perlu tahu dengan aktifnya kandungan tersebut sanggup memudahkan binatang ternak dalam mencerna makanan, dan sanggup mempersingkat absorpsi nutrisi.


B.Cara Membuat Tepung Daging Keong


Tahapan pembuatan tepung dari daging keong lebih gampang dibanding dengan pembuatan silase, alasannya yaitu tidak memakan waktu lama. Biasanya tepung daging keong dipakai sebagai pakan ternak dan juga untuk pakan ikan seperti, ikan gurame, ikan mas, ikan lele, ikan patin dan jenis ikan lainya.


5 langkah gampang pembuatan pakan ternak berupa tepung daging keong sebagai berikut :



  1. Kumpulkan keong, kemudian pisahkan daging dengan cangkangnya.

  2. Iris daging keong menjadi bab tipis-tipis

  3. Keringkan dengan dijemur di bawah terik matahari atau dengan di oven, supaya kadar air pada daging keong berkurang ± 14%

  4. Setelah daging benar-benar kering giling daging tersebut menjadi tepung (granule)

  5. Tepung siap dicampurkan dalam pakan ternak atau untuk pakan ikan.


Mudah bukan, cara menciptakan tepung dari daging keong. Jika Anda ingin tau Anda sanggup mencobanya sendiri dirumah.


Pembuatan pakan ternak dengan mengubah keong menjadi pakan berkualitas tinggi, secara nilai irit cukup menguntungkan, alasannya yaitu sanggup menekan biaya pakan ternak, yang biasanya cukup besar Anda keluarkan. Semoga artikel ini mengispirasi perjuangan Anda. Terima kasih


 


Sumber :Baharudin Sentot-Tekonogi Mudah Untuk Petani Mandiri-2010




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pakan Ternak: Mengubah Keong Menjadi Pakan Ternak Berkualitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel