iklan

Suku Lingon – Misteri Fakta Unik Suku Pedalaman Halmahera Bermata Biru

Suku Lingon  – Indonesia tidak hanya terknelan alasannya kekayaan rempah-rempah, akan tetapi Indonesia juga memiliki banyak ragam suku. Hingga pada tahuh 2016, sudah tercatat sekitar 1340 suku yang ada di Indonesia. Berkat banyaknya suku ini inilah Indonesia kesannya ditetapkan sebagai Negara yang memiliki paling banyak suku di Dunia.

 Indonesia tidak hanya terknelan alasannya kekayaan rempah Suku Lingon – Misteri  Fakta Unik Suku Pedalaman Halmahera Bermata Biru

Jumlah suku di Negara Indonesia sangatlah banya, sehingga akan sangat sulit untuk diperincikan satu-satu. Penyebab salah satunya ialah alasannya Indonesia berada di Wilaya Geografis tentu memiliki banyak pulau yang begitu banyak serta sangat luas. Faktor migrasi juga mengakibatkan alasan mengapa sensus suku di Indonesia masih belum sanggup akurat.

Dari banyaknya suku yang terdapat di Indonesia, ada salah satu suku yang keberadaannya sanggup dibilang masih misterius. Nama suku tersebut ialah Suku Lingon. Mungkin ada yang sudah pernah mendengan atau juga belum, untuk secara jelasnya yuk simak dulu artikel ini hingga dengan habis.

Suku Lingon & Tempat Tinggal

Suku Lingon merupakan salah satu suku yang ada di Indonesia dan masih sangat misterius, yang usang kelamaan sudah mulai terungkap. Lingon merpakan suatu komunitas suku Bangsa, yang hidup dan tinggal di salah satu kawasan di pedalaman Halmahera Timur, Indonesia.

Keberadaan suku Lingon di kawasan yang sangat terpencil ini banyak mengundang rasa ingin tau serta gejala masyarakat, hal ini tentu alasannya suku ini sangat misterius.

Kalian tau nggak dimana letak Pulau Halmahera? Pulau Halmahera Timur memiliki luas tanah sebesar 17.780 km2 (6.865 mil persegi) ini, ialah pulau terbesar yang berada di kepulauan Maluku. Pulau ini masih termasuk kedalam Provinsi Maluku Utara, pulau ini memiliki nama lain yaitu Pulau Jilolo atau Gilolo.

Karakter Suku Lingo

Suku Lingo masih dianggap Misterius, hal ini didasari alasannya keberadaan suku ini masih belum diketaui dengan pasti. Belum ada isu niscaya mengenai suku unik ini masih ada atau mungkin sudah punah, atau sanggup juga sudah bergabung bersama suku-suku lain. Suku Lingo bukanlah berasal dari Melanesia, Mongoloid, Weddoid atau Polinesia menyerupai kebanyakan penduduk yang menetap di Halmahera.

Suku Lingon merupakan suku yang masih termasuk Ras Kaukasoid, yang merupakan ras dari Orang Eropa, sehingga tampilan fisik dari anggota suku ini lebih menyerupai dengan orang eropa dari pada orang Indonesia.

Karena anggota suku Lingon memiliki tampilan fisik kolam orang Eropa, tentu kalian sanggup membayangkan bahwa anggota suku ini memiliki badan yang tinggi, rambut pirang, kulit putih hingga mata yang berwarna biru dan hijau. Meski suku ini lebih menyerupai dengan orang Eropa, bukan berarti tidak ada yang menyerupai dengan orang-orang di Asia Tenggara, teladan menyerupai memiliki rambut hitam.

Eksistensi Suku Lingon di Indonesia

Di jaman dahulu suku Lingon sering mendapat ancaman atau gangguan dari suku Togutil, suku ini ialah salah satu suku yang hidup di pesisir pantai. Suku Togutil kabarnya sangat sering menculik perempuan dari suku Lingon, alasannya alasan memiliki paras yang sangat canti. Suku ini juga belum sanggup diketahui masih ada ataukah sudah punah.

Keberadaan suku Lingon sering dianggap sangat berbahaya oleh beberapa suku yang ada di sekitar, alasannya suku sekitar beranggapan jikalau suku ini memiliki ilmu sihir, sehingga banyak suku menjadi ketakutan.

Suku Lingon juga memiliki hobi memakan daging mentah. Beberapa penjelajah dari Maluku menyampaikan kalau, mereka pernah bertemu dengan suku Lingon yang memiliki mata indah dan berwarna biru.

Baca juga :

Sejarah Suku Lingon

Mengenai dari mana asal permintaan suku Lingon sebernarnya, masih belum sanggup dipastikan dengan tepat, alasannya belum ada yang mengetahui dari mana asal suku ini. Akan tetapi jikalau di lihat dari karakterisitk fisik mereka, maka diperkirakan jikalau suku ini berasal dari Eropa.

Ada sebuah dongeng rakyak yang menyampaikan jikalau disekitar 300 tahun lalu, ada sebuah kapal yang karam di kawasan perairan Halmahera. Kapal tersebut diduga berasal dari Eropa. Karena insiden tersebut, para penumpang yang selamat hingga terdampar ke pulau Halmahera tidak sanggup kembali lagi ke tempat asal mereka, hingga kesannya mereka menentukan untuk menetap di pulau tersebut.

Pada ketika mereka datang di suatu kawasan yang ada di Pulau Halmahera, mereke sempat bertemu dengan suku lain yang sudah lebih dulu menetap disana. Karena pertemuan inilah kesannya terjadi sebuah perseteruan, guna mendapat tempat tinggal di kawasan tersebut.

Akan tetapi mereka yang tidak memiliki senjata untuk melawan, lebih menentukan mundur kemudian pergi untuk mencari kawasan yang sanggup ditinggali hingga kesannya mereka berhasil mendapat tempat yang pas, yaitu di tengah pedalaman hutan Halmahera Timur. Disini tempat mereka membangun permukiman kemudian membentuk suatu komunitas masyarakat, dan disebut dengan Suku Lingon.

Setelah suku Lingon sudah menetap selama ratusan tahun, makan otomatis budaya orisinil mereka sudah mulai pudar dan berubah. Mereka sudah sanggup menyesuaikan diri dengan budaya primitif disekitar. Kepercayaan mereka kesannya mengikuti kepercayaan setempat dengan mengamalkan segala hal animisme dan dinamisme.

Keunikan Suku Lingon

Karakteristik mata biru yang dimiliki oleh suku Lingon inilah yang menciptakan suku ini menjadi suku unik yang ada di Indonesia, alasan unik ini tentu alasannya masyarakat di Indonesia terlahir dengan mata yang gelap, menyerupai coklat dan hitam.

Itulah misteri dan fakta unik dari suku Lingon, untuk informasi menark lainnya, kunjungi terus ayoksinau.com

Baca juga ulasan lainnya :


Sumber https://www.ayoksinau.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Suku Lingon – Misteri Fakta Unik Suku Pedalaman Halmahera Bermata Biru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel