iklan

Cara Merawat Hardisk Eksternal Biar Tahan Lama


Pernahkah Anda mengalami momen ketika menancapkan hardisk ke PC tiba-tiba terdapat jendela yang memberitahukan perintah format?





Jika pernah sanggup mengikuti cara: memperbaiki hardisk eksternal yang minta format.





Selain itu, pernahkah hardisk yang Anda miliki ketika disambungkan ke PC menimbulkan bunyi klik-klik? kalau pernah sanggup mengikuti cara: memperbaiki bunyi krek atau klik di hardisk.





Atau tidak sanggup di eject? sanggup mengikuti: memperbaiki hardisk eksternal tidak sanggup di eject.





Hal ini sanggup jadi HDD eksternal yang Anda miliki mulai rusak. Akan lebih disayangkan kalau problem menyerupai ini muncul pada hardisk baru.





Karena itu, sebaiknya sedari awal Anda menerapkan cara merawat hardisk eksternal biar tahan usang dan tidak cepat rusak menyerupai yang diuraikan berikut ini.





Pernahkah Anda mengalami momen ketika menancapkan hardisk ke PC datang Cara Merawat Hardisk Eksternal Agar Tahan Lama




Bagi Anda yang ingin biar hardisk eksternal yang dimiliki tidak cepat rusak, inilah beberapa tips perawatan yang sanggup diikuti.





Menerapkan cara yang sempurna ketika melepas hardisk dari PC atau laptop





Cara merawat hardisk eksternal biar tidak cepat rusak yang pertama kali ini yaitu menerapkan cara yang dianjurkan ketika melepas hardisk.





Sebagai contoh, apabila telah final digunakan, sebaiknya gunakan fitur Save remove hardware. Selain itu, untuk keamanan maksimal, jangan sembarangan me-remove hard drive dari pc begitu hard drive terbaca atau terinstal.





Dengan menerapkan cara ini, Anda sanggup meminimalisir resiko hardisk eksternal dari problem yang diakibatkan oleh trauma fisik menyerupai malfungsi dan sebagainya.





Hindari penempatan hardisk eksternal di daerah yang rentan gerak





Tips berikutnya yang juga dilarang diabaikan yaitu menempatkan hardisk drive eksternal pada daerah yang stabil. Perlu diketahui bahwa hardisk eksternal lebih fragile dari yang Anda kira.





Menempatkan HDD Anda di daerah yang rentan dengan gerakan menyerupai getaran atau senggolan juga akan menimbulkan trauma fisik pada hardisk.





Jadi, sebisa mungkin tempatkan hardisk eksternal di lokasi yang kondusif dari ketukan, goncangan, dan sebagainya. Jika secara sengaja atau tidak sengaja terus dilakukan, data yang ada di dalamnya sanggup rusak atau corrupt.





Sering bersihkan debu yang terdapat di hardisk





Sering membersihkan debu yang ada pada hardisk sanggup melancarkan performa dari hardisk eksternal itu sendiri. Anda sanggup terlebih dahulu membuka wadahnya kemudian membersihkan bagian-bagian yang sering menjadi daerah berkumpulnya debu.





Melakukan tips ini akan membantu hardisk mendapat sirkulasi yang baik. Selain itu, cara ini juga mempunyai kegunaan untuk meminimalisir resiko kerusakan jawaban panas berlebihan pada hardisk.





Berhati-hati ketika melaksanakan defragment file yang terpecah-pecah





Terkadang, tindakan tidak sengaja sanggup menciptakan file atau data terfragmentasi. Walaupun fragmentasi bukanlah merupakan penyebab eksklusif dari kerusakan pada hard drive, faktanya hal ini juga menimbulkan problem ketika Anda ingin mencari file tertentu.





Salah satu cara merawat hardisk eksternal biar tidak cepat rusak ini perlu dilakukan biar problem fragmentasi file yang semakin memburuk tidak menimbulkan keausan hardisk.





Perlakukan hardisk eksternal dengan benar ketika dipakai maupun tidak





Sebaiknya cabut hardisk dari pc dan shut down pc tersebut. Jika tidak dipakai selama beberapa jam, Anda sanggup menciptakan pc dalam mode hibernate.





Selain itu, sebaiknya hindarkan hardisk dari benda bermagnet atau cairan lantaran hal itu sanggup mempengaruhi komponen mekanik dan data pada hardisk.





Ketika mencabut kabel penyambung hardisk dengan pc, usahakan untuk menarik pada serpihan kepala konektornya. Dengan begitu, serpihan dalam maupun luar kabel tidak akan terulur atau bahkan terputus komponennya.





Menggunakan hardisk seperlunya





Kebiasaan on-and-off pada perangkat juga sanggup menciptakan performa hardisk turun. Oleh alasannya yaitu itu, sebaiknya Anda memperlakukan hardisk drive dengan benar khususnya ketika digunakan.





Jika tidak digunakan, jangan membiarkan hardisk terus menancap pada pc. 7. Gunakan device yang sanggup melindungi hardisk drive dari sentakan listrik.





Gunakan perangkat aksesori yang sempurna untuk keamanan dan performa hardisk





Agar lebih kondusif dari bantingan, Anda sanggup menambahkan wadah pelindung pada hardisk eksternal. Selain itu, biar performa hardisk tersebut tidak terganggu, gunakan kabel yang sesuai untuk menyambungkan hard drive dengan pc.





Jadi, ada banyak cara merawat hardisk eksternal biar tidak cepat rusak. Selain menerapkan tips tersebut.





Anda juga perlu melaksanakan backup data secara berjangka biar data penting dalam hardisk drive tidak hilang. Semoga informasi ini bermanfaat.



Sumber https://bersamatekno.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Merawat Hardisk Eksternal Biar Tahan Lama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel